Rabu, 04 Juli 2018

Helikopter Multiperan / Multipurpose Helicopter – MBB EUROCOPTER BO 105


Helikopter Multiperan/Multipurpose Helicopter
MBB EUROCOPTER BO 105
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Rabu, 4 Juli 2018

Masih dalam artikel yang mengulas tentang berbagai hal yang menyangkut militer. Artikel kali ini, kita akan mengulas tentang satu helikopter besutan dari Jerman, yang memang sudah kesohor akan kehebatannya. Kalau sebelumnya yang dibahas adalah seri alat perang, seperti PzKpfw II, PzKpfw III, PzKpfw IV, PzKpfw V, atau seri pesawat tempur seperti Me-262, Bf-109, dan lain sebagainya, kali ini yang akan kita bahas adalah 'helikopter'. 

Helikopter Multiperan/Multipurpose Helicopter
MBB EUROCOPTER BO 105
militerbanget.blogspot.com

Bagi para penikmat dan pecinta dunia dirgantara, saya rasa tak akan asing dengan helikopter yang satu ini. Selain “species” nya sangat banyak, di Indonesia, 3 Matra atau Angkatan dalam TNI (Tentara Nasional Indonesia) dan Kepolisian juga menggunakan helikopter ini. Belum lagi badan-badan lain selain yang disebutkan barusan. Salah satu contoh: Basarnas, juga menggunakan helikopter ini.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Berat / Heavy Tank - A43 INFANTRY TANK BLACK PRINCE)

Helikopter Multiperan/Multipurpose Helicopter
MBB EUROCOPTER BO 105
militerbanget.blogspot.com

Ada berbagai alasan yang mendasari banyaknya operator yang menggunakan helikopter ini. Selain karena memang Indonesia memproduksi helikopter ini dibawah lisensi, tentunya karena helikopter ini terbilang cukup handal, dan dapat dirubah atau modifikasi untuk berbagai peran dan keperluan, mulai dari helikopter sipil, helikopter militer (serang, patroli, transport bersenjata, dan beberapa varian lain), medis, patroli perairan, SAR, dan lain sebagainya. Dari berbagai kelebihan tersebut, tak salah kiranya kalau helikopter ini termasuk salah satu helikopter yang populasinya terbilang besar di Indonesia.

Helikopter Multiperan/Multipurpose Helicopter
MBB EUROCOPTER BO 105
militerbanget.blogspot.com

Bo 105 adalah helikopter multifungsi bermesin ganda yang ringan yang dirancang dan dikembangkan oleh pabrikan Bolkow di Jerman. Helikopter tipe ini dibuat oleh Messerschmitt-Bolkow-Blohm (MBB) hingga tahun 1991, ketika MBB menjadi bagian dari Eurocopter.

Helikopter Multiperan/Multipurpose Helicopter
MBB EUROCOPTER BO 105
militerbanget.blogspot.com

Produksi Bo 105 berlanjut hingga tahun 2001, dimana lebih dari 1500 versi militer dan sipil dari tipe ini mulai diproduksi. Tipe ini dilengkapi dengan sistem rigid-rotor (dirancang bersama-sama dengan Aerospatiale) dan dua mesin turboshaft, yang memungkinkan Bo 105 sangat mudah bermanuver dan aerobatik. Kokpitnya didesain untuk memberikan kru pandangan yang baik berkat kaca depan yang besar. Bo 105 juga dapat beroperasi dalam segala kondisi cuaca.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun PM-63 RAK)

Helikopter Multiperan/Multipurpose Helicopter
MBB EUROCOPTER BO 105
militerbanget.blogspot.com

Pembuatan rancang bangun dari tipe ini dimulai pada tahun 1962 dan purwarupanya, yang ditenagai oleh mesin turboshaft milik Allison, terbang perdana pada 16 Februari 1967, dipiloti oleh pilot test MBB, Wilffried Von Engelhardt. Sertifikasi sipil untuk tipe ini diberikan pada tahun 1970, sehingga mulai diproduksi untuk operator penegakan hukum dan layanan publik di Jerman, serta untuk pembeli dari luar negeri.

Versi Bo 105C dari tipe ini dikembangkan selama tahun 1972, dan menteri pertahanan di Jerman Barat (waktu itu, sebelum unifikasi) memilih tipe ini untuk program pengadaan helikopter ringan dan memesan 100 unit pada tahun 1977.

Helikopter Multiperan/Multipurpose Helicopter
MBB EUROCOPTER BO 105
militerbanget.blogspot.com

Militer Jerman juga mengadopsi 212 unit BO-105 PAH-1, yaitu versi anti tank yang dipersenjatai dengan enam misil HOT, sistem misil anti-tank jarak jauh generasi kedua.

Penglihatan inframerah untuk sistemnya yang berada di atas kokpit, tepat di atas pilot, membuat kru dapat melihat target sasaran saat gelap atau malam hari dan dalam segala kondisi cuaca, bahkan saat helikopter melayang di belakang bukit.

The German Army Aviation Corps (Heeresfliegertruppe) adalah pengguna terbesar dari tipe ini, dengan total sebanyak 300 unit yang dipakai. Tipe ini juga digunakan untuk saat pengamatan dan pengangkutan. Kargo yang besar dapat diangkut dengan cara dikaitkan dengan pengait (hook) yang tersedia di bagian bawah badan heli. Muatan itu juga dapat dengan mudah dilepaskan dengan moda pelepasan darurat yang dikendalikan dari kokpit.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Berat / Heavy Tank PzKpfw VI Ausf B Tiger 2)

Helikopter Multiperan/Multipurpose Helicopter
MBB EUROCOPTER BO 105
militerbanget.blogspot.com

Selain Indonesia, tercatat operator yang menggunakan helikopter ini adalah Albania, Chilli, Kolombia, Irak, Meksiko, Belanda, Filipina, Spanyol, dll. Banyak pengguna dari luar negeri telah memodifikasi/meluncurkan tipe Bo 105 dalam tipe patroli maritim. Untuk peran CASEVAC/MEDEVAC, helikopter dapat memuat dua tandu/usungan di belakang kru. Pintu clamshell/kerang di sisi badan memberikan akses ke tempat penyimpanan kargo.

Versi sipil dari BO 105 telah digunakan untuk banyak peran, seperti SAR, penegakan hukum/kepolisian, ambulan, serta penyelamatan di gunung.

NBO-105 

Varian ini diprodusi oleh IPTN (sekarang PT DI) di bawah lisensi dari MBB (sekarang Eurocopter) semenjak 1976; total ada 123 heli jenis ini yang diproduksi di Bandung dan digunakan untuk keperluan dalam negeri dan ekspor (salah satunya ke Yordania). Varian yg diproduksi oleh IPTN adalah NBO-105 CB, NBO-105 CBS (versi yang diperpanjang mulai produksi ke 101 dan seterusnya) dan NBO 105S (versi diperpanjang juga). Dari keseluruhan helikopter, hanya rotor dan transmisi yg disuply oleh Jerman

Helikopter Multiperan/Multipurpose Helicopter
MBB EUROCOPTER BO 105
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Helikopter Multiperan / Multipurpose Helicopter – MBB EUROCOPTER BO 105


Terbang Perdana: 16 Februari 1967
Kru: 2 Orang
Bobot: 1.280 kg (Kosong)
MTOW: 2.450 kg

Dimensi 

Diameter rotor: 9,84 m 
Panjang: 11,86 m
Tinggi: 3,00 m

Persenjataan

Senjata utama: Senapan mesin 12,7mm, Pod peluncur roket, Kanon pod, pelontar granat, bom, roket anti tank, dll.

Mesin: 2 X Allison 250-C20B turboshaft

Helikopter Multiperan/Multipurpose Helicopter
MBB EUROCOPTER BO 105
militerbanget.blogspot.com

Performa  

Kecepatan maksimum: 242 km/jam
Elevasi operasional maksimum: 5.185 m
Jarak jelajah maksimum: 585 km

Demikianlah artikel tentang Helikopter Multiperan / Multipurpose Helicopter – MBB EUROCOPTER BO 105, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

https://id.wikipedia.org
ENSIKLOPEDIA DUNIA “HELIKOPTER MILITER” – FRANCIS CROSSBY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com


Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar