Selasa, 23 April 2019

Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency – antigerilya) FMA IA 58 Pucará


Pesawat Tempur COIN (Counter Insurgency-Anti gerilya)
FMA IA 58 Pucara
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Selasa, 23 April 2019

FMA IA 58 Pucará adalah pesawat serang darat dan counter-insurgency (COIN - Anti Gerilya) Argentina yang diproduksi oleh Fábrica Militar de Aviones. Pesawat ini adalah pesawat monoplane all-metal twin-turboprop bersayap rendah dengan roda pendarat yang dapat dilipat, yang mampu beroperasi dari landasan yang kasar/sederhana. Jenis pesawat ini terlibat dalam konflik atau aksi selama Perang Falklands (Malvinas) dan Perang Saudara di Sri Lanka.

Pesawat Tempur COIN (Counter Insurgency-Anti gerilya)
FMA IA 58 Pucara
militerbanget.blogspot.com

Latar Belakang Pembuatan

Pada bulan Agustus 1966, Dirección Nacional de Fabricación e Investigación Aeronáutica (DINFIA), pabrik pesawat milik negara Argentina memulai pengembangan AX-2, sebuah pesawat Counter-insurgency (COIN) untuk memenuhi persyaratan yang diajukan oleh Angkatan Udara Argentina.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun - PPSh-41 (Papasha))

Pesawat Tempur COIN (Counter Insurgency-Anti gerilya)
FMA IA 58 Pucara
militerbanget.blogspot.com

Proyek ini dimotori oleh insinyur Ricardo Olmedo di bawah bimbingan insinyur Aníbal Dreidemie, yang juga merancang IA-52 Guaraní II dan IA-63 Pampa. Rancangan pesawat yang dipilih adalah pesawat monoplane dengan konfigurasi sayap rendah yang ditenagai oleh dua mesin turboprop yang dipasang di nacelles sayap dan dilengkapi dengan model atau bentuk ekor T-tail. Untuk menguji rancangan yang diusulkan, DINFIA pertama kali membuat pesawat uji tanpa mesin (glider) dengan skala 1:1, yang terbang untuk pertama kalinya pada 26 Desember 1967. 

Pesawat Tempur COIN (Counter Insurgency-Anti gerilya)
FMA IA 58 Pucara
militerbanget.blogspot.com

Pengujian pada model glider menunjukkan hasil yang memuaskan (kendala yang muncul masih dalam perimeter yang sudah diperhitungkan), dan pada bulan September 1968, pembuatan dimulai dengan purwarupa yang dilengkapi dengan mesin, pada awalnya pesawat ini diberi kode FMA IA 58 Delfin, tetapi kemudian diganti dengan Pucará, dan mesinnya adalah sepasang mesin Garrett TPE331I / Mesin U-303 yang memiliki daya 674 kilowatt (904 hp). (DINFIA kemudian berganti nama menjadi Fábrica Militar de Aviones (FMA) awal tahun itu).


Purwarupa pertama melakukan penerbangan perdananya pada 20 Agustus 1969, dilanjutkan dengan purwarupa kedua, dengan menggunakan mesin yang memiliki daya sebesar 729 kW (978 shp) Turbomeca Astazou XVIGs, menyusul pada 6 September 1970. Purwarupa pertama kemudian direkayasa ulang dengan mesin Astazou, mesin ini dipilih sebagai mesin standar untuk versi produksi, dan purwarupa produksi ketiga diikuti pada tahun 1973. Pesawat varian produksi pertama terbang pada 8 November 1974, dengan pengadaan dimulai pada awal 1976.

Demikianlah artikel tentang Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency – antigerilya) FMA IA 58 Pucará, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Artikel ini bersambung ke bagian kedua, dengan judul artikel: "Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency – antigerilya) FMA IA 58 Pucará (Bagian Kedua)".

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber  

1. Wikipedia
2. PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

1 komentar:

  1. Mantap,tapi apa tidak ada kemungkinan TNI.AU bisa mengadakan skadron sekolah tempur buat pilot pilot muda kita,yah bermula dari pesawat Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency – antigerilya) FMA IA 58 Pucará,yak.130,atau mig.At,coba kita lihat garis pantao dan daratan kita cukup luas,diperlukan pemikiran baru guna menciptakan agar generadi muda kita cinta tanah air.

    BalasHapus