Senin, 16 September 2024

FV4005 - Tank Perusak Raksasa yang Harus Menyerah Oleh Jaman (Bagian Pertama)


Tank Perusak/Tank Destroyer FV4005
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Senin, 16 September 2024

Tank perusak (tank destroyer) ini kalau dilihat secara sepintas akan tampak membingungkan bagi siapapun untuk mengklasifikasikannya. Kalau boleh jujur, alutsista ini seharusnya diklasifikasikan dalam kelas artileri swagerak ketimbang tank perusak. Tetapi kalau disimak latar belakang perancangannya, alutsista ini memang sejatinya adalah tank perusak karena dirancang secara khusus untuk melahap barisan lapis baja milik lawan, dan berikut ini adalah penuturan singkatnya:

Tank Perusak/Tank Destroyer FV4005
militerbanget.blogspot.com

Tank perusak FV4005 memiliki senjata utama yang hampir dipastikan sebagai senjata terbesar yang pernah dipasang pada body tank. Senjata ini menandai titik puncak perlombaan sepanjang sejarah pertempuran lapis baja untuk membuat senjata yang lebih besar dan lebih besar lagi yang dapat melumat kendaraan lapis baja lawan yang memiliki proteksi yang lebih tebal pada jarak tembak yang lebih jauh. Setelah titik ini, munculnya rudal berpemandu dan amunisi senjata yang lebih canggih akan memungkinkan peningkatan ini terus-menerus, tetapi dengan ukuran dan berat yang jauh lebih masuk akal.


Tank Perusak/Tank Destroyer FV4005
militerbanget.blogspot.com

Alutsista ini mulai dirancang pada akhir tahun 1940-an. Berawal dari Angkatan Darat Inggris yang menyadari bahwa mereka memerlukan alutsista (dalam hal ini adalah tank perusak atau tank destroyer) yang dapat menghancurkan tank-tank berat Uni Soviet yang baru seperti IS-3 dan calon penggantinya dengan andal, jauh di luar jangkauan tembakan balasan mereka, tetapi mereka tidak memiliki senjata yang dapat melakukan hal ini, untuk itu mereka memulai sebuah proyek untuk mengembangkannya.

Tank Perusak/Tank Destroyer FV4005
militerbanget.blogspot.com

Tujuannya adalah untuk memasang senjata yang dihasilkan pada kendaraan baru yang dirancang khusus, Heavy Gun Tank Number 2, atau FV215 (beberapa sumber menyebut Heavy Anti Tank Gun SP No.2). Ada kekhawatiran bahwa Perang Dingin yang baru lahir dapat memanas sebelum jumlah persenjataan dari blok barat siap, jadi solusi sementara juga harus dikembangkan menggunakan body tank Centurion yang pada saat itu sedang diproduksi. Tank perusak ini diberi nama Heavy Gun Tank Number 1, atau FV4005.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Helikopter Multiperan/Serbaguna UH-1H Iroquois “Huey” Helicopter)

Tank Perusak/Tank Destroyer FV4005
militerbanget.blogspot.com

Meriam Kaliber 183mm, L4A1

Persyaratan untuk senjata baru tersebut adalah amunisinya mampu menembus pelat baja setebal 152 mm (6 inci) yang terpasang miring pada sudut 60° pada jarak tembak 2000 yard (sekitar 1850 meter). Daya penetrasi sekuat ini melampaui performa semua senjata yang ada pada saat itu. Tujuannya adalah agar peluru tersebut cukup kuat untuk menghancurkan atau paling tidak melumpuhkan kendaraan lapis baja lawan melalui impact proyektil (atau efek blast), walaupun jika kendaraan tersebut tidak hancur secara fisik. Senjata (atau Meriam) tersebut diberi nama L4A1, dan kaliber yang ditetapkan adalah 183 mm, atau 7,2”. Meriam tersebut dirancang untuk menembakkan amunisi jenis High Explosive Squash Head (HESH).

Demikianlah artikel tentang FV4005 - Tank Perusak Raksasa yang Harus Menyerah Oleh Jaman (Bagian Pertama). Artikel ini bersambung ke bagian kedua dengan judul “FV4005 - Tank Perusak Raksasa yang Harus Menyerah Oleh Jaman (Bagian Kedua)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. World of Tank
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Inggris
#Tank_Perusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar