Sabtu, 21 September 2024

FV4005 - Tank Perusak Raksasa yang Harus Menyerah Oleh Jaman (Bagian Keempat)


Tank Perusak/Tank Destroyer FV4005
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Sabtu, 21 September 2024

Tank perusak (tank destroyer) ini memang sangat istimewa. Keistimewaannya berasal dari dimensi alutsista ini yang tidak main-main besarnya, serta persenjataan yang diusung juga sangat masif dan sangat mematikan. Walaupun sekilas alutsista ini terlihat sangat potensial, kenyataannya berkata lain. Secara singkat, alutsista ini lahir terlambat dan dalam kondisi jaman yang berbeda, dimana alutsista penghancur tank tak lagi harus menggunakan proyektil yang besar, melainkan lebih efektif jika menggunakan roket. Supaya artikel ini dapat mudah dipahami, silahkan baca bagian sebelumnya dengan judul: "FV4005 - Tank Perusak Raksasa yang Harus Menyerah Oleh Jaman (Bagian Ketiga)", dan ini adalah artikel kelanjutannya:

Tank Perusak/Tank Destroyer FV4005
militerbanget.blogspot.com

Takdir yang Menyedihkan

Seperti telah dipaparkan sebelumnya, walaupun sepintas alutsista ini menawarkan potensi yang tinggi, tetapi arus modernisasi alutsista ternyata berkata lain. Teknologi penghancur tank yang dipadukan dengan roket ternyata jauh lebih menjanjikan ketimbang alutsista seperti ini. Akhirnya proyek ini dibatalkan pada bulan Agustus 1957, bersamaan dengan FV215. Meskipun daya tembak senjata itu sangat besar, karena dimensinya yang besar dan kecepatan proyektil yang relatif rendah, senjata itu rentan terhadap perubahan arah akibat terpaan angin. Hal ini mengurangi akurasi praktis senjata itu pada jarak tembak efektif maksimumnya yaitu 2000 m ke tingkat yang lebih rendah lagi sehingga mengurangi efektifitasnya. Laju tembakannya juga terlalu rendah, hanya 2 peluru per menit.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat Cobb FA50(T)/FA50(T) Carbine)

Tank Perusak/Tank Destroyer FV4005
militerbanget.blogspot.com

Keputusan diambil bahwa kemampuan antitank jarak jauh di masa mendatang akan digantikan oleh rudal. Rudal pertama yang mulai beroperasi, Malkara, memiliki berat sudut hulu ledak dan setengah kecepatan peluru 183 mm, tetapi jarak tembak efektifnya dua kali lipat dan Tingkat akurasinya juga jauh lebih tinggi. Selain itu, rudal ini dapat ditembakkan dari kendaraan roda kecil dan ringan sehingga nilai mobilitasnya sangat tinggi.

Tank Perusak/Tank Destroyer FV4005
militerbanget.blogspot.com

Pada saat proyek ini ditutup, tiga purwarupa yang ada kemudian dibongkar. Tiga body dari tank Centurion kemudian dikembalikan ke Angkatan Darat, dan turetnya didistribusikan ke tempat-tempat percobaan. Turet Tahap 2 yang kemudian disimpan di Museum Tank dikirim tahun 1970 dari Royal Military College of Science.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tempur Multi Peran Yakovlev Yak-141)

Pada tahun 2007, sekelompok sukarelawan memperjuangkan eksistensi alutsista ini, dan usaha mereka berhasil. Tak lama kemudian, turret ini dipasang pada body tank Mark 12 Centurion yang representatif dan dipajang di pintu keluar Museum sebagai artefak musem yang sangat berguna untuk sarana pembelanjaran generasi selanjutnya.

Tank Perusak/Tank Destroyer FV4005
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Perusak/Tank Destroyer FV4005 Tahap 2


Dimensi

Panjang: 7.82 meter (Panjang body tanpa senjata)
Lebar: 3.39 meter
Tinggi: 3.6 meter
(25’7″ x 11’1″ x 11’8”)

Bobot (Tanpa Meriam): 50 ton
Awak: 5 orang (driver, gunner, commander, x2 loaders)
Mesin: Rolls-Royce Meteor; 5-speed Merrit-Brown Z51R Mk.F gearbox 650 hp (480 kW), later BL 60, 695 bhp
Kecepatan (pada medan jalan raya): Sekitar 30 km/h (19 mph)
Persenjataan: Meriam QF 183 mm (7.2 in) L4 Tank Gun
Armor: 76mm @ 60ยบ upper glacis. Turret, 14mm all over.

Demikianlah artikel tentang FV4005 - Tank Perusak Raksasa yang Harus Menyerah Oleh Jaman (Bagian Keempat), semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
1. World of Tank
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Inggris
#Tank_Perusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar