Kamis, 05 September 2024

AKMSU, Senapan Serbu Kompak yang Misterius Dengan Asal Usul Tak Jelas (Bagian Pertama)


Senapan Serbu Kompak AKMSU
militerbanget.blogspot.com

Beraban, Tabanan, Bali, Kamis, 5 September 2024

AKMSU adalah versi yang lebih ringkas dari senapan serbu AKMS. Sebutan AKMSU adalah singkatan dari АКМСУ, singkatan dari bahasa Rusia: Автомат Калашникова Mодернизированный Складной Укороченный yang diterjemahkan sebagai Modernized Kalashnikov's Assault Rifle, Foldable, Shortened. Senjata jenis ini biasanya digunakan oleh awak kendaraan dan awak artileri, personel staf, pasukan khusus, pasukan lintas udara dan unit lain yang biasanya menggunakan pistol mitraliur ketimbang senapan serbu yang memang memiliki dimensi yang cukup besar.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat (Tempur ?) Eksperimental Grumman X-29 Bagian 2)

Senapan Serbu Kompak AKMSU
militerbanget.blogspot.com

Senapan serbu kompak seperti AKMSU ini memang sangat tepat untuk pertempuran jarak dekat dan dapat digunakan untuk peran ofensif dan defensif. Dimensinya yang kecil dan simple sangat cocok untuk pola pertempuran di ruang sempit. Walaupun menyandang ‘tampilan” seperti Kalashnikov, senapan serbu AKMSU asal muasalnya masih belum jelas. Beberapa sumber menyebutkan bahwa senjata ini sudah diguoperasikan oleh militer Soviet. Sementara itu beberapa sumber lain bahwa ini hanya produk purwarupa dan hanya diproduksi dalam jumlah yang sangat kecil. Ada juga sumber lain yang menyatakan bahwa senjata ini bukanlah produk resmi dari pabrikan, melainkan diproduksi oleh pembuat senjata lokal di wilayah Khyber Pass yang terletak antara Pakistan dan Afghanistan, dan karena bentuknya yang menyerupai produk dari AK maka senjata ini dianggap sebagai desain Soviet. 

Senapan Serbu Kompak AKMSU
militerbanget.blogspot.com

Pada tahun 1986 Kementerian Pertahanan Inggris berhasil mendapatkan satu contoh senjata ini dari Afghanistan. Gambar senapan serbu AKMSU ini beredar dan mulai menjadi topik hangat sejak akhir tahun 1980an. Senjata ini memiliki tanda TOZ (Pabrik Senjata Tula) dan tanggal pembuatannya pada tahun 1977. Walaupun demikian, masih dirasa belum ada bukti yang jelas bahwa AKMSU diproduksi dalam jumlah banyak atau digunakan oleh militer Soviet. Baik TOZ dan IZHMASH, dua pabrik utama Soviet yang memproduksi senjata seri AK, tidak pernah mengonfirmasi bahwa mereka memproduksi senapan serbu kompak ini. Ditambah lagi dengan tidak ada satupun museum militer Rusia yang memamerkan atau mengoleksi AKMSU. Jadi kemungkinan besar senjata ini tidak pernah diproduksi dalam jumlah banyak.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat (Tempur ?) Eksperimental Grumman X-29 Bagian 3)

Senapan Serbu Kompak AKMSU
militerbanget.blogspot.com

Saat ini semua jenis salinan yang serupa dari senapan serbu kompak ini sedang diproduksi. Negara-negara lain memproduksi produksi serbu kompak serupa. Khususnya adalah AR SF Bulgaria, Type 56C Tiongkok, PM Rumania md.90, dan M92 dari Serbia.

Demikianlah artikel tentang AKMSU, Senapan Serbu Kompak yang Misterius Dengan Asal Usul Tak Jelas (Bagian Pertama). Artikel ini bersambung ke bagian kedua dengan judul “AKMSU, Senapan Serbu Kompak yang Misterius Dengan Asal Usul Tak Jelas (Bagian Kedua)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
1. Assault Rifle
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Rusia
#Senapan_Serbu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar