Senin, 09 September 2024

Pesawat Tempur F-82 (P-82) "Twin Mustang", Pesawat Tempur Kembar yang Mematikan (Bagian Kedua)


Pesawat Tempur Propeller F-82 (P-82) "Twin Mustang"
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Senin, 9 September 2024

Pesawat tempur era setelah Perang Dunia II ini memang punya tampilan yang tak lazim. Bayangkan dua pesawat yang digabung menjadi satu sehingga seakan-akan seperti "kembar". Perancang pesawat ini memang bertujuan untuk menggabingkan dua badan pesawat ke dalam satu kesatuan untuk memperoleh performa yang maksimal. Dan upaya ini berhasil, pesawat ini memang memiliki performa yang cukup super (untuk ukuran masa itu). Sayangnya, pesawat ini terlahir di era yang tak lagi mendukung model pesawat ini. Pesawat tempur ini masih mengandalkan propeller untuk penggeraknya, sementara pada era itu mesin jet telah mulai menjadi trend untuk dapur pacu pesawat tempur. Alhasil, pesawat ini punya waktu operasional yang singkat karena tergerus jaman. Supaya artikel ini dapat dipahami dengan baik, silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul "Pesawat Tempur F-82 (P-82) "Twin Mustang", Pesawat Tempur Kembar yang Mematikan (Bagian Pertama)", silahkan disimak:

Pesawat Tempur Propeller F-82 (P-82) "Twin Mustang"
militerbanget.blogspot.com

Salah satu tantangan unik yang dihadapi para ahli strategi perang Amerika adalah jangkauan yang dibutuhkan untuk mendukung manuver pasukan di darat, laut, dan udara. Sementara pesawat pembom Boeing B-29 dijadwalkan untuk mengebom target yang jauh (termasuk Jepang), pesawat ini membutuhkan pengawalan pesawat tempur yang memiliki kemampuan radius tempur jarak jauh yang serupa. Radius tempur jarak jauh pada pesawat membutuhkan persediaan bahan bakar yang cukup dan beberapa awak untuk berbagi beban kerja. 

Pesawat Tempur Propeller F-82 (P-82) "Twin Mustang"
militerbanget.blogspot.com

Pada tahun 1943, North American Aviation mulai mengembangkan calon pesawat tempur untuk peran pengawalan jarak jauh, dengan mengambil pesawat tempur P-51 Mustang sebagai titik awal. Pesawat ini dipilih karena terbukti memiliki performa tempur yang tinggi serta radius tempur yang cukup jauh.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Ringan / Light Tank M1931 Christie)

Pesawat Tempur Propeller F-82 (P-82) "Twin Mustang"
militerbanget.blogspot.com

Para ahli tersebut beranggapan bahwa kualitas dari P-51 sebagian besar dapat dipertahankan meskipun pesawat ini dimodifikasi dengan cara menggabungkan dua unit P-51 menjadi satu unit. Modifikasi tampaknya relatif kecil tetapi terbukti modifikasi ini cukup besar hingga twin mustang yang dihasilkan dianggap sebagai pesawat yang sama sekali baru. 

Pesawat Tempur Propeller F-82 (P-82) "Twin Mustang"
militerbanget.blogspot.com

Modifikasi ini diantaranya penggabungan permukaan sayap bagian dalam (rentang utama dan ekor), pemusatan persenjataan di bagian tengah, penempatan serta konfigurasi roda pendaratan baru, dan kokpit yang diubah dengan kontrol dan sistem penerbangan ganda. Pilot utama akan duduk di kokpit pesawat sebelah kiri dengan navigator/kopilot di kokpit pesawat sebelah kanan, sehingga beban kerja secara teori dibagi antara kedua orang tersebut. Penggunaan dua mesin memastikan keamanan jika salah satu mesin mengalami kegagalan di perairan Pasifik yang tak bersahabat.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Latih/Pembom Ringan/Serang BAC Strikemaster)

Dari pemikiran ini lahirlah proposal North American NA-120 yang kemudian disetujui oleh Angkatan Udara Amerika Serikat (USAAF) pada tanggal 7 Januari 1944, yang menghasilkan dua purwarupa (s/n 44-83886 dan MX-485) yang mana kedua purwarupa tersebut dibuat untuk menguji kelayakan proyek tersebut. Pekerja North American menamai konsep unik mereka sebagai "Twin".

Demikianlah artikel tentang Pesawat Tempur F-82 (P-82) "Twin Mustang", Pesawat Tempur Kembar yang Mematikan (Bagian Kedua). Artikel ini bersambung ke bagian ketiga dengan judul “Pesawat Tempur F-82 (P-82) "Twin Mustang", Pesawat Tempur Kembar yang Mematikan (Bagian Ketiga)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
1. World War II Warplane
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Amerika_Serikat
#Pesawat
#Pesawat_Tempur_Propeller

Tidak ada komentar:

Posting Komentar