Rabu, 02 Oktober 2024

Tank Perusak (Tank Destroyer) Jagdpanzer 38(t) “Hetzer”, Si Mungil Yang Sangat Mematikan, Mimpi Buruk Tank Sekutu (Bagian Keempat)


Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Rabu, 2 Oktober 2024

Tank perusak yang satu ini memang sangat terkenal dan sangat ditakuti pada era Perang Dunia II. Jerman memang sangat piawai dalam hal menciptakan monster baja yang sangat mematikan, baik itu merupakan rancangan orisinil maupun hasil modifikasi dari alutsista rampasan dari negara taklukan. Seperti halnya dengan Jagdpanzer 38(t) "Hetzer ini yang merupakan alutsista modifikasi alutsista rampasan dari Cekoslovakia. Performanya terbilang jempolan, dan pada awal kemunculannya, berbagai kendaraan lapis baja milik Sekutu telah menjadi korban keganasannya. Supaya artikel ini dapat mudah dipahami, silahkan baca bagian sebelumnya dengan judul: "Tank Perusak (Tank Destroyer) Jagdpanzer 38(t) “Hetzer”, Si Mungil Yang Sangat Mematikan, Mimpi Buruk Tank Sekutu (Bagian Ketiga)", dan ini adalah artikel kelanjutannya:

Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Kolonel yang sama yang dikutip di atas mengatakan, "'Panzerjager 38 yang paling canggih' telah lulus uji tembak. Para kru bangga dengan Jagdpanzer ini dan infanteri memiliki kepercayaan padanya. Yang paling dipuji adalah ... senapan mesinnya. Senjata yang efektif, profil yang rendah, dan lapisan baja yang miring membuatnya sepenuhnya dapat beradaptasi dengan kedua peran utamanya dalam memerangi tank musuh dan mendukung infanteri dalam serangan dan pertahanan."

“Dalam waktu singkat, satu kompi menghancurkan 20 tank tanpa satu pun kerugian. Satu kelompok tugas menghancurkan 57 tank, dua di antaranya adalah JS 122 pada jarak 800 meter.”

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Amfibi / Seaplane Bomber Martin Mariner)

Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Kekurangan Hetzer

Seperti banyak improvisasi pada masa perang, tentu saja ada masalah pada alutsista ini. Karena lebar badan kendaraan yang tergolong kecil, meriam utama 75 mm harus dipasang di sisi kanan, dudukannya ditopang oleh pelat atas yang tebal. Ini membatasi meriam pada lintasan yang relatif sempit hanya lima derajat ke kiri dan 11 derajat ke kanan, lebih jauh lagi, atau jika menyerang target yang melintas, pengemudi harus membelokkan kendaraan ke arah target. 

Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Berat ekstra di sisi kanan memberi tekanan yang tidak semestinya pada pegas daun suspensi dan juga membuat hidung kendaraan berat, dengan bagian belakang lebih rendah 10 cm lebih tinggi dari bagian depan (sehingga alutsista ini terlihat seperti mendongak). Saat produksi berlanjut, perbaikan segera dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah tadi, seperti memperkuat pegas daun dan rangkaian penggerak serta mengurangi bobot mantel pelindung meriam. Berbagai modifikasi lain untuk memudahkan pembuatan dan perawatan, seperti palka kecil di lapis baja untuk tutup bahan bakar, oli, dan antibeku, juga ditambahkan selama masa pakai kendaraan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank Renault Char D2)

Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Tidak ada yang dapat dilakukan untuk membuat lebih banyak ruang di dalam lambung tank yang sempit, dan awaknya hanya memiliki sedikit ruang. Pengemudi, penembak, dan loader semuanya duduk berjajar di sisi kiri dalam badan tank perusak ini. Komandan diposisikan di bagian kanan belakang dengan pelindung rekoil dari senjata utama yang mengisolasinya dari awak lainnya, sehingga mengganggu kerja sama tim yang penting dari seluruh awak. Pandangan pada kondisi luar sangat terbatas dan disajikan melalui periskop gunting SF14Z di depan dan periskop tetap kecil yang menghadap ke belakang.

Demikianlah artikel tentang Tank Perusak (Tank Destroyer) Jagdpanzer 38(t) “Hetzer”, Si Mungil Yang Sangat Mematikan, Mimpi Buruk Tank Sekutu (Bagian Keempat). Artikel ini bersambung ke bagian kelima dengan judul “Tank Perusak (Tank Destroyer) Jagdpanzer 38(t) “Hetzer”, Si Mungil Yang Sangat Mematikan, Mimpi Buruk Tank Sekutu (Bagian Kelima)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

(Artikel asli berjudul: “Senjata Perang Dunia II: Penghancur Tank Hetzer”, ditulis oleh Robert Cashner)

Sumber:
1. World War II Tank
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Jerman
#Tank_Perusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar