Kamis, 11 Juli 2019

Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber Tupolev TB-3


Pesawat Pembom Berat 
Tupolev TB-3
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Kamis, 11 Juli 2019

Pesawat pembom berat yang satu memang tak banyak diketahui oleh publik. Walaupun begitu, pesawat Tupolev TB-3 yang berdimensi besar, dan memiliki konfigurasi empat mesin ini merupakan pesawat pembom yang paling canggih  pada masanya. Pesawat ini terbang pertama kali pada tanggal 22 Desember 1930, dan mulai masuk ke jalur produksi setahun kemudian. Dan pesawat ini mulai masuk dalam dinas aktif di Angkatan Udara Rusia pada tahun 1932.

Pesawat Pembom Berat 
Tupolev TB-3
militerbanget.blogspot.com

Dan kata “besar” memang sangat mampu menggambarkan tentang pesawat TB-3, dan berat lepas landasnya (MTOW) paling berat dari seluruh pesawat pembom yang ada pada era itu. TB-3 memiliki konstruksi kulit logam yang berkerut-kerut (corrugated) sama seperti pada pesawat pembom/transport milik Jerman yang sangat legendaris, Junkers Ju-52.

Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Helikopter Serang - Transport / Attack - Transport Helicopter MIL MI-24)  

Pesawat Pembom Berat 
Tupolev TB-3
militerbanget.blogspot.com

Pesawat TB-3 ini memiliki keunikan tersendiri, sayapnya sangat tebal, sehingga di dalam sayap tersebut terdapat satu lorong yang dapat digunakan oleh awak pesawat untuk mengakses ke arah mesin yang ada di sayap. Walaupun lorong ini terbilang sempit sehingga awak yang melaluinya harus dengan cara merangkak, namun  hal ini merupakan terobosan maju untuk era itu. 

Pesawat Pembom Berat 
Tupolev TB-3
militerbanget.blogspot.com

Sayangnya, untuk urusan kokpit, pesawat ini malah terkesan mandek dalam urusan inovasi. Kokpitnya masih menerapkan design yang bernuansa ala pesawat Perang Dunia I. Kokpit pesawat ini masih menerapkan kokpit terbuka, dengan pilot dan ko-pilot duduk bersebelahan di kokpit terbuka tersebut dengan kaca penghalang angin yang terpisah.

Pesawat ini kemudian dikembangkan dan ditingkatkan secara terus menerus, dan tercatat lebih dari 500 pembom ini masih dioperasikan pada saat Jerman menginvasi Rusia pada tahun 1941. Beberapa unit dari pesawat ini melaksanakan serangan malam hari terhadap kedudukan pasukan Jerman.

Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom / Tempur Jet - A-4 SKYHAWK (Bagian 1))

Pesawat Pembom Berat 
Tupolev TB-3
militerbanget.blogspot.com

Pembom ini ada yang dikonversi menjadi pesawat pengangkut untuk pasukan payung. Dan yang boleh dikatakan “gila” adalah, pada saat mengangkut pasukan payung, personel bukan hanya ditampung di dalam badan pesawat, tetapi juga ditempatkan di atas sayap pesawat. 

Memang, untuk urusan “kegilaan” dalam hal alutsista dan militer, pasukan Rusia tak tertandingi.

Pesawat Pembom Berat 
Tupolev TB-3
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber Tupolev TB-3


Asal Negara: Rusia
Tipe Pesawat: Pesawat Pembom Berat empat mesin
Terbang Perdana: 22 Desember 1930
Kru: 8-10 orang (pilot, co-pilot, flight engineer, bom aimer, radio operator/gunner, four gunners) 
Bobot: 10.967 kg (Kosong), MTOW: 17.200 kg

Dimensi 

Panjang Pesawat: 24,4 m 
Bentangan sayap: 39, 5 m
Tinggi: 8.2 m
Wing Area: 230 m2

Persenjataan:

8 X Senapan mesin kaliber 7,7mm
Di hidung, di dorsal dan turet 
Muatan bom sampai dengan 2.000 kg, 
Mesin: 4 X M-17F 715hp piston engines

Performa  

Kecepatan maksimum: 197 km/jam
Ketinggian maksimum: 3.800 m
Kecepatan menanjak: - m/menit
Radius maksimum: 1.350 km

Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber Tupolev TB-3, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)
Wikipedia
Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar