Kamis, 12 September 2024

Pesawat Tempur F-82 (P-82) "Twin Mustang", Pesawat Tempur Kembar yang Mematikan (Bagian Keempat)


Pesawat Tempur Propeller F-82 (P-82) "Twin Mustang"
militerbanget.blogspot.com

Beraban, Tabanan, Bali, Kamis, 12 September 2024

Pesawat tempur era setelah Perang Dunia II ini memang punya tampilan yang tak lazim. Bayangkan dua pesawat yang digabung menjadi satu sehingga seakan-akan seperti "kembar". Perancang pesawat ini memang bertujuan untuk menggabingkan dua badan pesawat ke dalam satu kesatuan untuk memperoleh performa yang maksimal. Dan upaya ini berhasil, pesawat ini memang memiliki performa yang cukup super (untuk ukuran masa itu). Sayangnya, pesawat ini terlahir di era yang tak lagi mendukung model pesawat ini. Pesawat tempur ini masih mengandalkan propeller untuk penggeraknya, sementara pada era itu mesin jet telah mulai menjadi trend untuk dapur pacu pesawat tempur. Alhasil, pesawat ini punya waktu operasional yang singkat karena tergerus jaman. Supaya artikel ini dapat dipahami dengan baik, silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul "Pesawat Tempur F-82 (P-82) "Twin Mustang", Pesawat Tempur Kembar yang Mematikan (Bagian Ketiga)", silahkan disimak:

Pesawat Tempur Propeller F-82 (P-82) "Twin Mustang"
militerbanget.blogspot.com

Dalam hal persenjataan standar, perancang pesawat ini untuk memusatkan 6 senapan mesin berat Browning kaliber 0,50 di sepanjang rentang sayap tengah yang menyatu. Pesawat tempur P-51 original dilengkapi dengan tiga senapan mesin tersebut pada tepi depan setiap sayap. Pada XP-82, konfigurasi ini diganti Dimana tiga pucuk senapan pada sayap dilepas dan enam pucuk senapan mesin kaliber yang sama ditempatkan pada sayap penyatu di bagian tengah. Pada sayap tersebut juga ditambahkan pylon untuk penempatan berbagai senjata dan juga bahan bakar eksternal.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Perusak / Tank Destroyer ASU-57)

Pesawat Tempur Propeller F-82 (P-82) "Twin Mustang"
militerbanget.blogspot.com

Pada bulan Maret 1944, USAAF memberikan kontrak produksi resmi kepada North American yang di dalamnya juga berisi pengadaan model "P-82B". Pada varian ini sedikit berbeda dengan purwarupanya karena pada varian ini terdapat tambahan pod senapan pada sayap tengah yang berisi 8 pucuk senapan mesin berat kaliber 0,50. Selain itu, empat hardpoint atau pylon di bawah sayap dirancang untuk dapat membawa persenjataan atau persediaan bahan bakar. 

Pesawat Tempur Propeller F-82 (P-82) "Twin Mustang"
militerbanget.blogspot.com

Daya tembak dari pesawat varian P-82B sangat besar, berjumlah tidak kurang dari empat belas pucuk senapan mesin dengan kemampuan membawa 4 x 1.000 pon muatan (bom) ke target darat. Konfigurasi ini bisa ditambah dengan 10 x 5" HVAR (High Velocity Aircraft Rocket) roket udara ke permukaan berdaya ledak tinggi dapat digunakan untuk serangan darat. Kemampuan membawa persenjataan konvensional mencapai total 4.000 pon (sekitar 1.850 kg)perbekalan eksternal. Karena daya mematikan yang sangat besar, USAAF kemudian memesan 500 unit roket jenis itu saat perang masih berkecamuk.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: PISTOL MITRALIUR/SUBMACHINE GUN SR-2 Veresk)

Pesawat Tempur Propeller F-82 (P-82) "Twin Mustang"
militerbanget.blogspot.com

Dapur pacu untuk pesawat F-82B disuplai melalui 2 x mesin piston inline Packard V-1650 yang masing-masing menghasilkan daya sebesar 1.380 tenaga kuda. Kecepatan maksimum pesawat ini adalah 482 mil per jam (setara dengan 775 km/jam) dengan kecepatan jelajah ekonomis 280 mil per jam (450 km/jam). Jarak jelajah maksimumnya adalah 2.200 mil (sekitar 3.850 km) yang dapat ditambah dengan tambahan bahan bakar eksternal, sementara elevasi operasional maksimum adalah 39.000 kaki (sekitar 12.000 meter).

Demikianlah artikel tentang Pesawat Tempur F-82 (P-82) "Twin Mustang", Pesawat Tempur Kembar yang Mematikan (Bagian Keempat). Artikel ini bersambung ke bagian kelima dengan judul “Pesawat Tempur F-82 (P-82) "Twin Mustang", Pesawat Tempur Kembar yang Mematikan (Bagian Kelima)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. World War II Warplane
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Amerika_Serikat
#Pesawat
#Pesawat_Tempur_Propeller

Tidak ada komentar:

Posting Komentar