Selasa, 15 Oktober 2024

Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP 3008, Simbol Keputusasaan Jerman Menjelang Kekalahan (Bagian Ketiga)


Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP 3008
militerbanget.blogspot.com

Beraban, Tabanan, Bali, Selasa, 15 Oktober 2024

Kalau melihat secara sepintas orang tak akan percaya kalau pistol mitraliur (submachine gun) ini adalah asli buatan Jerman. Bagaimana tidak, Jerman di era Perang Dunia II sangat terkenal dengan kualitas yang tinggi serta modern untuk berbagai produk alutsistanya. Tetapi kenyataannya memang seperti itu, di masa-masa akhir Perang Dunia II, kondisi Jerman memang benar-benar di titik nadir. Hampir seluruh lini produksi alutsistanya hancur atau berhasil direbut oleh lawan. Ditambah lagi dengan posisi Jerman yang sangat terjepit, sehingga berbagai langkah darurat diambil untuk dapat bertahan dari gempuran pasukan Sekutu. Dan pistol mitraliur ini seakan mampu menggambarkan secara nyata tentang betapa sulitnya kondisi Jerman pada saat itu. Supaya artikel ini dapat mudah dipahami, silahkan baca artikel sebelumnya dengan judul: “Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP 3008, Simbol Keputusasaan Jerman Menjelang Kekalahan (Bagian Kedua)”. Dan berikut ini adalah artikel kelanjutannya:

Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP 3008
militerbanget.blogspot.com

Pasokan amunisi pistol mitraliur ini menggunakan magasen kotak lurus standar dengan kapasitas 30 peluru yang dapat dilepas (sekali lagi, seperti pada STEN Mk II) dan memiiki jarak tembak efektif maksimum sekitar 100 meter. V’o peluru meninggalkan laras adalah 1.200 kaki per detik. Dengan demikian, senjata itu bisa memberikan cukup banyak tembakan terhadap target atau area target dengan relatif mudah.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber Tupolev TB-3)

Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, sekitar 10.000 unit MP 3008 diproduksi untuk didistribusikan kepada personel yang mempertahankan Jerman (walaupun pada kenyataannya eksistensi pistol mitraliur ini tidak banyak membantu Jerman untuk terhindar dari kejatuhannya). Hasil produksi MP 3008 juga tidak seragam dalam banyak hal karena senjata ini tidak dibuat dalam system industry terpusat melainkan dibuat di banyak tempat dengan berbagai macam bahan baku yang tersedia. 

Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP 3008
militerbanget.blogspot.com

Dengan demikian, pabrik-pabrik kecil yang memproduksinya menggunakan bahan- bahan yang ada dan ini menghasilkan beberapa variasi yang berbeda dari design awalnya (karena itu dijumpai varian yang memioikimpopor kawat atau popor kayu solid dengan mutu yang tidak sama). Bagaimanapun, senjata itu tidak terlalu penting dalam skema besar perang meskipun disebutkan sebagai salah satu proyek putus asa terakhir yang muncul dari Jerman sebelum keruntuhannya pada bulan Mei 1945.

Awalnya semua popor kawat di las mati ke rangka dan biasanya berbentuk segitiga, namun desainnya berubah karena kondisi di Jerman memburuk dan pada senjata terakhir ditemukan popor kayu dan variasi lainnya.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun Ruger MP9)

Ironisnya, pistol mitraliur ini tidak bisa digunakan secara maksimal karena pada saat perang menjelang berakhir, kondisi Jerman benar-benar hancur, dan stock amunisi juga sangat sedikit sehingga banyak sekali senjata yang tidak bisa digunakan karena ketiadaan amunisi.

Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP 3008
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP3008


Jenis: Pistol Mitraliur
Asal negara: Nazi Jerman
Negara pengguna:
Volkssturm
Tentara Cekoslowakia (setelah Perang Dunia II)
Perang Perang Dunia II

Sejarah produksi

Perancang: Ludwig Vorgrimler
Tahun dirancang: Tahun 1944
Diproduksi: Januari–Mei 1945
Jumlah produksi: Sekitar 10.000 pucuk
Bobot: 3,2 kg (7,05 pon)
Panjang: 760 mm (29,9 inci)
Panjang laras: 196 mm (7,7 inci)
Amunisi: Parabelum 9×19mm
Mekanisme penembakan: Blowback , open bolt
Laju tembakan maksimum: 450 peluru/menit
V’o meninggalkan laras: 365 m/s (1.198 kaki/s)
Jarak tembak efektif: 100 meter
Pasokan amunisi: Magasen kotak yang dapat dilepas dengan kapasitas 32 peluru
Sistem pembidik: Bilah depan, bukaan belakang

Demikianlah artikel tentang Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP 3008, Simbol Keputusasaan Jerman Menjelang Kekalahan (Bagian Ketiga), semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
1. World War II Weapon
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Jerman
#Pistol_Mitraliur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar