Selasa, 01 Oktober 2024

Tank Perusak (Tank Destroyer) Jagdpanzer 38(t) “Hetzer”, Si Mungil Yang Sangat Mematikan, Mimpi Buruk Tank Sekutu (Bagian Ketiga)


Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Selasa, 1 Oktober 2024

Tank perusak yang satu ini memang sangat terkenal dan sangat ditakuti pada era Perang Dunia II. Jerman memang sangat piawai dalam hal menciptakan monster baja yang sangat mematikan, baik itu merupakan rancangan orisinil maupun hasil modifikasi dari alutsista rampasan dari negara taklukan. Seperti halnya dengan Jagdpanzer 38(t) "Hetzer ini yang merupakan alutsista modifikasi alutsista rampasan dari Cekoslovakia. Performanya terbilang jempolan, dan pada awal kemunculannya, berbagai kendaraan lapis baja milik Sekutu telah menjadi korban keganasannya. Supaya artikel ini dapat mudah dipahami, silahkan baca bagian sebelumnya dengan judul: "Tank Perusak (Tank Destroyer) Jagdpanzer 38(t) “Hetzer”, Si Mungil Yang Sangat Mematikan, Mimpi Buruk Tank Sekutu (Bagian Kedua)", dan ini adalah artikel kelanjutannya:

Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Untuk meningkatkan performa, beberapa fitur lain dirubah seperti penerapan empat roda jalan dari baja dengan bantalan karet yang dimensinya lebih besar dari aslinya, serta system track yang hanya memiliki satu rol roda pengembali di atasnya. Tank perusak ini punya bobot yang relatif ringan dengan berat operasional sekitar 16 ton (walaupun dalam spesifikasi desain dikatakan bahwa berat tank perusak ini sekitar 13 ton) dan dengan track (rantai) selebar 35 cm, Hetzer memiliki tekanan tanah (ground pressure) sebesar 0,76 kg/cm2. Bobot serta ground pressure ini tergolong kecil untuk alutsista sejenis. 

Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Karena bobot tank perusak ini lebih berat ketimbang bobot pada design, kecepatan maksimumnya turun menjadi 26 mph (42 kph) jauh dibawah kecepatan rencana sebesar 55-60 kph yang awalnya ditetapkan dalam parameter rancangan. Tank perusak ini memiliki performa lintas alam yang baik, dan meskipun lamban pada kecepatan rendah, alutsista ini dapat melaju cukup lincah dengan mesin yang terus dihidupkan pada rpm tinggi. Tank perusak ini juga dilengkapi kemudi pivot, dengan satu jalur maju sementara yang lain mundur, yang memungkinkannya untuk berputar pada jarak yang sama (yang mana sangat dibutuhkan pada saat pertempuran).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank tempur Infantry / A22 infantry Tank Mark IV Churcill)

Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Lambung body yang baru dirancang dengan mengutamakan perlindungan lapis baja dan bukan kenyamanan awak. Lapis baja depan terbuat dari pelat baja gulung yang saling bertautan dan dilas, setebal 60 mm dengan bagian atas miring pada sudut 60 derajat dan pelat bawah miring pada sudut 40 derajat. Lapis baja samping dan belakang terbuat dari baja paduan berkualitas rendah dengan ketebalan hanya 20 mm. Pelat atas miring pada sudut 40 derajat, dan lambung bawah dan belakang miring pada sudut 15 derajat. Lapis baja bagian atas hanya memioiki ketebalan 8 mm, dan pelat bagian bawah setebal 10 mm.

Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Satu laporan pasca-aksi Jerman oleh komandan batalion unit Hetzer mencatat keefektifan lapis baja ini. “Lapisan baja bagian depan mampu menahan hantaman proyektil senjata antitank Rusia kaliber 7,62 cm (76.2 mm). Hingga saat ini, kerugian hanya terjadi karena penetrasi dari bagian samping dan belakang. Oleh karena itu, sangat penting untuk hanya menghadapkan bagian depan yang kuat ke arah musuh.”

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Amfibi / Seaplane Bomber Martin Mariner)

Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Tank perusak lapis baja ini punya siluet yang rendah dan kompak, lambungnya sepanjang 15 kaki, 9 inci (sekitar 4.75 meter), lebarnya lebih dari delapan kaki (sekitar 2.4 meter), dan tingginya kurang dari tujuh kaki (sekitar 2 meter), hampir tidak lebih tinggi dari orang yang berdiri. Persenjataan utamanya adalah Meriam L48 PaK39 kaliber 75 mm yang andal dan kuat, dengan persenjataan sekunder berupa senapan mesin kaliber 7,92 mm yang dipasang di atas. Kecil, profil yang rendah, dan mudah berlindung, cukup lincah, dan dengan senjata yang kuat, Hetzer telah memenuhi syarat untuk menjadi penghancur tank yang sangat baik.

Demikianlah artikel tentang Tank Perusak (Tank Destroyer) Jagdpanzer 38(t) “Hetzer”, Si Mungil Yang Sangat Mematikan, Mimpi Buruk Tank Sekutu (Bagian Ketiga). Artikel ini bersambung ke bagian keempat dengan judul “Tank Perusak (Tank Destroyer) Jagdpanzer 38(t) “Hetzer”, Si Mungil Yang Sangat Mematikan, Mimpi Buruk Tank Sekutu (Bagian Keempat)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

(Artikel asli berjudul: “Senjata Perang Dunia II: Penghancur Tank Hetzer”, ditulis oleh Robert Cashner)

Sumber:
1. World War II Tank
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Jerman
#Tank_Perusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar