Jumat, 06 September 2024

AKMSU, Senapan Serbu Kompak yang Misterius Dengan Asal Usul Tak Jelas (Bagian Kedua)


Senapan Serbu Kompak AKMSU
militerbanget.blogspot.com

Beraban, Tabanan, Bali, Jum'at, 6 September 2024

Senapan serbu yang satu ini memang cukup unik. Keunikannya bukan berasal dari performanya, melainkan dari asal-usulnya yang seakan penuh kerahasiaan. Walaupun memiliki profil yang mirip dengan seri senapan serbu kalashnikov, senapan serbu yang kompak ini ternyata tak terdeteksi di blok timur. Supaya artikel ini dapat dipahami dengan baik, silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul "AKMSU, Senapan Serbu Kompak yang Misterius Dengan Asal Usul Tak Jelas (Bagian Pertama)", silahkan disimak:

Senapan Serbu Kompak AKMSU
militerbanget.blogspot.com

AKMSU adalah senapan serbu yang mengadopsi system gas operated. Senjata ini menggunakan amunisi standar Soviet kaliber 7,62x39 mm. AKMSU memiliki profil yang ringan dan kompak seperti pistol mitraliur, namun memberikan daya tembak yang jauh lebih mematikan. Dalam jarak dekat senjata ini menghasilkan daya tembak yang sama dengan AK-47 atau senapan serbu AKM. Amunisi 7,62x39 mm-nya mampu menghasilkan tingkat penetrasi yang lebih unggul dibandingkan amunisi pistol mitraliur. Dalam jarak dekat AKMSU dapat dengan mudah menembus rompi pelindung tubuh dalam skala tertentu.

Senjata ini memiliki sejumlah fitur yang tidak biasa, yang tidak umum pada senapan serbu seri AKM. Fitur-fitur tersebut meliputi receiver yang dilengkapi dengan engsel, model tiang pembidik belakang (pisir) yang berbeda dengan seri senapan serbu Kalashnikov, muzzle brake yang tidak biasa, dan sebagainya.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat (Tempur ?) Eksperimental Grumman X-29 Bagian 3)

Senapan Serbu Kompak AKMSU
militerbanget.blogspot.com

Faktanya, AKMSU yang berhasil didapatkan oleh Kementerian Pertahanan Inggris memiliki susunan paku keling yang mirip dengan senapan serbu kompak Tipe 56-1 milik China. Oleh karena itu, muncul teori bahwa AKMSU hanyalah senjata rakitan khusus yang diproduksi di Khyber Pass.

Senjata ini menggunakan magasin standar berkapasitas 30 peluru dari senapan serbu AKM. Senjata ini juga kompatibel dengan magasin kotak berkapasitas 40 peluru dan magasin drum berkapasitas 75 peluru dari senapan mesin ringan RPK.

Senapan Serbu Kompak AKMSU
militerbanget.blogspot.com

Untuk menambah kestabilan pada saat menembak, senjata ini dilengkapi dengan popor logam lipat yang tampilannya mirip dengan popor lipat pada AKMS.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Multirole Helicopter / Helikopter Multi Peran Mil Mi-14)

Tiang bidik depan (pejera) terintegrasi pada tabung penyalur gas. Jarak bidik maksimum berada pada kisaran 400 m. Meskipun memiliki jarak bidik yang cukup jauh, senjata ini ternyata tidak terlalu akurat pada jarak yang sama karena larasnya yang pendek. Menurut data dari uji tembak yang dilakukan di Inggris, jangkauan tembak efektifnya hanya berada di kisaran 150 m.

Demikianlah artikel tentang AKMSU, Senapan Serbu Kompak yang Misterius Dengan Asal Usul Tak Jelas (Bagian Kedua). Artikel ini bersambung ke bagian ketiga dengan judul “AKMSU, Senapan Serbu Kompak yang Misterius Dengan Asal Usul Tak Jelas (Bagian Ketiga)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. Assault Rifle
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Rusia
#Senapan_Serbu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar