Senin, 08 Mei 2023

Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency – antigerilya) FMA IA 58 Pucará (Bagian Kedua)


Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency-Antigerilya)
FMA IA 58 Pucara
militerbanget.blogspot.com

Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Jakarta, Senin, 8 Mei 2023

Artikel ini meneruskan artikel sebelumnya yang mengulas tentang tentang satu jenis pesawat serang darat, sekaligus berfungsi sebagai pesawat anti perang gerilya. Pesawat lansiran Argentina ini boleh dibilang "battle proven", alias sudah teruji dalam perang. Walaupun prestasi pesawat ini kurang begitu bagus, tetapi kehadiran pesawat ini cukup menjadi batu sandungan bagi pihak lawan. Supaya dapat mengikuti artikel ini dengan baik, silahkan baca bagian pertama dengan judul: "Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency – antigerilya) FMA IA 58 Pucará", dan inilah artikelnya:

Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency-Antigerilya)
FMA IA 58 Pucara
militerbanget.blogspot.com

Setidaknya ada tiga varian yang berbasis dari pengembangan IA-58. Yang pertama adalah pesawat Pucará yang dimensi badannya diperluas dan dilengkapi dengan kabin bertekanan untuk kapasitas enam penumpang. Varian ini dimotori dengan mesin turbofan Astafan untuk transportasi ringan dan tugas fotografi. Varian yang kedua adalah pesawat untuk pengintaian yang memiliki konfigurasi yang sama dengan Fairchild-Republic A-10. Yang ketiga adalah denominasi IA-60 dan merupakan pesawat untuk latih dan serangan ringan yang berkonfigurasi dua awak. Astafans yang tetap mempertahankan dimensi badan pesawat dasar dan kanopi Pucará dengan T-tail yang menggabungkan sayap tinggi. Beberapa tes dilakukan pada terowongan angin tetapi tidak ada pengembangan lebih lanjut untuk melanjutkan program IA-63 Pampa.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Ringan / Light Tank - M41 Bulldog)

Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency-Antigerilya)
FMA IA 58 Pucara
militerbanget.blogspot.com

Rancang Bangun (Design dan Produksi)

IA 58 Pucará adalah pesawat dengan konstruksi konvensional, semua logam (terutama duralumin). Sayap kantilever yang lurus (untuk meningkatkan kemampuan manuver pada kecepatan rendah) memiliki tekukan dengan sudut 7 derajat dihedral pada sayap bagian luar dan dilengkapi dengan flap trailing-edge berlubang. IA-58 memiliki bentuk badan yang ramping, dengan mengaplikasikan konfigurasi kokpit tandem; dua kru duduk di bawah kanopi clamshell dengan arah bukaan kokpit ke atas dan dilengkapi dengan kursi lontar Martin-Baker Mk 6AP6A nol/nol. 

Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency-Antigerilya)
FMA IA 58 Pucara
militerbanget.blogspot.com

Pesawat ini dilengkapi dengan kontrol atau kendali ganda dan area pandang yang cukup luas. Rancangan pesawat ini yang mulus dan aerodinamis memungkinkan pesawat Pucará untuk mencapai kecepatan yang relatif tinggi, lebih tinggi daripada American OV-10 Bronco, pesawat COIN lainnya. Tetapi, pesawat  IA 58 ini tidak memiliki ruang kargo di dalam badan pesawat seperti pesawat OV-10 Bronco.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Sterling L34A1)

Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency-Antigerilya)
FMA IA 58 Pucara
militerbanget.blogspot.com

Proteksi dari lapisan baja dipasang untuk melindungi awak dan mesin dari tembakan yang berasal dari darat. Pesawat ini menggunakan dapur pacu mesin Turbomeca Astazou, yang menggerakkan bilah propeller Ratier-Forest 23LF berbilah tiga, baling-baling ini juga mampu digunakan sebagai rem udara (dengan mekanisme reverse rotary alias putaran terbalik)

Demikianlah artikel tentang Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency – antigerilya) FMA IA 58 Pucará (Bagian Kedua), semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Artikel ini bersambung ke bagian ketiga, dengan judul artikel: "Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency – antigerilya) FMA IA 58 Pucará (Bagian Ketiga)".

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber  

1. Wikipedia
2. PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar