Jumat, 20 September 2024

FV4005 - Tank Perusak Raksasa yang Harus Menyerah Oleh Jaman (Bagian Ketiga)


Tank Perusak/Tank Destroyer FV4005
militerbanget.blogspot.com

Beraban, Tabanan, Bali, Jum'at, 20 September 2024

Tank perusak (tank destroyer) ini memang sangat istimewa. Keistimewaannya berasal dari dimensi alutsista ini yang tidak main-main besarnya, serta persenjataan yang diusung juga sangat masif dan sangat mematikan. Walaupun sekilas alutsista ini terlihat sangat potensial, kenyataannya berkata lain. Secara singkat, alutsista ini lahir terlambat dan dalam kondisi jaman yang berbeda, dimana alutsista penghancur tank tak lagi harus menggunakan proyektil yang besar, melainkan lebih efektif jika menggunakan roket. Supaya artikel ini dapat mudah dipahami, silahkan baca bagian sebelumnya dengan judul: "FV4005 - Tank Perusak Raksasa yang Harus Menyerah Oleh Jaman (Bagian Kedua)", dan ini adalah artikel kelanjutannya:

Tank Perusak/Tank Destroyer FV4005
militerbanget.blogspot.com

Pada body yang ke 2, dilengkapi dengan kruk tripod gun di pelat glacis depan untuk menopang laras pada ketinggian 2° pada saat kendaraan sedang bergerak, dan penyangga penahan recoil yang mirip dengan bilah dozer pada bagian belakang bawah kendaraan. Penyangga atau penahan ini akan diturunkan dan ditancapkan ke dalam tanah sebelum meriam ditembakkan, membantu mengurangi proporsi gaya mundur (recoil) sebesar 87 ton yang bekerja pada kendaraan dan komponennya setiap kali senjata ditembakkan (yang otomatis mendongkrak tingkat akurasinya). Walaupun tampaknya fitur ini adalah fitur yang bagus, tetapi penerapan fitur penyangga pada artileri anti tank bukanlah hal yang umum, karena mobilisasi kendaraan ini akan menurun drastic apabila fitur ini digunakan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tiltrotor Bell Boeing V-22 Osprey)

Tank Perusak/Tank Destroyer FV4005
militerbanget.blogspot.com

FV4005 Tahap 2

Kendaraan Tahap 2 lebih mendekati konfigurasi definitive produksi akhir FV4005. Perubahan yang paling jelas adalah turet yang tertutup sepenuhnya (tidak lagi semi terbuka seperti pada versi sebelumnya), diproteksi oleh lapis baja setebal 14 mm, namun meriam yang dipasang di dalamnya juga memiliki beberapa perbedaan yang signifikan. Meriam yang dipasang pada purwarupa ini memiliki rentang gerak yang sama dengan Tahap 1, tetapi fitur otomatic loader telah dihapus, dan ada penambahan kru untuk bongkar muat amunisi, yang masing-masing dikhususkan untuk memuat proyektil atau propelan.

Tank Perusak/Tank Destroyer FV4005
militerbanget.blogspot.com

Kendaraan ini memiliki ruang penyimpanan amunisi internal yang dapat menampung 12 proyektil ditambah dengan propelan yang jumlahnya sama. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan sistem rel dan derek di dek mesin untuk memungkinkan pengisian ulang yang cepat dari truk logistik yang diparkir di belakang kendaraan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat Cobb FA50(T)/FA50(T) Carbine)

Tank Perusak/Tank Destroyer FV4005
militerbanget.blogspot.com

Uji coba penembakan dilakukan pada tahun 1955. Sebanyak 150 peluru ditembakkan dengan hasil yang 'memuaskan' (angka perkenaan lebih dari 75% pada target), meskipun memiliki batasan busur penembakan yang sama seperti Tahap 1. Sistem rekoil konsentris pada Tahap 1 mengalami beberapa masalah selama uji coba penembakannya. Tahap 2 menggunakan silinder rekoil hidropneumatik konvensional yang dipasang di atas senjata, dan ini terbukti jauh lebih andal.

Demikianlah artikel tentang FV4005 - Tank Perusak Raksasa yang Harus Menyerah Oleh Jaman (Bagian Ketiga). Artikel ini bersambung ke bagian keempat dengan judul “FV4005 - Tank Perusak Raksasa yang Harus Menyerah Oleh Jaman (Bagian keempat)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
1. World of Tank
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Inggris
#Tank_Perusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar