Rabu, 18 September 2024

FV4005 - Tank Perusak Raksasa yang Harus Menyerah Oleh Jaman (Bagian Kedua)


Tank Perusak/Tank Destroyer FV4005
militerbanget.blogspot.com

Beraban, Tabanan, Bali, Rabu, 18 September 2024

Tank perusak (tank destroyer) ini memang sangat istimewa. Keistimewaannya berasal dari dimensi alutsista ini yang tidak main-main besarnya, serta persenjataan yang diusung juga sangat masif dan sangat mematikan. Walaupun sekilas alutsista ini terlihat sangat potensial, kenyataannya berkata lain. Secara singkat, alutsista ini lahir terlambat dan dalam kondisi jaman yang berbeda, dimana alutsista penghancur tank tak lagi harus menggunakan proyektil yang besar, melainkan lebih efektif jika menggunakan roket. Supaya artikel ini dapat mudah dipahami, silahkan baca bagian sebelumnya dengan judul: "FV4005 - Tank Perusak Raksasa yang Harus Menyerah Oleh Jaman (Bagian Pertama)", dan ini adalah artikel kelanjutannya:

Tank Perusak/Tank Destroyer FV4005
militerbanget.blogspot.com

Amunisi untuk meriam ini sangat besar dan juga berat sehingga harus diisi sebagai proyektil dan propelan yang terpisah. Proyektil itu sendiri berbobot sekitar 145 pon (65,8 kg) dan panjang 29 ¾” (76 cm). Wadah yang berisi propelan tersebut menambah berat 67,75 pon (30,7 kg) dan 26,85” (68 cm). Pada saat ditembakkan, V’o meninggalkan laras mencapai kecepatan 2500 fps (762 m/s).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Helikopter Multiperan/Serbaguna UH-1H Iroquois “Huey” Helicopter)

Tank Perusak/Tank Destroyer FV4005
militerbanget.blogspot.com

Persyaratan untuk FV4005 ini dikeluarkan pada bulan November 1950 dan harus dipenuhi dalam dua tahap. Tahap 1 dideskripsikan sebagai 'hanya eksperimental, dimaksudkan untuk menguji mengenai kapabilitas dan kompatibilitas kendaraan jenis ini sebagai platform penembakan dan untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan penanganan amunisi berat. 'Produksi kecil' kemudian direncanakan pada kendaraan Tahap 2 untuk uji secara lapangan (field test). Satu turret untuk Tahap 1 dan dua turret untuk tahap 2 dipesan dari Vickers untuk dipasang pada tiga body tank Centurion Mark 3 yang proses penggabungannya atau pemasangan turetnya dilakukan oleh Angkatan Darat.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tiltrotor Bell Boeing V-22 Osprey)

Tank Perusak/Tank Destroyer FV4005
militerbanget.blogspot.com

FV4005 Tahap 1

Pemasangan meriam yang dipasang pada FV4005 Tahap 1 ternyata mendapatkan hasil yang cukup baik, dimana senjata utama (meriam) dapat berputar sampai 360°. Tetapi karena meriam ini sangat massif, pada saat menembak meriam ini akan menghasilkan recoil yang sangat besar sehingga penembakan hanya dapat dilakukan dengan aman dalam jarak terbatas ke depan. Menurut cetak biru yang masih ada, sudut laras meriam itu dapat dinaikkan dan diturunkan antara -5° dan +10°. Pada versi ini juga dilengkapi dengan fitur untuk membantu pemuatan amunisi (loader), Fitur ini secara otomatis memasukkan proyektil dan propelan ke dalam meriam sekaligus menguncinya. Senjata ini dilengkapi dengan sistem recoil konsentris di sekitar ujung belakang laras, yang membutuhkan lebih sedikit ruang dibandingkan sistem recoil konvensional.

Demikianlah artikel tentang FV4005 - Tank Perusak Raksasa yang Harus Menyerah Oleh Jaman (Bagian Kedua). Artikel ini bersambung ke bagian ketiga dengan judul “FV4005 - Tank Perusak Raksasa yang Harus Menyerah Oleh Jaman (Bagian ketiga)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. World of Tank
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Inggris
#Tank_Perusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar