Senin, 25 Juni 2018

Helicopter Serang - Tempur / Attack Helicopter A-129 Mangusta (Bagian 2)


Helikopter Serang-Tempur A-129 Mangusta
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Senin, 25 Juni 2018

Menyambung artikel sebelumnya, yaitu "ATTACK HELICOPTER A-129 MANGUSTA (HELIKOPTER SERANG/TEMPUR A129 MANGUSTA) BAGIAN 1", maka pada bagian 2 ini akan dibahas mengenai perlengkapan elektronik yang disematkan dan persenjataan yang diusung oleh helikopter tempur/serang ini.

Berikut ini adalah penjabarannya:

Perlengkapan Elektronik

A-129 “Mangusta” dilengkapi dengan “Integrated Multiple Systems’ (IMS) yang menggunakan dua buah komputer sebagai perangkat untuk mengelola sistem elektronik pesawat dan sistem pengendali penerbangan, termasuk sistem komunikasi, navigasi, autopilot, dan fungsi “fly-by-wire”. Perangkat IMS ini hanya akan memberikan data sesuai dengan permintaan pilot dan penembak.

Helikopter Serang-Tempur A-129 Mangusta
militerbanget.blogspot.com

Selain perangkat IMS, pilot yang duduk di bagian belakang dan penembak yang duduk di bagian depan juga dilengkapi dengan sistem penginderaan”Night Vision System”” (NVS) dengan “Forward Looking Infra Red” (FLIR). NVS ini diintregasikan dengan system penglihatan yang dipasang pada helm pilot dan penembak, sama seperti yang digunakan pada helicopter AH-64A “Apache”.

Ada kemungkinan A-129 “Mangusta” juga dilengkapi dengan “heliborne laser guide fire-and-forget” yang memberi kemampuan kepada penembak untuk membidik, menembak sasaran, dan kemudian meninggalkannya, pada saat helikopter kedua telah menyinari sasaran lain dengan laser.

Perangkat terakhir adalah pelindung diri ECM (Electronic Countermeasures) yang digunakan untuk mempertahankan diri dalam lingkungan medan pertempuran berteknologi tinggi.

Helikopter Serang-Tempur A-129 Mangusta
militerbanget.blogspot.com

Persenjataan

A-129 “Mangusta” yang dirancang sebagai helikopter anti tank, juga dirancang mampu melakukan pertempuran udara-ke-udara. Helikopter ini juga dapat membawa  berbagai jenis senjata sesuai dengan tugas yang harus dijalankan dengan konfigurasi sebagai berikut:

a. 8 unit rudal TOW (Tube-launch, Optically-track, Wire-guided) dan dua buah tabung peluncur roket 70 milimeter yang masing-masing tabung berisi 7 buah roket.
b. 8 unit rudal HOT dan 2 buah senapan mesin kaliber 12.7 mm
c. 6 unit rudal HELLFIRE dengan sistem pembidik laser
d. 2 unit tabung peluncur roket 70 milimeter yang masing-masing tabung berisi 19 buah roket, ditambah e. 2 unit senapan mesin kaliber  12.7 mm
f. 8 unit rudal udara-ke-udara, ditambah 2 tabung peluncur roket dengan 19 buah roket pada masing-masing tabung.

Helikopter Serang-Tempur A-129 Mangusta
militerbanget.blogspot.com

Berdasarkan strategi perang non-nuklir yang dirancang oleh Uni Soviet dimana kekuatan utamanya terletak pada tank tempur utama, maka sudah sewajarnya apabila Uni Soviet berusaha dengan keras untuk melindungi armada tanknya. Hal ini ditunjukkan dengan penempatan 1.000 unit helikopter tempur/serang jenis Mil-Mi-28 “Havoc” yang memiliki kemampuan untuk melakukan pertempuran udara-ke-udara dengan sasaran utama helikopter antitank milik NATO. Untuk mengeliminir ancaman terebut, A-129 “Mangusta” dipersenjatai dengan rudal “Mistral” buatan perusahaan Matra dari Prancis dan “Stinger” buatan General Dynamic dari Amerika Serikat.


Helikopter Serang-Tempur A-129 Mangusta
militerbanget.blogspot.com

Dilihat dari kemampuannya untuk menghancurkan tank dan melakukan pertempuran di udara, serta bobotnya yang tergolong ringan, nampaknya A-129 “Mangusta” merupakan satu-satunya helikopter ringan antitank terdepan saat ini. Bandingkan saja dengan AH-64A “Apache” yang mempunyai bobot kosong 4.309 kg dan panjang 16,96 meter, sementara A-129 “Mangusta" hanya mempunyai berat kosong 1.415 kg dan panjang badan 13,5 meter.


Helikopter Serang-Tempur A-129 Mangusta
militerbanget.blogspot.com

Pemasaran

Angkatan Darat Italia bersama-sama dengan perusahaan Gruppo Agusta diserahi tanggung jawab untuk memproduksi A-129 “Mangusta” selama lima sampai sepuluh tahun mendatang, sebagai imbangan kekuatan negara-negara Eropa Barat yang memahami perkembangan doktrin taktis Uni Soviet, yang lebih menekankan pada konsep perang nuklir.

Disamping akan dioperasikan oleh Angkatan Darat Italia sendiri sebagai operator utama, A-129 “Mangusta” juga akan ditawarkan ke negara-negara lain, termasuk Amerika Serikat yang sedang mengembangkan program LHXZ (Light Helicopter Experimental). Sedangkan Angkatan Darat Italia akan memakai A-129 “Mangusta” sebanyak 70 unit. 

Dengan demikian, Italia merupakan negara Eropa pertama yang mempersenjatai Angkatan Daratnya dengan helikopter anti tank, yang sekaligus akan membuat pasukan lapis baja Uni Soviet tidak akan tidur dengan tenang.

Helikopter Serang-Tempur A-129 Mangusta
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Helicopter Serang - Tempur / Attack Helicopter A-129 Mangusta


Kru: 2 orang (pilot dan petugas sistem senjata)
Panjang: 12,28 m (40 ft 3 in)
Diameter rotor: 11,90 m (39 ft 1 in)
Tinggi: 3.35 m (11 ft 0 in)
Area Disc: 111.22 m² (1,197.25 ft ²)
Berat kosong: 2.530 kg (£ 5575)
Max. berat lepas landas: 4.600 kg (£ 10.140)
Mesin: 2 × Rolls-Royce Gem 2-1004D (lisensi dibangun oleh Piaggio) turboshafts , 664 kW (890 shp) masing-masing
Sistem rotor: 4 bilah pada rotor utama

Performa 

Kecepatan maksimum: 278 km / h (148 knot, 170 mph)
Cruise speed: 229 km / h (135 knot, 155 mph)
Radius tempur: 510 km (275 nm, 320 mi)
Jarak tempuh maksimum: 1.000 km (540 nm, 620 mi)
Ketinggian operasional maksimum: 4.725 m (15.500 kaki)
Kecepatan menanjak: 10,2 m / s (2.025 ft / min)

Persenjataan 

Senjata: 1 × 20 mm (0.787 in) M197 tiga barrel gatling-jenis meriam (500 peluru) dalam Light *TM197B turreted Gun System (hanya versi CBT)
Rockets: 4 buah dengan 38 × 81 mm (3.19 in) roket terarah atau 76 × 70 mm (2,75 in) roket terarah atau 12,7 mm pod senapan mesin
Rudal:
8 × AGM-114 Hellfire atau BGM-71 TOW rudal anti-tank
4-8 × AIM-92 Stinger atau Mistral rudal anti-pesawat

Demikianlah artikel tentang Helicopter Serang - Tempur / Attack Helicopter  A-129 Mangusta  Bagian 2, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
Naskah asli oleh: Warsoyo, peserta Program Pascasarjana Universitas Kristen Stya Wacana
Majalah TEKNOLOGI STRATEGI MILITER No. 41
Internal Combat Arms: Vol.4, No. 4; July 1976
Modern Military Aircraft; Salamander Books: 1985
WIKIPEDIA - A129 MANGUSTA


Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Kemarin (Seventeen), #Lily (Alan Walker,K-391 & Emelie Hollow), #Celengan Rindu (Fiersa Besari), #Senorita (Shawn Mendes, Camila Cabello), #Hanya Rindu (Andmesh), #Solo (Jennie), #On My Way (Alan Walker, Sabrina Carpenter & Farruko), #I Love You 3000 (Stephanie Putri), #A Whole New World (ZAYN, Zhavia Ward), #Didi Kempot, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Pendemi, #Corona, #Covid-19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar