Rabu, 14 Agustus 2019

Tank Perusak / Tank Destroyer M18 Hellcat


Tank Perusak M18 Hellcat
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019

Tank Perusak M18 Hellcat memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh tank perusak sejenis pada era itu. Kecepatan maksimumnya mencapai angka 80-89 km/jam. Tank ini juga memiliki bentuk siluet yang kecil, dan memiliki kemampuan manuver yang jempolan hampir di segala medan. Beragam kemampuan tersebut menjadikan tank perusak ini menjadi tank hunter – killer dengan teknik hit and run yang sangat menakutkan bagi lawan.

Tank Perusak M18 Hellcat
militerbanget.blogspot.com

Seperti halnya saudara tuanya M10 “Wolverine”, Hellcat memiliki persenjataan utama meriam kaliber 76mm dan senapan mesin kaliber 12,7mm yang sangat berguna untuk perlindungan dari serangan pasukan infantri.

Tank Perusak M18 Hellcat
militerbanget.blogspot.com

M18 Hellcat menyandang nama resmi “76 mm Gun Motor Carriage M18” atau “M18 GMC” adalah sebuah tank perusak Amerika Serikat Perang Dunia II, yang digunakan di palagan Italia, Eropa, dan Pasifik, serta Perang Korea. Tank ini merupakan tank AS tercepat (di jalan raya). Kecepatan tersebut dapat dicapai dengan meminimalisir berat lapisan baja pelindung, dan memasang mesin radial yang sama seperti tank Sherman.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Kommando LDP / Rhuzi)

Tank Hellcat adalah Tank Perusak milik Amerika Serikat yang paling efektif pada Perang Dunia II. tank ini memiliki rasio menghancurkan lawan yang lebih tinggi daripada tank atau tank perusak manapun yang diterjunkan oleh pasukan Amerika Serikat dalam Perang Dunia II.

Tank Perusak M18 Hellcat
militerbanget.blogspot.com

Latar Belakang Perancangan Tank Destroyer M18 Hellcat

Setelah invasi Prancis, Angkatan Darat Amerika Serikat mulai merancang doktrin tank perusak baru yang ditunjukkan untuk melawan taktik blitzkrieg Jerman

Doktrin itu berisi strategi yang intinya berisi tentang strategi untuk menghancurkan pasukan tank Jerman dengan mengandalkan tank perusak yang memiliki manuver yang lincah dan juga memiliki persenjataan utama dengan kaliber besar.

Tank Perusak M18 Hellcat
militerbanget.blogspot.com

Tank perusak tersebut akan dijadikan sebagai kekuatan cadangan dan akan menyerang lawan jika garis pertahanan sudah dijebol oleh tank Jerman. Lalu barisan tank perusak akan mengambil posisi menyergap tank-tank musuh dan menghancurkannya. 

Awalnya Angkatan Darat Amerika Serikat memiliki tank perusak baru yaitu M10 Wolverine yang mengambil dasar rancangan dari Tank M4 Sherman, tetapi mereka menganggap bahwa tank perusak tersebut performanya kurang memuaskan.

Tank Perusak M18 Hellcat
militerbanget.blogspot.com

Asal mula rancangan Tank Perusak baru, M18 Hellcat datang pada awal Desember 1941 dengan persyaratan tank perusak baru dengan menggunakan suspensi Christie dan meriam kaliber 37mm. 

Persyaratan ini menuntut rancang bangun tank baru yang radikal dan bukan hasil modifikasi dari tank tempur medium M4 Sherman. Persyaratan ini berubah seiring dengan perkembangan situasi perang, perubahan pertama terjadi pada suspensi bar Torsion baru yang inovatif dari Buick Motor Division yang merupakan anak perusahaan General Motors dan perubahan lainnya adalah memasang meriam QF 6 pound Inggris yang kemudian digunakan pada tank Churchill Mark III mereka, purwarupa yang dikembangkan disebut GMC T49.

Tank Perusak M18 Hellcat
militerbanget.blogspot.com

Kemudian Angkatan Darat menginginkan meriam dengan kaliber 75mm yang lebih berat yang digunakan pada tank Sherman, purwarupa ini dinamakan sebagai GMC T67. Akhirnya, Angkatan Darat memutuskan untuk memasang meriam kaliber 76mm pada purwarupa, yang sekarang dinamakan sebagai T70 GMC. Perubahan bentuk hull dan turret terjadi untuk mengakomodasi semua persyaratan dan persenjataan baru ini, namun akhirnya disetujui untuk dimodifikasi ulang dan akhirnya diganti namanya menjadi M18 dan mulai diproduksi pada pertengahan tahun 1943, yang berlangsung sampai akhir Oktober 1944 dengan total 2.507 unit diproduksi.

Tank Perusak M18 Hellcat
militerbanget.blogspot.com

Tank Perusak baru ini menjalani pertempuran perdananya di musim panas tahun 1944, di mana mereka diberi julukan tidak resmi "Hellcat" oleh kru yang mengoperasikannya. Berbeda dengan tank perusak M10 Wolverine yang dibuat sebelumnya, M18 GMC dibuat dengan menekankan pada sisi kecepatannya. Ketebalan armor dibatasi hingga maksimum 1 inci (25mm) pada bagian depan turret sedangkan bagian body lainnya dilapisi dengan ketebalan sangat tipis yaitu .50 inci (12.7mm). Turret juga dirancang dengan model terbuka sama seperti  tank perusak M10, yang berarti kru sangat rentan terkena tembakan musuh dan pecahan peluru artileri.

Tank Perusak M18 Hellcat
militerbanget.blogspot.com

Karena profil turet yang terbuka dan lapisan bajanya yang tips, M18 diharuskan menghindari kontak dengan pasukan infanteri lawan dan sebisa mungkin menyergap tank musuh dalam posisi yang tersembunyi daripada menghadapi mereka secara frontal dalam operasi penyerangan. Namun demikian, M18 disukai oleh kru karena meriam kaliber 76mm, yang dapat menghancurkan tank Tiger dan Panther Jerman dari depan dengan amunisi HVAP (High Velocity Armor Piercing). Cara itu hanya dilakukan ketika tidak dapat melakukan penyergapan dari sisi atau belakang tank ini.

Tank Perusak M18 Hellcat
militerbanget.blogspot.com

Kecepatan maksimumnya juga sangat mengagumkan, mencapai 79 km/jam, ini membuat M18 GMC menjadi tank tercepat di Perang Dunia II. Karena kurangnya armor dan penekanan pada kecepatan, kru M18 memanfaatkan taktik "tembak dan lari" dalam menyergap musuh. Setelah menembak, dari satu posisi (posisi awal) dan dengan cepat pindah ke posisi yang lainnya sebelum musuh dapat menemukan posisi awal mereka, taktik ini membingungkan pasukan tank Jerman dan bahkan menimbulkan dugaan dari pihak lawan bahwa ada kemungkinan  lebih banyak tank musuh daripada jumlah tank mereka sendiri.

Tank Perusak M18 Hellcat
militerbanget.blogspot.com

Catatan Operasional

Beberapa aksi yang bisa dibilang hebat (atau gila) saat M18 Hellcat dari satuan Batalyon Tank Destroyer ke-704 beraksi di Pertempuran Arracourt, Prancis. Letnan Edwin Leiper memimpin sebuah peleton M18 dari Kompi C dan dalam pertempuran tersebut ia beserta anak buahnya menyergap dan menghancurkan 15 tank Panther Jerman dan mereka kehilangan tiga M18 yang hancur. Satu M18 Hellcat yang dikomandani oleh Sersan Henry R. Hartman berhasil menghancurkan 6 dari 15 tank Panther tersebut.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - Strv 103 S (Bagian 1))

Tank Perusak M18 Hellcat
militerbanget.blogspot.com

M18 Hellcat juga memainkan peran penting dalam Pertempuran Bulge, dimana kecepatan tertingginya yaitu 79 km/jam benar-benar dimanfaatkan dengan baik dan berhasil melewati garis pertahanan terdepan musuh. Empat M18 Hellcat dari Batalyon Tank Destroyer ke-705 membantu Resimen Pasukan Payung ke-506 saat menyerang Divisi Panzer ke-2. Keempat M18 bekerja sama dengan personel pasukan payung berhasil menghancurkan depot bahan bakar musuh yang akibatnya hampir melumpuhkan seluruh Divisi Panzer ke-2. Selain menghancurkan depot bahan bakar, keempat M18 Hellcat itu juga menghancurkan 24 tank dan merusak berat 6 lainnya.

Tank Perusak M18 Hellcat
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Perusak / Tank Destroyer M18 Hellcat


Tipe: Penghancur tank
Negara asal: Amerika Serikat

Catatan Operasional

Perang Dunia II
Perang Korea

Sejarah produksi

Tahun: 1942
Produsen/Pabrik: Buick Motor Division of General Motors
Biaya produksi: $55.230 (saat itu)
Periode produksi: Juli 1943 – Oktober 1944
Jumlah produksi: 2.507 unit

Spesifikasi

Berat: 39.000 lb (17,7 metric ton)
Panjang: 
Lambung: 17 ft 4 in (5,28 m)
Termasuk meriam: 21 ft 10 in (6.6 m)
Lebar: 9 ft 5 in (2,87 m)
Tinggi: 8 ft 5 in (2,57 m) dengan senapan mesin pertahanan udara
Awak: 5 (komandan, penembak, Loader, Pengemudi, asisten Pengemudi)
Ketebalan lapisan baja / Armor: 4,8-25,4 mm (0,19-1 inches)

Tank Perusak M18 Hellcat
militerbanget.blogspot.com

Persenjataan

Senjata utama: Meriam kaliber 76mm gun M1A1, M1A1C, or M1A2 kapasitas 45 peluru
Senjata sekunder: 1 X Senapan mesin kaliber .50 (12.7 mm) Browning M2HB Kapasitas 800 peluru

Mesin Penggerak: Continental R975-C1 atau C4; 350 atau 400 hp (261 kW-298 kW) pada 2.400 rpm

Rasio Tenaga/bobot: 19.8 -22.6 horsepower/metric ton

Transmisi: 900T Torqmatic automatic transmission
3 speeds forward, 1 reverse
Suspensi: Torsion bar
Kapasitas tangki: 165 galon (625 liter)
Jarak jelajah operasional: 100 mi (160 km) on-road
Kecepatan maksimum: 60 mph (90 km/h) on-road
18 mph (29 km/h) off-road

Demikianlah artikel tentang Tank Perusak / Tank Destroyer M18 Hellcat, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com
Wikipedia

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar