Kamis, 01 Agustus 2024

ISU-152, Artileri Swagerak Sekaligus Tank Perusak Yang Ganas Dari Rusia (Bagian Kedua)


Artileri Swagerak ISU-152
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Kamis, 1 Agustus 2024

ISU -152 adalah artileri swagerak berat milik Rusia yang mulai dioperasikan selama Perang Dunia II dan masih terus dioperasikan lama setelahnya. Secara tampilan, alutsista ini sangat mirip dengan SU-152, Dimana senjata utamanya adalah howitzer ML-20S 152 mm (senjata yang sama dengan yang digunakan pada SU-152) dan dipadukan pada sasis tank berat IS. Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul "ISU-152, Artileri Swagerak Sekaligus Tank Perusak Yang Ganas Dari Rusia (Bagian Pertama)", silahkan disimak:

Walaupun sistem proteksinya tergolong lemah, lapisan baja pada tank perusak ini tetap dapat menahan SPAA, ISU memiliki pelindung yang sangat baik, karena sebagian besar penetrasi SPAA lebih rendah dari 60 mm. Bagian atas kendaraan ini dilapisi dengan RHA 30 mm, yang berarti bahwa sebagian besar proyektil pesawat berkaliber meriam tidak akan dapat menembusnya dengan mudah.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur The No. 1 Lincoln Machine “Litle Willie”)

Dalam hal kemampuan ketahanan, tank perusak ini juga tergolong lebih baik ketimbang pendahulunya. lima awak ISU-152 memiliki konfigurasi tata letak yang agak tersebar, yang berarti bahwa apabila alutsista ini terkena tembakan lawan dengan amunisi bahan peledak tinggi (HE), kemungkinan terjadinya benturan antar awak lebih kecil. Posisi senjata utama yang berada di Tengah juga sangat berguna karena dapat memblokir pecahan peluru untuk kru di satu sisi. Namun jika ada tembakan samping yang menembus struktur atas, atau jika proyektil kaliber besar dapat menembus kabin awak, kemungkinan besar awak tank perusak ini akan langsung tewas. 

Artileri Swagerak ISU-152
militerbanget.blogspot.com

Kelemahan utama dalam perlindungan ISU-152 adalah rak amunisinya, alutsista ini memiliki dua rak amunisi besar (amunisi di sisi kiri, muatan di sisi kanan) yang terletak tepat di bawah sabuk samping RHA 90 mm. Artinya, setiap tembakan yang menembus sisi lambung kemungkinan besar akan menyebabkan ledakan pada rak amunisi, yang berujung pada hancurnya alutsista ini. Tank perusak ini juga masih menerapkan konfigurasi standar tank, Dimana mesinnya terletak di bagian paling belakang kendaraan, ditutupi oleh tangki bahan bakar (yang berujung pada tereksposenya awak pada tembakan lawan).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom/Serang Darat/Close Air Support MiG-27)

ISU-152 juga dapat digunakan sebagai tank perusak berat yang efektif. Meskipun alutsista ini tidak dirancang untuk peran tersebut. ISU-152 ini mewarisi julukan Zveroboy ("pembunuh binatang buas") dari pendahulunya, SU-152, karena kemampuannya mengeliminir barisan lapis baja Jerman yang memiliki system proteksi alias lapis baja yang tebal seperti PzKpfw V Panther, Tiger I dan Tiger II, dan bahkan tank perusak Elefant dan Jagdtiger yang punya lapisan baja yang extra tebal. Bobot amunisi kaliber 152,4 mm menghasilkan laju tembakan yang sangat rendah, hanya dua hingga tiga peluru per menit, dan tidak seakurat amunisi tank dan anti tank berkecepatan tinggi dalam jarak jauh. Namun, efek gelombang kejut (blasting) dari hulu ledak berdaya ledak tinggi dari alutsista ini mampu meledakkan turet tank Tiger.

Demikianlah artikel tentang ISU-152, Artileri Swagerak Sekaligus Tank Perusak Yang Ganas Dari Rusia (Bagian Kedua). Artikel ini bersambung ke bagian ketiga dengan judul “ISU-152, Artileri Swagerak Sekaligus Tank Perusak Yang Ganas Dari Rusia (Bagian Ketiga)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. World War II Tank
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Rusia
#Uni_Soviet
#Tank_Perusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar