Sabtu, 12 Oktober 2024

Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP 3008, Simbol Keputusasaan Jerman Menjelang Kekalahan (Bagian Pertama)


Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP 3008
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Sabtu, 12 Oktober 2024

Tahun 1945 terbukti menjadi tahun yang membawa bencana bagi Jerman (Nazi Jerman atau Third Reich pada saat itu). Pada bulan April 1945, wilayah okupasi Jerman telah menyusut sampai pada level yang sangat menyedihkan karena pasukan Sekutu terus merangsek dari arah selatan dan barat, sementara itu pasukan Merah Soviet dalam jumlah yang sangat besar terus melakukan manuver menekan dari arah timur. Sementara itu, kampanye pemboman dari udara yang dimotori oleh Inggris dan Amerika Serikat telah meluluhlantakan pabrik-pabrik penghasil mesin perang Jerman dalam segala lini dan dalam intensitas yang terus meningkat, sementara itu banyak sekali pabrik atau industri yang menyokong mesin-mesin perang Jerman dihancurkan atau direbut pasukan lawan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Taktis / Tactical Bomber General Dynamics F-111 "Aardvark")

Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP 3008
militerbanget.blogspot.com

Kombinasi dari berbagai hal ini tentu saja sangat berpengaruh pada kekuatan tempur Reich Ketiga. Karena kondisi yang semakin memburuk, pihak berwenang Nazi Jerman mulai melakukan segala macam cara untuk mengatasinya (walaupun Langkah-langkah ini dipandang sebagai Langkah putus asa dari Nazi). Salah satunya adalah dengan membentuk pasukan wajib militer (dengan jargon membela tanah air) dari segala lapisan dan rentang umur yang tak masuk akal (bahkan anak-anak dan orang tua juga direkrut sebagai pasukan), mulai dari rakyat yang dianggap mampu bertempur, kepolisian, dan banyak lagi. Untuk mempersenjatai pasukan ini, Jerman lalu mulai merancang senjata yang sederhana, yang murah serta mudah untuk diproduksi dan dioperasikan.

Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP 3008
militerbanget.blogspot.com

MP 3008 (Maschinenpistole 3008) adalah desain pistol mitraliur terakhir yang dimaksudkan untuk mempersenjatai semua personel yang mempertahankan Jerman. Proses perancangan dimulai pada awal tahun 1945 dan setelah pistol mitraliur ini terwujud, profilnya ternyata tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan pistol mitraliur STEN (Mk II) Inggris yang "dikonsep ulang" dengan hanya sedikit pengaruh Jerman untuk memenuhi persyaratan pencetakan, terutama pada magwell (rumah magasen) yang dipasang di bagian bawah. Secara sepintas, pistol mitraliur MP 3008 sangat mirip dengan STEN, hanya berbeda pada posisi magasen (STEN menggunakan konfigurasi pengisian peluru dari samping). Hebatnya, tiruan tersebut ternyata terbukti kokoh dan kinerja keseluruhannya kira-kira setara dengan STEN Mk II milik Inggris.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank tempur / Tank A15 Cruiser Tank Mark VI Crusader (Bagian 1))

Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP 3008
militerbanget.blogspot.com

Perlu dicatat bahwa perusahaan Mauser Jerman telah memproduksi tiruan dari pistol mitraliur STEN Mk II Inggris di "Gerat Potsdam" mulai akhir tahun 1944. Perusahaan ini bahkan memproduksi pistol mitraliur ini secara utuh, termasuk tanda-tanda di senjata dalam bahasa Inggris, mungkin tujuannya untuk digunakan oleh unit klandestin (perlawanan bawah tanah atau gerilyawan) Jerman di beberapa titik. Menurut satu sumber, pistol mitraliur ini telah diproduksi sekitar 10.000 pucuk.

Demikianlah artikel tentang Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP 3008, Simbol Keputusasaan Jerman Menjelang Kekalahan (Bagian Pertama). Artikel ini bersambung ke bagian kedua dengan judul “Pistol Mitraliur/Submachine Gun MP 3008, Simbol Keputusasaan Jerman Menjelang Kekalahan (Bagian Kedua)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
1. World War II Weapon
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Jerman
#Pistol_Mitraliur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar