Jumat, 04 Oktober 2024

Tank Perusak (Tank Destroyer) Jagdpanzer 38(t) “Hetzer”, Si Mungil Yang Sangat Mematikan, Mimpi Buruk Tank Sekutu (Bagian Keenam)


Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Jum'at, 4 Oktober 2024

Tank perusak yang satu ini memang sangat terkenal dan sangat ditakuti pada era Perang Dunia II. Jerman memang sangat piawai dalam hal menciptakan monster baja yang sangat mematikan, baik itu merupakan rancangan orisinil maupun hasil modifikasi dari alutsista rampasan dari negara taklukan. Seperti halnya dengan Jagdpanzer 38(t) "Hetzer ini yang merupakan alutsista modifikasi alutsista rampasan dari Cekoslovakia. Performanya terbilang jempolan, dan pada awal kemunculannya, berbagai kendaraan lapis baja milik Sekutu telah menjadi korban keganasannya. Supaya artikel ini dapat mudah dipahami, silahkan baca bagian sebelumnya dengan judul: "Tank Perusak (Tank Destroyer) Jagdpanzer 38(t) “Hetzer”, Si Mungil Yang Sangat Mematikan, Mimpi Buruk Tank Sekutu (Bagian Kelima)", dan ini adalah artikel kelanjutannya:

Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Senjata Mematikan Hetzer

Meriam PaK 39 adalah jantung dari seluruh sistem tank perusak ini, dan meskipun kalibernya hanya 75mm, meriam ini cukup kuat untuk melumat tank Sekutu apa pun kecuali tank berat Soviet seperti Josef Stalin (seri IS). Empat jenis amunisi dapat dibawa dalam penyimpanan amunisi internal, dengan kapasitas total 41 amunisi. Amunisi dengan inti tungsten subkaliber berkecepatan tinggi Pzgr.40 adalah amunisi antitank terbaik, yang menembakkan proyektil seberat 4,1 kg pada kecepatan 930 m/s. Menyerang pada sudut 30 derajat, amunisi ini dapat menembus lapisan baja setebal 120 mm pada jarak tembak 500 meter dan ketebalan baja 97 mm pada jarak 1.000 meter. Sistem pembidik biasanya disesuaikan hingga 2.000 meter untuk jenis amunisi ini.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber Consolidated B-24 Liberator)

Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Amunisi Pzgr. 40 yang mengandung inti tungsten sering kali tidak tersedia, dan amunisi yang paling unggul dalam hal kinerja anti tank adalah Pzgr. 39 yang lebih banyak mengandung material penembus baja, dilapisi balistik dengan pengisi peledak dan elemen pelacak, yang meluncurkan proyektil seberat 6,8 kg dengan kecepatan laras yang lebih rendah yaitu 750 m/s. Amunisi ini dapat menembus baja setebal 106 mm dan 95 mm pada jarak masing-masing 500 dan 1.000 meter.

Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Amunisi Gr. 38 HL/C dirancang berdasarkan prinsip muatan berbentuk HEAT (antitank berdaya ledak tinggi) yang digunakan dalam bazoka dan panzerfaust, tetapi sebenarnya kurang efektif terhadap lapis baja dibandingkan kedua amunisi AT lainnya dan juga tingkat akurasinya sangat rendah. Amunisi ini dapat digunakan sebagai pengganti amunisi berdaya ledak tinggi standar untuk target yang proteksinya tidak terlalu kuat (seperti kendaraan lapis baja ringan).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Ringan/A17 Light Tank Mark VII Tetrarch)

Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Dengan amunisi Pzgr. 39 atau 40, Hetzer mampu mengenai sasaran dengan tembakan pertama pada jarak 1.000 meter. Prosedur pengujian Angkatan Darat Jerman mengasumsikan estimasi jarak tembak yang benar dan penembak yang kompeten dan memperkirakan dengan amunisi Pzgr.39 peluang 99 persen mengenai sasaran dengan tembakan pertama pada jarak 500 meter dan peluang 71 persen pada jarak 1.000 meter. Tank perusak yang mungil ini, yang disamarkan dan menunggu untuk menyergap, bisa mematikan dengan tembakan seperti itu. Kolom tank Sekutu tidak akan tahu Hetzer ada di sana sampai tank terdepan terbakar.

Demikianlah artikel tentang Tank Perusak (Tank Destroyer) Jagdpanzer 38(t) “Hetzer”, Si Mungil Yang Sangat Mematikan, Mimpi Buruk Tank Sekutu (Bagian Keenam). Artikel ini bersambung ke bagian ketujuh dengan judul “Tank Perusak (Tank Destroyer) Jagdpanzer 38(t) “Hetzer”, Si Mungil Yang Sangat Mematikan, Mimpi Buruk Tank Sekutu (Bagian Ketujuh)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

(Artikel asli berjudul: “Senjata Perang Dunia II: Penghancur Tank Hetzer”, ditulis oleh Robert Cashner)

Sumber:
1. World War II Tank
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Jerman
#Tank_Perusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar