Rabu, 21 Agustus 2024

Pesawat Tempur Polikarpov I-16, Pesawat Tempur Hebat Soviet Yang Lahir Dari Penjara (Bagian Kelima)


Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Beraban, Tabanan, Bali, Rabu, 21 Agustus 2024

Pesawat tempur era sebelum Perang Dunia II ini kalau dilihat secara sepintas memang tidak terlalu meyakinkan sebagai pesawat tempur. Bentuknya yang gemuk dan lebih mirip drum, ditambah oleh kenyataan bahwa pesawat ini dirancang oleh narapidana semakin membuat orang menyangsikan performanya. Tetapi catatan sejarah berkata lain, pesawat ini ternyata memiliki performa yang cukup baik, dan bahkan teknologinya jauh melampaui pesawat-pesawat sejenis yang ada pada era itu. Supaya artikel ini mudah dimengerti, silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul "Pesawat Tempur Polikarpov I-16, Pesawat Tempur Hebat Soviet Yang Lahir Dari Penjara (Bagian Keempat)", silahkan disimak:

Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Jika pilot Jerman memutuskan untuk mengalahkan I-16 dalam pertempuran udara (dogfight), yang artinya mereka harus mengurangi kecepatan (agar dapat seimbang dengan I-16), mereka biasanya terkejut karena pilot Rusia dengan cepat menguasai keadaan (karena kemampuan manuver pesawat I-16 jauh lebih superior pada kecepatan yang lebih rendah). Namun, terhadap serangan menanjak dan menukik, I-16 jelas dalam kesulitan. Setelah model Messerschmitt Bf 109E dan F diperkenalkan, Jerman langsung menguasai pertempuran terhadap I-16.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency – antigerilya) FMA IA 58 Pucará)

Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Pesawat Polikarpov I-16 juga diekspor dan dibeli oleh Cina untuk melawan Jepang. Sekali lagi, kehadiran pesawat ini mengejutkan Jepang karena performanya yang sangat baik. Pesawat Soviet telah memainkan peran penting dalam konflik Jepang dan Mongolia, tetapi akhirnya I-16 dapat dikalahkan oleh pesawat tempur Jepang, yaitu Mitsubishi A5M yang memiliki roda pendarat tetap, yang merupakan basis dari pesawat tempur jepang yang sangat kesohor, A6M Zero. 

Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Pada tahun 1938, pertempuran udara sengit termasuk di antara pertempuran udara terbesar yang pernah terjadi saat itu, Dimana pada tanggal 29 April, 67 unit pesawat tempur Polikarpov bertempur melawan 18 unit pesawat pembom G3M yang dikawal oleh 27 unit pesawat tempur A5M. Masing-masing pihak mengklaim kemenangan dengan pihak Cina mengklaim 21 pesawat Jepang ditembak jatuh dan Jepang mengklaim sedikitnya 40 pesawat Cina ditembak jatuh.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Ringan / Light Tank M2)

Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Soviet telah lama dituduh sebagai peniru oleh Barat. (Hal yang sama dikatakan tentang Jepang sebelum Perang Dunia II). Dalam beberapa kasus, ini memang benar, tetapi pada tahun 1935, ketika I-16 melakukan debut publik pertamanya dalam perayaan May Day, Inggris belum memesan biplan Glouster Gladiator untuk diproduksi. Di Jerman, pesawat tempur biplan Heinkel He 51 baru saja dikirim ke Jagdgeschwader Richthofen. Di Prancis, pesawat dengan roda pendarat tetap, Dewoitine D.500 baru saja dioperasikan oleh Armée de l'Air dan Curtiss Model 75, cikal bakal P-36 masih belum melakukan penerbangan pertamanya. I-16 sebenarnya menjalani uji terbang sebelum Boeing P-26 pertama bahkan dikirim. Secara umum, pesawat ini jauh dari anggapan Dimana pesawat Soviet merupakan salinan desain Barat, I-16 justru menjadi pelopor revolusi penerbangan.

Demikianlah artikel tentang Pesawat Tempur Polikarpov I-16, Pesawat Tempur Hebat Yang Lahir Dari Penjara (Bagian Kelima). Artikel ini bersambung ke bagian kelima dengan judul “Pesawat Tempur Polikarpov I-16, Pesawat Tempur Hebat Soviet Yang Lahir Dari Penjara (Bagian Keenam), semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. World War II Fighter Airplane
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Rusia
#Uni_Soviet
#Pesawat_Tempur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar