Kamis, 03 Oktober 2024

Tank Perusak (Tank Destroyer) Jagdpanzer 38(t) “Hetzer”, Si Mungil Yang Sangat Mematikan, Mimpi Buruk Tank Sekutu (Bagian Kelima)


Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Kamis, 3 Oktober 2024

Tank perusak yang satu ini memang sangat terkenal dan sangat ditakuti pada era Perang Dunia II. Jerman memang sangat piawai dalam hal menciptakan monster baja yang sangat mematikan, baik itu merupakan rancangan orisinil maupun hasil modifikasi dari alutsista rampasan dari negara taklukan. Seperti halnya dengan Jagdpanzer 38(t) "Hetzer ini yang merupakan alutsista modifikasi alutsista rampasan dari Cekoslovakia. Performanya terbilang jempolan, dan pada awal kemunculannya, berbagai kendaraan lapis baja milik Sekutu telah menjadi korban keganasannya. Supaya artikel ini dapat mudah dipahami, silahkan baca bagian sebelumnya dengan judul: "Tank Perusak (Tank Destroyer) Jagdpanzer 38(t) “Hetzer”, Si Mungil Yang Sangat Mematikan, Mimpi Buruk Tank Sekutu (Bagian Keempat)", dan ini adalah artikel kelanjutannya:

Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Posisi pengemudi terjepit di sudut kiri depan dengan transmisi dan dudukan senjata tepat di sikunya. Kemudi menggunakan dua joystick horizontal, bukan vertikal, dengan sambungan terbuka, dan bidang pandangnya buruk dengan hanya dua periskop yang mengarah lurus ke depan. Karena pengemudi tidak dapat berkomunikasi dengan baik dengan komandan, ada tiga lampu pada panel kontrol pengemudi yang dapat dinyalakan dan dimatikan oleh komandan untuk memberi sinyal kepada pengemudi untuk belok kiri, kanan, atau lurus. Keselamatan pengemudi terbatas pada bantalan kulit tebal di atas kepalanya dan bantalan karet kecil dan tebal di sebelah kirinya.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank Renault Char D2)

Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Karena senjata dipasang di sebelah kanan, pengisi peluru (loader) harus memasukkannya dari sisi yang salah, meraihnya untuk mengganti pengaman, tuas pembuka blok pengunci ruang tembak, dan pelepas ekstraktor, serta meraih lintasan rekoil atau penembak untuk menarik sebagian amunisi yang disimpan. Pengisi peluru memiliki satu periskop yang dipasang pada posisi jam 9 untuk melihat sisi kiri kendaraan.

Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Penembak duduk tepat di sebelah kiri dari bagian belakang meriam, dengan roda putar dan elevasi yang diputar dengan tangan tepat di sebelah kanan. Pembidik senjatanya adalah periskop SFl.ZF1a, yang dipasang melalui atap. Retikula pada pembidik terdiri dari tujuh segitiga yang berjarak empat mil, memungkinkan penembak untuk membidik tanpa mengaburkan target, menghitung jarak, dan mengarahkan target. Retikula dapat diberi pencahayaan redup untuk pemotretan dalam cahaya rendah. Drum jarak yang dapat disesuaikan diberi jarak ukur dalam interval 100 meter untuk lintasan empat jenis amunisi yang digunakan. Ketika seluruh kru bersiap, pada dasarnya tidak ada pandangan ke sisi kanan kendaraan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber Consolidated B-24 Liberator)

Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Senapan mesin MG-34 7,92 mm yang dikendalikan dari dalam kendaraan dipasang di atap untuk pertahanan jarak dekat terhadap ancaman infanteri lawan. Di belakang pengisi peluru terdapat kontrol, seperti periskop kapal selam dengan dua pegangan lipat, periskop 3x yang berputar untuk membidik, dan tuas pemicu di stang. Meskipun berfungsi, tetapi sangat terbatas pada sabuk yang hanya memuat 50 butir peluru di dalam drum logam, dengan laju tembakan siklik 800-900 butir peluru per menit, itu hanya bagus untuk beberapa tembakan dalam durasi pendek. Untuk mengisi ulang peluru, pengisi peluru harus mengeluarkan palka dan mengekspos dirinya terhadap tembakan musuh.

Demikianlah artikel tentang Tank Perusak (Tank Destroyer) Jagdpanzer 38(t) “Hetzer”, Si Mungil Yang Sangat Mematikan, Mimpi Buruk Tank Sekutu (Bagian Kelima). Artikel ini bersambung ke bagian keenam dengan judul “Tank Perusak (Tank Destroyer) Jagdpanzer 38(t) “Hetzer”, Si Mungil Yang Sangat Mematikan, Mimpi Buruk Tank Sekutu (Bagian Keenam)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

(Artikel asli berjudul: “Senjata Perang Dunia II: Penghancur Tank Hetzer”, ditulis oleh Robert Cashner)

Sumber:
1. World War II Tank
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Jerman
#Tank_Perusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar