Sabtu, 22 Juni 2019

Tank Tempur Medium / Medium Tank Renault Char D2


Tank Tempur Medium / Medium Tank
Renault Char D2
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 22 Juni 2019

Ketika tank Char D1 bahkan masih belum memasuki tahap produksi, Renault sudah mulai mengembangkan tank baru yang lebih baik dari Char D1. Merupakan hasil pengembangan dari Char D1, tank baru tersebut adalah Char D2.

Walaupun memiliki lapisan baja (setebal 40mm) dan persenjataan yang sama dengan Char D1, namun Char D2 menggunakan desain turret yang berbeda dan memiliki sistem suspensi yang lebih baik. Tank ini juga lebih murah biaya produksinya dibandingkan dengan Char D1, walaupun kemudian D2 hanya diproduksi sebanyak 150 unit.

Tank Tempur Medium / Medium Tank
Renault Char D2
militerbanget.blogspot.com

Desain Renault D2

Tiga purwarupa berhasil direalisasikan untuk tank ini. Yang pertama adalah Renault UZ, dengan lambung terpaku dan turet FT Renault (April 1932). Purwarupa ini diuji di Rueil dengan RCC 503e dan mulai operasional secara aktif pada bulan Desember 1933. Satu tahun sebelumnya, dua purwarupa dengan konfigurasi lambung yang di las telah dipesan dan dibangun, untuk dikirim pada November 1933. Namun, batch pertama langsung disetujui tanpa pengujian lebih lanjut. Langkah ini dilakukan agar menghemat biaya sehingga sebagian biaya dapat dialihkan untuk teknik pengelasan yang baru.

Teknik pembuatan atau produksi yang diusulkan oleh Renault ini menghemat waktu dan berat. Tetapi itu adalah proses yang mahal dan rumit yang harus dikuasai Renault pada awalnya, dan, karena produksinya terburu-buru, masalah segera muncul. Ini adalah kompromi berdasarkan sekrup datar besar, yang berfungsi sebagai baut dan paku keling juga, pelat 40 mm (1,57 in.) Yang dilas sebagian dan dihubungkan bersama-sama.

Tank Tempur Medium / Medium Tank
Renault Char D2
militerbanget.blogspot.com

Rancang Bangun Renault D2

Secara garis besar, Tank D2 adalah Tank D1 yang sedikit diperbesar, mempertahankan banyak fitur tank sebelumnya, seperti desain suspensi kumparan vertikal yang diwarisi dari Renault NC 27, dan keluarga NC-1 / NC-2. D2 masih sempit, dengan turret diletakkan di depan, tepat di belakang kompartemen pengemudi, dan kap mesin belakang yang panjang dan miring. 

Fitur lempeng samping besar dengan alat “pengibas” lumpur, mirip dengan kendaraan bekas, juga dipertahankan, terdiri dari enam panel. Pengalaman sebelumnya menentukan rol kembali untuk ditempatkan lebih tinggi untuk mencegah resonansi trek. Lebar dari track 35 cm (13,78 in). Suspensi terdapat pada tiga bogies, masing-masing dengan empat roda jalan, satu pegas koil dan dua peredam kejut, per sisi. Awaknya tiga, operator radio yang duduk di sebelah pengemudi, mengoperasikan senapan mesin lambung Reibel (rendah, sisi kanan). Komandan itu duduk di turret. 

Seperti biasa dalam konfigurasi ini, komandan harus mengoperasikan senjata utama (memuat, mengarahkan dan menembak), mengoperasikan senapan mesin koaksial sekaligus memberikan arahan/perintah pada awak tank pada saat yang sama. Ada gearbox empat kecepatan, dan empat tangki bahan bakar, yang mampu memasok mesin untuk menempuh jarak 100 km (62 mi). D2 dapat melintasi parit selebar 2,1 m (6,89 kaki), memanjat rintangan 80 cm (2,62 kaki), memanjat lereng 45 ° dan mengarungi sungai sedalam 120 
cm (3,94 kaki).

Tank Tempur Medium / Medium Tank
Renault Char D2
militerbanget.blogspot.com

Pada awalnya penggunaannya, Char D2 dioperasikan oleh unit elite pasukan lapis baja Perancis yang dipimpin oleh Charles De Gaulle. De Gaulle kemudian menggunakan tank ini sebagai sarana latihan dan pengembangan taktik pasukan lapis baja Perancis pada tahun 1930-an.

Ketika pecah Perang Dunia II pada tahun 1939, seluruh pasukan lapis baja Prancis diperintahkan dalam kondisi siaga. Namun karena pemakaian yang cukup tinggi untuk keperluan latihan, banyak Char D2 yang tidak dalam keadaan siap tempur. Tank ini sempat akan dikirim bersama pasukan Prancis ke Norwegia untuk menghadapi pendaratan pasukan Jerman, namun kemudian dibatalkan karena berdasarkan hasil pengamatan teknis tank ini ternyata kinerjanya tidak terlalu baik jika digunakan di daerah bersalju.

Ketika Jerman menyerbu Prancis pada tahun 1940, setidaknya 84 unit Char D2 masih dioperasikan oleh pasukan lapis baja Prancis. 21 unit tank ini hancur dalam pertempuran, dan setidaknya 38 unit terpaksa ditinggalkan karena mengalami kerusakan teknis. Menurut catatan, Jerman merebut 21 unit Char D2 setelah Battle of France namun kemudian tidak menggunakan tank ini bagi pasukan lapis baja mereka. Jerman kemudian mencopot turret tank Char D2 hasil rampasan tersebut dan menggunakannya untuk armored train di daerah Balkan.

Tank Tempur Medium / Medium Tank
Renault Char D2
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur Medium / Medium Tank Renault Char D2


Crew: 3 Orang
Persenjatan
Senjata Utama: 1 x Meriam kaliber 47mm, 
Senjata Sekunder: 2 x 7.5mm machine gun

Dimensi

Panjang: 5.46 m
Lebar: 2.22 m
Tinggi: 2.66 m
Bobot operasional: 19,750 kg
Mesin: 1 x 150 hp Renault 6-cylinder petrol engine

Performa

Kecepatan maksimum (jalan aspal): 23 km/h 
Jarak tempuh maksimum: 100 km

Demikianlah artikel tentang Tank Tempur Medium / Medium Tank Renault Char D2, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

1. Beberapa literasi bebas    
2. Wikipedia
----------------------------------------
Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar