Senin, 24 Juni 2019

Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber Consolidated B-24 Liberator


Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber
B-24 "Liberator"
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Senin, 24 Juni 2019

Disaat pecahnya perang di daratan Eropa semakin terlihat jelas kepastiannya, US Army Corps (USSAC) mulai berfikir untuk membentuk suatu korps pesawat pembom berat yang mampu menjadi kartu truf alias menjadi salah satu senjata andalan bagi Amerika Serikat. Saat itulah USAAC tertarik pada proposal yang diajukan oleh Consolidated Aircraft Corporation untuk membuat satu jenis pesawat pembom berat yang benar-benar baru (dalam segala hal). 

Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber
B-24 "Liberator"
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi pesawat ini terbilang revolusioner dan sangat maju pada saat itu, memiliki empat mesin yang kuat, memiliki kemampuan terbang pada elevasi yang cukup tinggi, serta radius tempur yang sangat jauh. USAAC memutuskan untuk memberikan kontrak pembuatan satu purwarupa untuk diuji pada bulan Maret 1939, purwarupa ini lalu diberi kode registrasi XB-24.

Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber
B-24 "Liberator"
militerbanget.blogspot.com

Flying Surface yang menjadi basis XB-24 telah terbukti penggunaannya pada Consolidated PBY, pesawat amfibi era 1930-an. Rancang bangun dan konstruksinya terus diperbaiki selama beberapa bulan dan lepas landas untuk pertama kali dari Lindbergh Field, California pada 29 Desember 1939.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber - HE-111 (HEINKEL)

Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber
B-24 "Liberator"
militerbanget.blogspot.com

Pesawat ini ditenagai oleh empat buah mesin radial  tipe Pratt & Whitney R-1830-33 yang menghasilkan daya 1.200 tenaga kuda di setiap mesinnya. Pesawat ini mampu membawa 3,6 ton bom di badannya yang dapat dikatakan berbentuk gemuk alias “tambun”. 

Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber
B-24 "Liberator"
militerbanget.blogspot.com

Untuk pertahanan diri terhadap pesawat pemburu musuh, pesawat ini dilengkapi dengan enam pasang senapan mesin Browning kaliber 7.7mm yang seluruhnya dioperasikan secara manual. B-24 merupakan pembom berat pertama buatan Amerika Serikat yang memiliki konfigurasi tricycle undercarriege atau tiga roda pendarat dengan roda pendarat pengendali di posisi hidung, bukan di posisi ekor seperti lazimnya pesawat pada era tersebut.

Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber
B-24 "Liberator"
militerbanget.blogspot.com

Setelah hasil test pada purwarupa pertama dianggap memuaskan, USAAC lalu kembali memesan tujuh unit purwarupa untuk diuji lanjutan dan diberi kode registrasi YB-24. Seluruh unit pesawat tersebut dibuat di pabrikan Consolidated di San Diego pada awal tahun 1941. 

Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber
B-24 "Liberator"
militerbanget.blogspot.com

Pesawat-pesawat ini lalu diberi kode registrasi ulang menjadi XB-24B karena dapur pacunya diganti dengan mesin Pratt & Whitney R-1830-41 yang memiliki daya yang lebih besar, yaitu sekitar 1.200hp dan turbo supercharger General Electric B-2  yang berfungsi untuk membantu kinerja mesin ketika pesawat ini harus terbang pada elevasi yang tinggi. Modifikasi lainnya meliputi perubahan dimensi pada tail span yang ditambah 600mm. 

Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber
B-24 "Liberator"
militerbanget.blogspot.com

Sembilan unit produksi pertama pesawat B-24A lalu dikirimkan ke USAAC pada bulan Mei tahun 1941. Pemesanan ini lalu diikuti dengan pemesanan selanjutnya yaitu sembilan unit lagi berupa B-24C. Berbeda dengan B-24 versi awal, pada versi ini, ada tiga turet yang dilengkapi dengan motor listrik, bukan lagi turet manual.

Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber
B-24 "Liberator"
militerbanget.blogspot.com

Perubahan selanjutnya berlanjut sebelum model produksi pertama yang terpenting, B-24D diserahkan kepada berbagai Army Air Corps Bombardment Group. Untuk B-24D, perbedaannya sangat signifikan dibandingkan dengan versi awal. Bobot maksimum saat lepas landas mencapai 25,4 ton (MTOW), dapur pacunya menggunakan mesin Pratt & Whitney R-1893-43 yang lebih bertenaga, kecepatan tertinggi versi ini adalah 487 km/jam di ketinggian 25.000 kaki  (7.625 meter). 

Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber
B-24 "Liberator"
militerbanget.blogspot.com

Perbedaan yang sangat mencolok terletak pada persenjataan defensifnya (pada versi ini persenjataan defensifnya adalah 12 senapan mesin kaliber 12.7mm, sedangkan pada versi awal adalah senapan mesin kaliber 7.7mm). Kemampuan angkut bomnya meningkat tajam menjadi 4 ton, dan radius tempurnya bertambah 1.046 km dari versi sebelumnya sehingga jarak terbang maksimumnya menjadi 4.586 km.

Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber
B-24 "Liberator"
militerbanget.blogspot.com

Pada bulan september 1942, 93rd Bombardment Group menjadi grup pesawat pembom yang B-24D pertama yang bergabung dengan The Eight Air Force di Inggris. Satu bulan kemudian, 44th BG tiba di Inggris juga mengoperasikan B-24. Pada saat Perang Dunia ke II tiba di babak akhir, The Eight Air Force telah mengoperasikan 3.800 unit Liberator, dan hampir sepertiganya jatuh di wilayah musuh.

Secara keseluruhan, ada lima pabrikan yang memproduksi total 19.256 unit pesawat B-24 Liberator antara bulan Mei 1941 sampai dengan berakhirnya perang di tahun 1945. Ford Motor Company yang memiliki teknik produksi massal yang dimatangkan saat membangun pabrik mobil, memproduksi sendiri Liberator sebanyak 6.792 unit di pabrik Willow Run.

Walaupun secara teknologi pesawat pembom B-24 ini lebih canggih ketimbang saudaranya B-17, tetapi sayangnya kalah populer dibandingkan pembom produksi Boeing ini. Faktanya, B-24 adalah pesawat pembom berat terbanyak yang diproduksi di dunia.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun PPS-42/43 (Pistolet Pulemyot Sudayeva-42))

Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber
B-24 "Liberator"
militerbanget.blogspot.com

Pada bulan Agustus tahun 1943, B-24 USAAF melaksanakan misi pemboman paling terkenal sekaligus paling berbahaya saat Perang Dunia ke II. Pada misi tersebut, sebanyak 59 unit dari 179 pembom B-24 ditembak jatuh saat menyerang di elevasi rendah terhadap target ladang minyak di Rumania yang memproduksi sepertiga dari seluruh kebutuhan bahan bakar beroktan tinggi untuk mesin-mesin perang milik Jerman. B-24 dipilih untuk melaksanakan misi ini karena hanya pesawat inilah yang sanggup menempuh perjalanan yang sedemikian jauh (dari pangkalan pesawat ini di Afrika Utara).

Prancis tercatat pernah memesan 120 unit B-24 Liberator untuk memperkuat angkatan udaranya, tetapi sayang, sebelum terealisasi, Prancis sudah bertekuk lutut dan setengah menyerah terhadap Jerman pada tahun 1940. RAF Coastal Command segera menghargai kemampuan terbang jarak jauh B-24 dan mengambil alih pesanan Prancis itu. 

Liberator milik RAF pertama lepas landas pada Januari 1941 dan menjadi kunci kesuksesan dalam perang melawan U-boat saat Battle of The Atlantic.

Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber
B-24 "Liberator"
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber Consolidated B-24 Liberator


Asal Negara: Amerika Serikat
Tipe Pesawat: Pesawat Pembom Berat 4 Mesin
Terbang Perdana: 29 Desember 1939  
Kru: 10 orang 
Bobot: 15.436 kg (Kosong), MTOW : 29.510 kg

Dimensi 

Panjang Pesawat: 20,47 m 
Bentangan sayap: 33,53 m
Tinggi: 5.49 m
Wing Area: 97.36m2

Persenjataan 

2 X senapan mesin kaliber 12,7mm di hidung
2 X senapan mesin kaliber 12,7mm di turet atas belakang kokpit
2 X senapan mesin kaliber 12,7mm di turet bola (ball turret) di bawah body
2 X senapan mesin kaliber 12,7mm di turet ekor
1 X senapan mesin kaliber 12,7mm di kiri kanan badan.
Total 10 pucuk senapan mesin kaliber 12,7mm

Bom: 

Short range (˜400 mi): 8,000 pon (3,629 kg)
Long range (˜800 mi): 5,000 pon (2,268 kg)
Very long range (˜1,200 mi): 2,700 pon (1,225 kg)

Mesin: 4 X Pratt & Whitney 1200hp R-1830-65 radial engines

Performa  

Kecepatan maksimum: 467 km/jam
Kecepatan jelajah: 346 km/jam
Elevasi operasional maksimum: 8.540 m
Kecepatan menanjak: 275 m/menit
Jarak jelajah maksimum: 5.926 km

Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber Consolidated B-24 Liberator, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

1. PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
    Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)
2. Wikipedia

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar