Rabu, 11 September 2024

Pesawat Tempur F-82 (P-82) "Twin Mustang", Pesawat Tempur Kembar yang Mematikan (Bagian Ketiga)


Pesawat Tempur Propeller F-82 (P-82) "Twin Mustang"
militerbanget.blogspot.com

Beraban, Tabanan, Bali, Rabu, 11 September 2024

Pesawat tempur era setelah Perang Dunia II ini memang punya tampilan yang tak lazim. Bayangkan dua pesawat yang digabung menjadi satu sehingga seakan-akan seperti "kembar". Perancang pesawat ini memang bertujuan untuk menggabingkan dua badan pesawat ke dalam satu kesatuan untuk memperoleh performa yang maksimal. Dan upaya ini berhasil, pesawat ini memang memiliki performa yang cukup super (untuk ukuran masa itu). Sayangnya, pesawat ini terlahir di era yang tak lagi mendukung model pesawat ini. Pesawat tempur ini masih mengandalkan propeller untuk penggeraknya, sementara pada era itu mesin jet telah mulai menjadi trend untuk dapur pacu pesawat tempur. Alhasil, pesawat ini punya waktu operasional yang singkat karena tergerus jaman. Supaya artikel ini dapat dipahami dengan baik, silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul "Pesawat Tempur F-82 (P-82) "Twin Mustang", Pesawat Tempur Kembar yang Mematikan (Bagian Kedua)", silahkan disimak:

Pesawat Tempur Propeller F-82 (P-82) "Twin Mustang"
militerbanget.blogspot.com

Purwarupa tersebut kemudian diberi nama "XP-82" dan mesin yang dipilih untuk purwarupa ini adalah mesin piston inline seri Packard, yang merupakan versi produksi lisensi dari Rolls-Royce Merlin dari Inggris yang handal. Mesin tersebut terbukti memiliki performa yang hebat dan, dengan dua unit yang digabungkan, menghasilkan daya dua kali lipat. 

Pesawat Tempur Propeller F-82 (P-82) "Twin Mustang"
militerbanget.blogspot.com

Karena setiap unit menggerakkan baling-balingnya sendiri, "torsi" (tarikan atau putaran ke satu arah yang dialami pesawat yang disebabkan oleh rotasi bilah baling-baling yang berputar) dinetralkan dengan mengatur baling-baling lainnya untuk berputar ke arah yang berlawanan. Setiap mesin akan menggerakkan baling-baling berbilah empat.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Latih/Pembom Ringan/Serang BAC Strikemaster)

Pesawat Tempur Propeller F-82 (P-82) "Twin Mustang"
militerbanget.blogspot.com

XP-82 juga mengadopsi sejumlah modernisasi dibandingkan dengan pesawat P-51 versi orisinil (Versi yang berbadan tunggal). Setiap badan pesawat diperpanjang 57 inci di belakang intake udara, strake ditambahkan di sepanjang alur ventral dan kedua ekor dimensinya ditambah. Bagian bawah pesawat juga mengalami perubahan untuk dapat mengadopsi perubahan titik gaya berat yang berubah. Roda pendaratan utama yang semula berada di sayap dipindahkan posisinya ke bawah setiap nacelle badan pesawat (pada titik di mana elemen sayap bertemu dengan badan pesawat).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Perusak / Tank Destroyer ASU-57)

Pesawat Tempur Propeller F-82 (P-82) "Twin Mustang"
militerbanget.blogspot.com

Pada saat terbang, roda pendarat utama tidak dilipat ke dalam sayap melainkan ke dalam garis Tengah badan pesawat sehingga sayap bagian bawah menjadi bersih dan dapat meningkatkan manuver. Pada setiap empennage diberi roda kendali pendarat tunnggal yang berdimensi kecil. Konfigurasi ini memberikan tampilan "hidung mendongak ke atas" yang khas P-51 pada saat pesawat dalam keadaan mendarat atau parkir. Bersama dengan bagian tengah sayap utama yang menghubungkan kedua badan pesawat, stabilizer horizontal baru dibuat dan ditambahkan di antara kedua ekor untuk melengkapi tampilan XP-82. Bagian luar dari bentang sayap utama diberi pylon untuk menggantungkan persenjataan dan bahan bakar serta disematkan fitur teknologi anti es pada sayap.

Demikianlah artikel tentang Pesawat Tempur F-82 (P-82) "Twin Mustang", Pesawat Tempur Kembar yang Mematikan (Bagian Ketiga). Artikel ini bersambung ke bagian keempat dengan judul “Pesawat Tempur F-82 (P-82) "Twin Mustang", Pesawat Tempur Kembar yang Mematikan (Bagian Keempat)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. World War II Warplane
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Amerika_Serikat
#Pesawat
#Pesawat_Tempur_Propeller

Tidak ada komentar:

Posting Komentar