Jumat, 22 Juni 2018

Helicopter Serang - Tempur / Attack Helicopter A-129 Mangusta Bagian 1


Helikopter Serang - Tempur A-129 Mangusta
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Jum'at, 22 Juni 2018

Artikel kali ini akan mengulas tentang satu jenis alut sista dari tipe Helikopter Tempur/Serang lansiran dari negara pizza, Italia. Kode helikopter itu adalah A129 Mangusta. 

Dirancang untuk menghadapi kekuatan tank Uni Soviet yang memang terkenal karena kuantitasnya yang luar biasa. Sebagai anggota NATO, Italia memandang perlu adanya satu sistem senjata, yang mampu menghadapi ancaman tersebut.

Karena artikel ini panjang, maka penulisan artikel ini akan dibagi menjadi dua bagian, dan ini adalah bagian pertama dari artikel.

Helikopter Serang - Tempur A-129 Mangusta
militerbanget.blogspot.com

Bagian I

Sampai dengan tahun 1990-an, tampaknya Uni Soviet (saat itu) mempunyai keyakinan, bahwa konflik menyeluruh yang terjadi di benua Eropa tidak akan ber”eskalasi” menjadi suatu peperangan nuklir. 

Hal ini tercermin didalam rencana paling akhir yang dibuat oleh Uni Soviet berdasarkan anggapan, bahwa berbagai konflik konvensional antara negara pendukungnya dengan NATO akhir-akhir ini sudah cukup memberikan peluang kepada Uni Soviet untuk tampil sebagai pemenang, sebelum para pengambil keputusan di blok NATO memutuskan untuk menggunakan senjata nuklir.

Bermula dari tank T-34, JS-2, KV, Tentara Merah yang berhasil menghancurkan panser-panser NAZI (seperti PzKpfw IV, PzKpfw V - Panther, dan PzKpfw VI Tiger) dalam palagan Perang Dunia II, Uni Soviet mempercayakan kekuatan militernya di atas keunggulan dan jumlah tank yang besar. 

Helikopter Serang - Tempur A-129 Mangusta
militerbanget.blogspot.com

Sampai saat ini (saat berita ini ditulis), Angkatan Darat Uni Soviet berkekuatan 52.000 tank tempur utama, 17.000 diantaranya terdiri dari tank (semi?) modern dari jenis T-64, T-72, dan T-80. Untuk mengimbangi kekuatan tersebut, NATO hanya dapat mengadalkan 31.000 tank terbaik mereka, dan jumlah ini sudah termasuk bala bantuan dari Amerika Utara.


Dengan jumlah tank yang begitu besar, Uni Soviet mengubah ukuran satuan divisi tanknya menjadi dua kali lipat dari ukuran satuan divisi tank pada umumnya. Sebuah divisi tank Uni Soviet berkekuatan 450 tank tempur, 600 kendaraan infanteri, dan 300 buah artileri, termasuk didalamnya peluncur roket ganda. Tugas sebuah divisi tank Uni Soviet adalah melakukan penyerbuan ke dalam wilayah NATO, kemudian mempertahankan daerah yang telah dikuasainya untuk memberi kesempatan dan melindungi pengiriman bala bantuan yang diterjunkan dari udara.


Helikopter Serang - Tempur A-129 Mangusta
militerbanget.blogspot.com

Untuk menghentikan gerak maju divisi tank Uni Soviet yang dilengkapi dengan tank tempur yang terkenal cepat, lincah, dan ulet, idealnya digunakan sebuah system senjata “pembunuh tank” yang juga mempunyai kecepatan yang tinggi, ringan, serta dilengkapi dengan persenjataan yang mampu “melahap” tank.

Sebagai jawaban untuk mengatasi masalah itu, pilihan dijatuhkan pada helicopter anti tank.akan tetapi, untuk menciptakan sebuah helikopter antitank yang modern dan dapat diopersikan di segala kondisi cuaca, bukanlah suatu perkara yang mudah. Sehingga, saat helicopter ini mulai dirancang, NATO masih mengandalkan helikopter anti tank AH-64A “Apache” Angkatan Darat Amerika Serikat.

Dalam usaha untuk melepaskan diri dari ketergantungan kepada Amerika, negara-negara Eropa Barat melaksanakan berbagai program pengebangan sebuah helikopter anti tank yang ringan dan modern. Jerman (Barat) dan Perancis bekerja sama mengembangkan helicopter antitank PAH-2/HAC, Inggris mengembangkan helicopter Lynx 3, dan Italia mengembangkan A-129 “Mangusta”.

Helikopter Serang - Tempur A-129 Mangusta
militerbanget.blogspot.com

A-129 “ MANGUSTA”

Berawal dari kebutuhan Angkatan Darat Italia akan sebuah helicopter ringan yang mampu melaksanakan tugas sebagai helicopter ringan yang mampu melaksanakan tugas sebagai helicopter antitank, perusahaan Gruppo Agusta di Milan merancang dan membuat sebuah heikopter anti tank A-129 “Mangusta”, yang sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan oleh pihak Angkatan Darat Italia, yaitu :

Helikopter itu harus mampu operasional penuh pada siang dan malam.

Helikopter itu harus mampu operasional penuh dalam segala kondisi cuaca.

Helikopter itu harus mampu operasional penuh dalam moda perang kimia.

Helikopter itu harus mampu operasional dalam moda perang elektronik.

Helikopter itu harus memiliki kemampuan IFF (Identification Friend-or-Foe).

Helikopter itu harus memiliki pertahanan diri yang tinggi.

Helikopter Serang - Tempur A-129 Mangusta
militerbanget.blogspot.com

Rancangan A-129 “Mangusta” yang diselesaikan pada tahun 1981 melakukan penerbangan pertama kali pada tanggal 15 September 1983. A-129 “Mangusta” yang keseluruhannya buatan Italia ini berawak dua orang (Pilot duduk di belakang, dan penembak duduk di bagian depan) bermesin ganda Rolls Royce GEM 2 Mk. 1004, dan sebagian besar tubuhnya (sekitar 45%) terbuat dari bahan komposit.

Empat bilah rotor utama A-129 “Mangusta” yang terbuat dari bahan campuran baja dan titanium, masing-masing dipasang pada sebuah “elastromeric” yaitu bahan sintetis karet dan plastik. Pada bagian ujung bilah rotor utama dirancang mampu mengurangi suara bising yang timbul sewaktu rotor berputar. 

Helikopter Serang - Tempur A-129 Mangusta
militerbanget.blogspot.com

Rotor utama buatan perusahaan Nomex ini mampu menahan tembakan peluru kaliber 23 mm. disamping kekebalan rotor utama, keseluruhan system pengendalian penerbangan A-129 “Mangusta” ditempatkan terlindung di dalam sebuah tiang yang berputar, dan diselimuti dengan kawat pembungkus. Kawat pembungkus ini juga dibuat untuk melindungi perangkat penginderaan yang dipasang pada ujung tiang.

Kemudian, ada tiga buah system “servo control” yang menggunakan tenaga Hidraulik, masing-masing untuk membantu menggerakkan rotor utama, rotor ekor, dan untuk membantu system “fly by wire”. Ketiga system servo-control tersebut digabungkan menjadi satu, sehingga pilot dapat tenang mengendalikan pesawat melalui system mekanik pedal kaki.


Demikianlah artikel tentang Helicopter Serang - Tempur / Attack Helicopter  A-129 Mangusta  Bagian 1, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu


Sumber :
- Majalah Teknologi & Strategi Militer, No. 41

tag: 
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia 2019, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, #Corona Virus, #Isolasi Mandiri, #Pendemi Covid-19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar