Selasa, 28 Agustus 2018

Tank Tempur Ringan / Light Tank - M41 Bulldog


Tank Tempur Ringan M41 Bulldog
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Selasa, 28 Agustus 2018

Artikel kali ini akan mengulas tentang tank tempur ringan hasil rancangan dari perancang tank Amerika Serikat. Tank ini dirancang pada akhir Perang Dunia ke II dan didesign untuk menggantikan posisi tank M24 Chaffe. Tank M41 Walker Bulldog akhirnya terwujud pada tahun 1951 setelah melaksanakan uji coba purwarupa secara ekstensif. Memiliki bobot operasional dikisaran 23,1 ton, tank ini diperkuat dengan mesin supercharged berbahan bakar bensin 6 silinder Continental AOS 95-3, kecepatan maksimalnya sangat menakjubkan, yaitu sekitar 72 km/jam, dengan jarak tempuh maksimum 161 km. 

Tank Tempur Ringan M41 Bulldog
militerbanget.blogspot.com

Persenjataan utamanya adalah meriam kaliber 76mm dilengkapi dengan senjata sekunder satu senapan mesin kaliber 12,7 mm dan satu senapan mesin kaliber 7,62 mm. 

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Tank Tempur Ringan / Light Tank - M24 Chaffee)

Tank Tempur Ringan M41 Bulldog
militerbanget.blogspot.com

Walker Bulldog dapat bergerak dengan cepat dan apabila dibandingkan dengan dimensinya, tank ini memiliki persenjataan yang cukup berat. Tank tempur ringan ini beraksi pertama kali pada saat Amerika Serikat terjun dalam Perang Vietnam dan semenjak itu, tank ini juga dioperasikan oleh banyak negara anggota NATO, selain diekspor ke negara-negara di Amerika Selatan dan Asia.

Tank Tempur Ringan M41 Bulldog
militerbanget.blogspot.com

Beberapa negara melakukan modifikasi untuk meningkatkan performa tank ini, beberapa negara juga membangun “versi lokalnya” seperti Bernardini M41 yang diproduksi di Brazil, sedangkan modifikasi ekstensif dilakukan oleh Spanyol pada kisaran 1980-an untuk mengkonversi M41 menjadi versi anti tank alias tank perusak.

Cockerill, perusahan asal Belgia, sukses mengganti meriam asli M41 yang memiliki kaliber 76mm menjadi meriam dengan kaliber 90mm yang lebih mematikan, dan konfigurasi seperti ini diadopsi juga oleh Uruguay. 

Tank Tempur Ringan M41 Bulldog
militerbanget.blogspot.com

Walaupun produksi dari tank ini sudah berakhir, tapi banyak M41 yang tetap dioperasikan hingga saat ini di seluruh dunia. Mungkin, penggunaan paling aneh adalah saat tank ini dijadikan tank remote-controlled untuk pengujian misil udara-ke-permukaan US Navy pada 1980-an. Tank ini digunakan pula untuk berbagai pengujian di Amerika Serikat khususnya untuk proyek M551 Sheridan. Modifikasi yang dilakukan meliputi pemasangan senjata beragam seperti versi AA (Anti Aircraft attack-anti serangan udara) bersenjata meriam kembar Bofors M2A1 kaliber 40mm.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Tank Tempur Ringan / light Tank - M551 Sheridan)

Tank Tempur Ringan M41 Bulldog
militerbanget.blogspot.com

Lima puluh tahun setelah pertama kali beroperasi, Walker Bulldog masih dioperasikan oleh delapan negara, lima diantaranya ada di Amerika Selatan. Pengguna terbesar adalah Taiwan, diperkirakan ada sekitar 400 sampai 675 unit. 

Dengan mengganti dapur pacunya dengan mesin yang baru dan modern, membuat performa tank ini menjadi jauh lebih baik, kecepatan maksimalnya meningkat menjadi 75 km/jam dan jarak tempuh menjadi 450 km. 

Tank Tempur Ringan M41 Bulldog
militerbanget.blogspot.com

Dengan modifikasi pada beberapa fitur serta komponen, dan juga penggantian mesin, diprediksi, tank ini akan mampu operasional lebih lama lagi dibandingkan dengan versi awalnya. Solusi seperti ini tentu menjadi kabar yang sangat menggembirakan bagi operator yang memiliki keterbatasan dalam hal anggaran militer.

Tank Tempur Ringan M41 Bulldog
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur Ringan / Light Tank - M41 Bulldog


Mulai bertugas: 1951
Kru: 4 Orang
Bobot: 23.495 kg (model awal)

Dimensi 

Panjang: 8,21 m 
Tinggi: (over turret hutch) 2,72 m 
Lebar: 3,20 m

Persenjataan 

Senjata utama: Meriam kaliber 76mm (model awal)
Senjata sekunder:
1 x Senapan mesin kaliber 12.7 mm  
1 x Senapan mesin kaliber 7.62mm 

Armor: maximum 32 mm (model awal)
Mesin: Continental AOS 95-3 Petrol, 372.9 kW/500hp

Performa

Kecepatan maksimum: 72.4 km/jam 
Jarak jelajah maksimum: 161 km (model awal)

Demikianlah artikel tentang Tank Tempur Ringan / Light Tank - M41 Bulldog, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh AnnessPublihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com




Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Kemarin (Seventeen), #Lily (Alan Walker,K-391 & Emelie Hollow), #Celengan Rindu (Fiersa Besari), #Senorita (Shawn Mendes, Camila Cabello), #Hanya Rindu (Andmesh), #Solo (Jennie), #On My Way (Alan Walker, Sabrina Carpenter & Farruko), #I Love You 3000 (Stephanie Putri), #A Whole New World (ZAYN, Zhavia Ward), #Didi Kempot, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar