Senin, 30 September 2024

Tank Perusak (Tank Destroyer) Jagdpanzer 38(t) “Hetzer”, Si Mungil Yang Sangat Mematikan, Mimpi Buruk Tank Sekutu (Bagian Kedua)


Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Beraban, Tabanan, Bali, Senin, 30 September 2024

Tank perusak yang satu ini memang sangat terkenal dan sangat ditakuti pada era Perang Dunia II. Jerman memang sangat piawai dalam hal menciptakan monster baja yang sangat mematikan, baik itu merupakan rancangan orisinil maupun hasil modifikasi dari alutsista rampasan dari negara taklukan. Seperti halnya dengan Jagdpanzer 38(t) "Hetzer ini yang merupakan alutsista modifikasi alutsista rampasan dari Cekoslovakia. Performanya terbilang jempolan, dan pada awal kemunculannya, berbagai kendaraan lapis baja milik Sekutu telah menjadi korban keganasannya. Supaya artikel ini dapat mudah dipahami, silahkan baca bagian sebelumnya dengan judul: "Tank Perusak (Tank Destroyer) Jagdpanzer 38(t) “Hetzer”, Si Mungil Yang Sangat Mematikan, Mimpi Buruk Tank Sekutu (Bagian Pertama)", dan ini adalah artikel kelanjutannya:

Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Ketika Prancis dan Inggris mengorbankan Cekoslowakia kepada Jerman untuk mendapatkan "Perdamaian Semu" dari Perdana Menteri Neville Chamberlain, Jerman seperti mendapat durian runtuh karena dapat dengan mudah menguasai industri senjata Ceko yang terkenal karena teknologi serta produk-produknya yang bermutu tinggi. Salah satunya adalah tank vz 38 yang rencananya akan dioperasikan oleh Angkatan Darat Ceko sebagai alutsista utamanya. Jerman kemudian merampas seluruh produksi tank tersebut dan menkonversinya menjadi tank PzKpfw. 38(t), dengan inisial "t" yang menunjukkan bahwa kendaraan tersebut berasal dari Ceko.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber Caproni Ca. 135)

Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Jerman menggunakan PzKpfw. 38(t) untuk melengkapi Divisi Panzer ke-7 dan ke-8 mereka untuk invasi Polandia pada tahun 1939 dan Prancis pada bulan Mei 1940. PzKpfw. 38(t), dengan berbagai peningkatan, tetap berada di garis depan dibawah kendali Wehrmacht dan diposisikan sebagai tank ringan hingga tahun 1942. Konfigurasi ini harus berakhir ketika kendaraan lapis baja Soviet yang baru seperti tank medium T-34 dan seri tank berat KV muncul ke medan laga dan jelas mengungguli PzKpfw 38 (t) dengan sangat mudah.

Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Walaupun kendaraan ini tersingkir dari palagan, sasis dan sistem penggerak alutsista ini ternyata masih cukup layak. Sasis ini menjadi basis bagi berbagai kendaraan beroda rantai Jerman, termasuk artileri swagerak, tank perusak (tank destroyer), kendaraan penyergap, kendaraan pengintai, penangkis serangan udara kaliber 20 mm swagerak, dan berbagai macam kendaraan transportasi. Yang paling sukses di antara berbagai produk modikasi itu adalah Jagdpanzer 38(t) Hetzer yang dapat digolongkan sebagai tank perusak ringan. Istilah "Hetzer" atau "pengumpan" sebenarnya bukanlah penamaan resmi dari alutsista ini, melainkan kesalahpahaman antara pejabat Angkatan Darat Jerman dan produsen Ceko. Wlalaupun “Hetzer” bukanlah nama yang resmi, nama itu ternyata jauh lebih dikenal dan melekat pada alutsista ini selamanya.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank tempur Infantry / A22 infantry Tank Mark IV Churcill)

Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Rancangan Penghancur Tank yang Efektif


Jagdpanzer 38(t) tetap mengandalkan mesin Praga AC/2800 berpendingin air, enam silinder inline, dengan daya antara 150 hingga 160 tenaga kuda yang ditransfer melalui transmisi “Praga” lima kecepatan semi otomatis dan kopling Wilson serta rem kemudi ke penggerak akhir. Sproket penggerak depan asli, roda idler belakang, dan suspensi pegas daun dari PzKpfw. 38 tetap dipertahankan karena telah terbukti andal.

Demikianlah artikel tentang Tank Perusak (Tank Destroyer) Jagdpanzer 38(t) “Hetzer”, Si Mungil Yang Sangat Mematikan, Mimpi Buruk Tank Sekutu (Bagian Kedua). Artikel ini bersambung ke bagian ketiga dengan judul “Tank Perusak (Tank Destroyer) Jagdpanzer 38(t) “Hetzer”, Si Mungil Yang Sangat Mematikan, Mimpi Buruk Tank Sekutu (Bagian Ketiga)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

(Artikel asli berjudul: “Senjata Perang Dunia II: Penghancur Tank Hetzer”, ditulis oleh Robert Cashner)

Sumber:
1. World War II Tank
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Jerman
#Tank_Perusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar