Minggu, 13 Oktober 2024

Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP 3008, Simbol Keputusasaan Jerman Menjelang Kekalahan (Bagian Kedua)


Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP 3008
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Minggu, 13 Oktober 2024

kalau melihat secara sepintas orang tak akan percaya kalau pistol mitraliur (submachine gun) ini adalah asli buatan Jerman. Bagaimana tidak, Jerman di era Perang Dunia II sangat terkenal dengan kualitas yang tinggi serta modern untuk berbagai produk alutsistanya. Tetapi kenyataannya memang seperti itu, di masa-masa akhir Perang Dunia II, kondisi Jerman memang benar-benar di titik nadir. Hampir seluruh lini produksi alutsistanya hancur atau berhasil direbut oleh lawan. Ditambah lagi dengan posisi Jerman yang sangat terjepit, sehingga berbagai langkah darurat diambil untuk dapat bertahan dari gempuran pasukan Sekutu. Dan pistol mitraliur ini seakan mampu menggambarkan secara nyata tentang betapa sulitnya kondisi Jerman pada saat itu. Supaya artikel ini dapat mudah dipahami, silahkan baca artikel sebelumnya dengan judul: “Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP 3008, Simbol Keputusasaan Jerman Menjelang Kekalahan (Bagian Pertama)”. Dan berikut ini adalah artikel kelanjutannya:

STEN Inggris sendiri terbukti sebagai desain yang handal dan dioperasikan oleh militer Inggris dan sekutunya, digunakan dari tahun 1941 hingga 1960-an dalam berbagai konflik setelah Perang Dunia 2. Nama STEN berasal dari kedua desainernya - Mayor Reginald Shepherd dan Harold Turpin - inisial nama belakang mereka (" ST") yang mendahului tempat pembuatan awal, Enfield Lock ("EN").

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank tempur / Tank A15 Cruiser Tank Mark VI Crusader (Bagian 1))

Secara kolektif, senjata itu kemudian disebut sebagai "STEN" dan diyakini diproduksi sekitar 3,7 hingga 4,6 juta pucuk. Sederhana namun fungsional, STEN lahir dari kebutuhan yang sama mendesaknya untuk mempersenjatai Inggris jika terjadi invasi Jerman ke Kepulauan Inggris (dan ironisnya, hal ini juga menjadi dasar bagi Jerman pada saat menciptakan pistol mitraliur MP 3008, untuk mempertahankan Jerman dari pasukan Sekutu dan Soviet yang terus merangsek masuk).

Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP 3008
militerbanget.blogspot.com

MP 3008 dibuat dengan filosofi yang sama dengan STEN, dengan mengutamakan kesederhanaan dan kemudahan. Pistol mitraliur ini mengadopsi design yang sebagian besar terbuat dari logam dengan receiver berbentuk tabung dimana di dalamnya ditempatkan seluruh mekanisme penembakan. 

Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP 3008
militerbanget.blogspot.com

Panjang keseluruhannya 30 inci (sekitar 76 cm) dengan berat lebih dari 7 pon (sekitar 3.2 kg). Mekanisme pemicu ditempatkan dibawah receiver sementara pemicunya tertutup dalam pelindung persegi panjang besar yang dilapisi kawat tipis. Popornya bervariasi antara tabung logam pejal atau popor kayu dan dipasang di bagian belakang dalam pengertian tradisional, dimaksudkan untuk menopang senjata di bahu (bantalan bahu menyatu di ujung popor).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber Tupolev TB-3)

Larasnya menonjol agak jauh dari receiver berbentuk tabung dan system pembidiknya juga sederhana berupa bilah depan dengan pemasangan bukaan belakang untuk beberapa tingkat akurasi jarak jauh. Rumah magasen diletakkan di bawah bagian depan receiver, hampir sama seperti pada seri pistol mitraliur MP38/MP40, dan dapat berfungsi ganda sebagai pegangan tangan depan. Tuas pengokang berada di sisi kanan receiver dengan pegas internalnya terlihat jelas di sepanjang slot (celah) yang dipotong. Port ejeksi atau celah untuk membuang selongsong juga diposisikan di sisi kanan receiver, di atas magwell, dan arah lontaran selongsong peluru bekas di sebelah kanan penembak.

Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP 3008
militerbanget.blogspot.com

MP 3008 dirancang menggunakan mekanisme blowback, open bolt (seperti STEN Mk II sebelumnya), dimana laju tembakan berada di angka 450 peluru per menit. 

Demikianlah artikel tentang Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP 3008, Simbol Keputusasaan Jerman Menjelang Kekalahan (Bagian Kedua). Artikel ini bersambung ke bagian ketiga dengan judul “Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP 3008, Simbol Keputusasaan Jerman Menjelang Kekalahan (Bagian Ketiga)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
1. World War II Weapon
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Jerman
#Pistol_Mitraliur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar