Kamis, 25 April 2019

Tank Tempur Ringan / Light Tank M2


Tank Tempur Ringan/Light Tank M2
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Kamis, 25 April 2019

Saat menjelang pecahnya Perang Dunia ke II, militer Amerika Serikat ternyata hanya memiliki empat tipe kendaraan lapis baja yang operasional. Keempatnya adalah kendaraan lapis baja kelas ringan dan memiliki bentuk yang boleh dibilang mirip satu sama lain, karena memang dibangun berbasis pada varian tank T2. Dua tank infantri ini diberi kode M2A2 dan M2A3. M2A2 memliki banyak varian pengembangan seperti mesin diesel dan bensin, suspensi modifikasi, dan beberapa fitur minor lainnya. 

Tank Tempur Ringan/Light Tank M2
militerbanget.blogspot.com

Ciri utama dari tank ini adalah, tank ini kecil, baik itu dalam hal dimensi, bobot tempur, jumlah kru yang mengoperasikannya, dan juga persenjataannya. Seluruhnya memiliki turet kembar. Dari keempat serie tersebut, yang masih bisa dikategorikan lumayan adalah M2A2E3 yang dikembangkan pada tahun 1938. Tipe ini memiliki suspensi modifikasi dan trailing idler.


Tank Tempur Ringan/Light Tank M2
militerbanget.blogspot.com

M2A3 adalah versi lanjut dari M2A2 dan muncul pada tahun 1938. Tidak hanya memiliki lapisan baja depan yang lebih tebal dari versi sebelumnya, tapi juga memiliki sistem pendingin mesin dengan pintu akses mesin yang lebih baik, roda track yang lebih panjang sehingga memungkinkan penggeseran roda bogie. 

Tank Tempur Ringan/Light Tank M2
militerbanget.blogspot.com

Model pengembangan terakhir dari M2A3 adalah M2A3E3, bersuspensi modifikasi yang lebih baik, dan roda trailing idler, sehingga meningkatkan kemampuan bermanuver di segala medan. M2A4 merupakan model terakhir dari serie M2 Light Tank, dan merupakan varian yang paling penting, serta terbaik dari serie sebelumnya.

Tank Tempur Ringan/Light Tank M2
militerbanget.blogspot.com

Untuk pertama kalinya, senjata utama tank ringan ini adalah meriam, yaitu meriam kaliber 37mm, dan dilengkapi dengan peluru tipe penembus baja (AP-Armor Penetration), sebagai pengganti senapan mesin. Meriam ini dipasang pada satu turet yang dapat diputar ke segala arah. Tank ini dapat membawa 103 butir peluru meriam, dan walaupun performa meriam ini kurang memuaskan (hanya mampu menembus lapisan baja sampai dengan ketebalan 25,4mm pada jarak tembak 914 meter), meriam ini lalu distandarisasi menjadi senjata anti tank standar Angkatan Darat Amerika Serikat.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Ringan / Light Tank - PzKpfw I)

Tank Tempur Ringan/Light Tank M2
militerbanget.blogspot.com

Model awal M2A4 diselesaikan oleh pabrikan Rock Island Arsenal pada awal tahun 1939. Lewat beberapa uji didapatkan hasil, konfigurasi turet tunggal ternyata lebih superior dan efektif ketimbang turet kembar “Mae West” yang selama ini digunakan. Selain itu, tank ini memiliki lapisan baja yang lebih tebal (ketebalan proteksinya di titik maksimum sekitar 25mm) di depan dan di setiap sisinya. Tetapi, dengan penambahan ketebalan proteksi, otomatis menambah bobot operasionalnya secara signifikan (sampai dengan 12 ton). Efeknya terbilang merugikan, kecepatan maksimal dan manuver tank ini menjadi turun. Walaupun demikian, A2A4 merupakan tank ringan pertama milik Amerika Serikat yang terbaik, dan menjadi dasar bagi pengembangan tank ringan selanjutnya, M3 Light Tank atau lebih dikenal dengan sebutan “Honey”.

Tank Tempur Ringan/Light Tank M2
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur Ringan / Light Tank M2A4


Asal Negara: Amerika Serikat
Operasional aktif: 1940
Kru: 4 Orang
Bobot tempur: 12.193 kg/12,19 ton (versi akhir)

Dimensi  

Panjang: 4.45 m  
Tinggi: (over turret hutch) 2,52 m 
Lebar: 2,54 m

Persenjataan  

Senjata utama: 
Meriam kaliber 37mm (Rifle gun)
Senjata sekunder: 
4 x senapan mesin kaliber 7.62mm machine gun

Armor: Maksimum 25mm
Mesin: Continental 7 – cylinder radial, 186,6 kW/250 hp 

Performa  

Kecepatan maksimum: 54,7 km/jam 
Jarak maksimum: 209 km

Demikianlah artikel tentang Tank Tempur Ringan / Light Tank M2, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar