Sabtu, 28 September 2024

Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP-41, Penantang Pistol Mitraliur MP-40


Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP-41
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Sabtu, 28 September 2024

Pada saat pengembangan pistol mitraliur MP-41, Hugo Schmeisser adalah kepala desainer di perusahaan CG Haenel yang memproduksi pistol mitraliur MP40 untuk Angkatan Darat Jerman, yang kemudian terkenal sebagai icon pistol mitraliur militer Jerman. Ada kemungkinan bahwa Schmeisser memutuskan untuk mengembangkan pistol mitraliur yang lebih cocok untuk penggunaan pasukan infanteri dibandingkan MP-40 (dan kemudian terbukti bahwa usahanya gagal). 

Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP-41
militerbanget.blogspot.com

Untuk mencapai tujuan ini, Schmeisser  menggunakan pendekatan sederhana dengan mengkombinasikan dua pistol mitraliur yang sudah teruji performanya. Schmeisser menggabungkan receiver, action group, dan magasin dari MP40 dengan gagang kayu dan mekanisme pemicu tembakan model MP 28. Atas rekomendasi dari Schmeisser, pabrikan CG Haenel kemudian memproduksi beberapa pucuk pistol mitraliur MP-41, yang sebagian besar dibeli oleh pasukan SS.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Kendaraan Tempur Infanteri / Infantry Fighting Vehicle BMP-2)

Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP-41
militerbanget.blogspot.com

Kebanyakan orang menduga bahwa pistol mitraliur MP41 hanyalah MP40 yang terbuat dari kayu, namun kenyataannya tidak demikian karena MP-41 tidak seperti MP40, MP41 bisa disebut pistol mitraliur Schmeisser karena Hugo Schmeisser-lah yang merancangnya.

Secara sederhana, MP41 sebenarnya adalah kombinasi rakitan atas MP40 dengan bagian bawahnya merupakan elemen bawah MP28 – senjata yang merupakan versi perbaikan MP18 milik Schmeisser dari Perang Dunia Pertama. Jika MP40 hanya menembak dalam mode otomatis penuh, MP41 memiliki tuas pemilih mode penembakan (dengan system tekan) yang terletak di atas pelatuk yang memungkinkan senjata ini untuk menembak secara semi otomatis atau otomatis penuh.

Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP-41
militerbanget.blogspot.com

Namun, bagi pengguna pada umumnya, perbedaan mekanisme penembakan ini tidak terlalu penting, karena cara kerja maupun mekanisme penembakan pistol mitraliur MP41 sangat mirip dengan MP40. MP-41 memiliki laju tembakan yang relatif rendah yaitu sekitar 500 tembakan per menit (sehingga pistol mitraliur ini mudah dikontrol pada saat menembak secara otomatis), dan beratnya sekitar 8,2 pon (3,7kg).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Armored Personal Carrier (APC)/Kendaraan Angkut Personel Lapis Baja BTR-152)

MP-41 menggunakan magasen yang sama dengan magasen pada pistol mitraliur MP40, meskipun magasen yang dibuat dan dijual dengan MP41 selalu diberi tanda “MP41”. Seperti banyak desain pistol mitraliur lainnya, MP41 tidak pernah diadopsi secara resmi oleh militer Jerman. Dalam hal ini, sebagian besar produksi MP41 (sekitar 26.000 pucuk pada tahun 1941 dan sekitar 1.800 pucuk lainnya pada tahun 1944) diberikan kepada militer Rumania.

Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP-41
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pistol Mitraliur MP-41


Jenis: Pistol mitraliur ringan
Kaliber: Parabellum 9 mm (0,354 inci).
Panjang: 86.5 cm (34 inci)
Panjang Laras: 25 cm (9,9 inci)
Berat: 3,7kg (8,15 pon)
V’o meninggalkan laras: 380m (1247 kaki) per detik
Rate of fire: 525 tembakan per menit
Pasokan amunisi: Magasen kotak yang dapat dilepas dengan kapasitas  32 peluru
Mekanisme penembakan: Straight Blowback; Open-Bolt; Select-Fire Action
Sistem pembidik: Pisir dan pejera dari logam (besi)
Jarak bidik efektif: Sekitar 200 meter
Jarak tembak efektif: 150 meter

Demikianlah artikel tentang Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP-41, Penantang Pistol Mitraliur MP-40, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
1. Forgotten Weapon
2. Sabremilitaria
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Rusia
#Pesawat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar