Selasa, 20 Agustus 2024

Pesawat Tempur Polikarpov I-16, Pesawat Tempur Hebat Soviet Yang Lahir Dari Penjara (Bagian Keempat)


Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Selasa, 20 Agustus 2024

Pesawat tempur era sebelum Perang Dunia II ini kalau dilihat secara sepintas memang tidak terlalu meyakinkan sebagai pesawat tempur. Bentuknya yang gemuk dan lebih mirip drum, ditambah oleh kenyataan bahwa pesawat ini dirancang oleh narapidana semakin membuat orang menyangsikan performanya. Tetapi catatan sejarah berkata lain, pesawat ini ternyata memiliki performa yang cukup baik, dan bahkan teknologinya jauh melampaui pesawat-pesawat sejenis yang ada pada era itu. Supaya artikel ini mudah dimengerti, silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul "Pesawat Tempur Polikarpov I-16, Pesawat Tempur Hebat Soviet Yang Lahir Dari Penjara (Bagian Ketiga)", silahkan disimak:

Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Mengambil pelajaran dari pengalaman saat pertempuran di Spanyol (Dimana daya gempur alias daya tembak pesawat ini masih dianggap lemah jika dibandingkan dengan pesawat lawan), I-16 Tipe 10 dikembangkan lagi kemampuan tempurnya serta ditingkatkan lagi daya gempurnya. Persenjataannya ditingkatkan dengan tambahan dua pucuk senapan mesin ShKAS 7,62 mm yang dipasang di badan pesawat bagian atas, disinkronkan untuk menembak melalui baling-baling. Dapur pacu pesawat ini kemudian diganti dengan mesin M-25V 750 hp (560 kW) yang lebih bertenaga.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Light Utility Helicopter / Helikopter Multiperan Ringan Aerospatiale SA 341 Gazelle

Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Model Tipe 10 selanjutnya dilengkapi dengan alat bidik senjata reflektor yang merupakan modernisasi dari tipe kolimator tubular yang digunakan sebelumnya. Satu hal yang cukup menarik dari pesawat ini adalah, kanopinya cenderung macet sehingga pilot umumnya terbang dengan kanopi terbuka, dan pesawat Tipe 10 diproduksi dengan kokpit terbuka dan kaca depan tetap. 

Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

I-16 Tipe 10 tiba di Spanyol pada tahun 1937 dan dibandingkan dengan Messerschmitt Bf 109B , ia memiliki tingkat belokan yang lebih baik, tingkat pendakian yang lebih baik, dan daya tembak yang lebih berat. 3 Hal ini membuat hasil pertemuan antara kedua pesawat sebagian besar bergantung pada keterampilan pilot. Tipe 10 juga memperkenalkan penggunaan pertama roket RS 82 yang pertama kali diuji pada bulan Juli 1937.

Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Pesawat latih dua tempat duduk pertama diberi nama UTI-4 atau I-16 UTI. Pesawat ini dikembangkan secara paralel dengan pesawat tempur Tipe 10. Pesawat latih pertama merupakan pesawat Tipe 4 yang telah dimodifikasi. Kokpit kedua ditempatkan di depan tangki badan pesawat dan roda pendaratan pada model awal dikunci pada posisi bawah. Versi selanjutnya dilengkapi dengan roda pendaratan yang dapat ditarik (dilipat ke dalam badan pesawat).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency – antigerilya) FMA IA 58 Pucará)

Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Ketika Jerman menginvasi Rusia pada bulan Juni 1941, I-16 masih menjadi pesawat tempur terpenting Rusia dan meskipun sudah usang, lebih dari setengah dari 8.644 unit pesawat yang dibuat masih diterbangkan dalam pertempuran hingga tahun 1943. Salah satu penggunaan I-16 yang paling mengejutkan adalah serangan Taran atau serudukan. Dilengkapi dengan baling-baling berlapis baja, pilot dilatih untuk menabrak permukaan ekor pesawat pembom Jerman, lalu pilotnya melompat keluar. Secara teori, kekuatan I-16 akan memungkinkan pilot untuk melompat keluar setelah tabrakan (ironisnya, metode menabrakan diri ke alutsista lawan kemudian diadopsi secara total oleh Jepang pada saat Perang Dunia II memasuki fase-fase akhir).

Demikianlah artikel tentang Pesawat Tempur Polikarpov I-16, Pesawat Tempur Hebat Yang Lahir Dari Penjara (Bagian Keempat). Artikel ini bersambung ke bagian kelima dengan judul “Pesawat Tempur Polikarpov I-16, Pesawat Tempur Hebat Soviet Yang Lahir Dari Penjara (Bagian Kelima), semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. World War II Fighter Airplane
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Rusia
#Uni_Soviet
#Pesawat_Tempur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar