Selasa, 03 September 2024

Tank Perusak Jagdpanzer IV, Penghancur Tank Andalan Jerman Saat Perang Dunia II (Bagian Kesepuluh)


Tank Perusak/Tank Destroyer Jagdpanzer IV
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Selasa, 3 September 2024

Tank perusak atau tank destroyer milik Jerman ini memang tidak terlalu terkenal kiprahnya, tidak seperti PzKpfw V (Panther) atau PzKpfw VI (Tiger) yang memang sangat kesohor pada masa itu. Tetapi tidak bisa dipungkiri, kehadiran tank destroyer ini cukup untuk membuat barisan lapis baja pihak lawan pusing tujuh keliling karena keganasannya. Supaya artikel ini dapat dipahami dengan baik, silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul "Tank Perusak Jagdpanzer IV, Penghancur Tank Andalan Jerman Saat Perang Dunia II (Bagian Kesembilan)", silahkan disimak:

Versi Jagdpanzer IV


Panzer IV/70 (V)

Sejak awal, proyek Jagdpanzer IV baru dimaksudkan untuk dipersenjatai dengan meriam 7,5 cm L/70 yang lebih panjang. Karena senjata ini tidak tersedia dalam jumlah yang cukup, hal ini awalnya tidak memungkinkan. Setelah produksi meriam 7,5 cm L/70 meningkat cukup banyak sehingga jumlah yang cukup dapat disisihkan untuk proyek Jagdpanzer IV, pengerjaan Jagdpanzer IV yang disempurnakan yang dipersenjatai dengan meriam ini segera dimulai. Setelah periode modifikasi dan pengujian pada paruh pertama tahun 1944, produksi versi Jagdpanzer IV baru yang dipersenjatai dengan meriam 7,5 cm yang panjang akhirnya dimulai pada bulan November 1944. Kendaraan baru tersebut diberi nama Panzer IV/70 (V) dan, pada saat perang berakhir, kurang dari 1.000 unit telah diproduksi.

Tank Komando Jagdpanzer IV

Sejumlah Jagdpanzer IV yang tidak diketahui dimodifikasi untuk digunakan sebagai Befehlswagen (kendaraan komando). Kendaraan ini memiliki stasiun radio FuG 8 tambahan yang terpasang dan satu anggota awak tambahan. Befehlswagen dapat dengan mudah diidentifikasi oleh antena radio kedua yang terletak di sisi kiri belakang.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Ringan / Light Tank Renault FT-17)

Tank Perusak/Tank Destroyer Jagdpanzer IV
militerbanget.blogspot.com

Catatan Setelah Perang


Suriah

Anehnya, Jagdpanzer IV hanya digunakan dalam pertempuran terbatas setelah Perang Dunia II. Sekitar lima kendaraan diberikan kepada Suriah pada tahun 1950 oleh Prancis, meskipun, tergantung pada sumbernya, ada kemungkinan bahwa Soviet benar-benar memasoknya. Selama pertempuran dengan pasukan Israel pada tahun 1967 selama Perang Enam Hari, satu Jagdpanzer IV hilang ketika terkena tembakan tank. Sisanya ditarik dari garis depan dan mungkin ditempatkan sebagai cadangan atau bahkan disimpan. Jagdpanzer IV ini masih terdaftar dalam inventaris Angkatan Darat Suriah selama tahun 1990-1991. Sayangnya, apa yang terjadi pada mereka saat ini tidak diketahui.

Bulgaria

Karena Bulgaria merupakan bagian dari aliansi Poros selama Perang Dunia II, negara itu dipasok dengan peralatan Jerman, termasuk beberapa StuG III, Panzer III dan IV, dan sejumlah kecil Jagdpanzer IV. Selama Perang Dingin, untuk melindungi perbatasannya dengan Turki, Bulgaria, anggota Blok Timur Komunis, menggunakan kendaraan lapis baja lama yang dipasok Jerman, termasuk Jagdpanzer IV, sebagai bunker statis. Setelah runtuhnya Uni Soviet, kendaraan-kendaraan ini ditinggalkan oleh Angkatan Darat Bulgaria. Kendaraan-kendaraan ini tetap berada di sana hingga tahun 2007, ketika Angkatan Darat Bulgaria melakukan operasi pemulihan yang ekstensif untuk menyelamatkan kendaraan-kendaraan ini. Salah satu kendaraan yang diselamatkan adalah Jagdpanzer IV.

Penerus Jagdpanzer IV?

Bagi Angkatan Darat Jerman Barat yang direorganisasi setelah perang, konsep kendaraan antitank tidak sepenuhnya hilang. Mereka akan mengembangkan dan membangun Kanonenjagdpanzer , yang menurut desainnya sangat mirip dengan Jagdpanzer IV. Meskipun kendaraan semacam itu efektif selama Perang Dunia Kedua, perkembangan teknologi dan pengenalan serta penggunaan roket dan rudal antitank secara luas membuat kendaraan pemburu tank khusus tersebut menjadi usang.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat (Tempur ?) Eksperimental Grumman X-29 Bagian 1)

Tank Perusak/Tank Destroyer Jagdpanzer IV
militerbanget.blogspot.com

Unit yang masih tersisa

Saat ini, beberapa kendaraan telah selamat dari perang di seluruh dunia. Satu Jagdanzer IV dapat ditemukan di Museum Bulgaria di Yambol. Ada tiga unit, termasuk satu dari seri 0, yang terletak di Prancis, di Museum Armor Saumur. Kendaraan seri 0 diberikan kepada Jerman dan saat ini dapat dilihat di Panzermuseum Munster, bersama dengan Jagdpanzer IV lain yang sudah ada di sana. Satu lagi dapat dilihat di Swiss di Panzermuseum Thun. Ada juga satu yang terletak di Suriah.

Demikianlah artikel tentang Tank Perusak Jagdpanzer IV, Penghancur Tank Andalan Jerman Saat Perang Dunia II (Bagian Kesepuluh). Artikel ini bersambung ke bagian kesebelas dengan judul “Tank Perusak Jagdpanzer IV, Penghancur Tank Andalan Jerman Saat Perang Dunia II (Bagian Kesebelas)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. World War II Tank
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Jerman
#Perang_Dunia_II
#Tank_Perusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar