Senin, 19 Agustus 2024

Pesawat Tempur Polikarpov I-16, Pesawat Tempur Hebat Soviet Yang Lahir Dari Penjara (Bagian Ketiga)


Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Beraban, Tabanan, Bali, Senin, 19 Agustus 2024

Pesawat tempur era sebelum Perang Dunia II ini kalau dilihat secara sepintas memang tidak terlalu meyakinkan sebagai pesawat tempur. Bentuknya yang gemuk dan lebih mirip drum, ditambah oleh kenyataan bahwa pesawat ini dirancang oleh narapidana semakin membuat orang menyangsikan performanya. Tetapi catatan sejarah berkata lain, pesawat ini ternyata memiliki performa yang cukup baik, dan bahkan teknologinya jauh melampaui pesawat-pesawat sejenis yang ada pada era itu. Supaya artikel ini mudah dimengerti, silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul "Pesawat Tempur Polikarpov I-16, Pesawat Tempur Hebat Soviet Yang Lahir Dari Penjara (Bagian Kedua)", silahkan disimak:

Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Pesawat ini pertama kali mencicipi pertempuran di Spanyol pada bulan November 1936 dan jika bukan karena pecahnya Perang Saudara Spanyol, eksistensi pesawat I-16 mungkin akan memudar menjadi tidak dikenal. Perang saudara di Spanyol ini menjadi peristiwa yang penting dan menarik dukungan dari seluruh dunia.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber CRDA/CANT Z,1007 Alcione)

Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Front Nasionalis, yang terutama didukung oleh pasukan Jerman dan Italia, memiliki perlengkapan yang lebih baik ketimbang front Republik. Sementara Inggris, Prancis, Amerika Serikat, Belanda, Cekoslowakia, dan Turki semuanya mengirimkan berbagai macam pesawat kepada front Republik, baik secara langsung atau tidak langsung. Namun sejauh ini pendukung utama dari front Republik adalah Uni Soviet, yang memasok sekitar 1.409 dari total 1.947 unit pesawat yang disumbangkan oleh negara-negara lain. 475 unit dari pesawat sumbangan Soviet adalah Polikarpov I-16.

Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Di Spanyol, I-16 (Tipe 6) memiliki kemampuan manuver, daya tembak, dan laju pendakian yang luar biasa, mengejutkan musuh yang menyebabkan munculnya julukan Rata (Tikus) dan nama yang bersahabat Mosca (Terbang) pada pesawat ini. Pada saat itu pesawat I-16 diperkuat dengan mesin M-25A berkekuatan 730 hp (545 kW), (setara dengan Wright Cyclone di Soviet ). Pada saat itu pesawat ini adalah pesawat yang paling mematikan serta paling handal jika dibandingkan dengan pesawat tempur dari negara manapun. Persenjataan pada pesawat ini memiliki laju tembakan yang sangat tinggi dan kalibernya juga mematikan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Light Utility Helicopter / Helikopter Multiperan Ringan Aerospatiale SA 341 Gazelle

Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Diterbangkan dalam banyak pertempuran di berbagai front, oleh pilot Soviet, pesawat ini terbukti menjadi lawan yang superior bagi pesawat tempur Heinkel He 51 dan Arado Ar 68 milik Jerman. Tetapi seiring berjalannya waktu, pesawat ini mulai mendapat lawan yang sepadan, seperti pesawat biplan CR32 dari Italia dan jelas kalah performa jika harus berhadapan dengan Messerschmitt Bf 109B. Berdasarkan fakta tersebut, sejak Maret 1937, semua pesawat I-16 yang masih tersisa lalu dikumpulkan dan digabung dalam Fighter Group 31, dan ini sejauh ini merupakan unit yang paling sukses dari semua unit yang dilengkapi dengan peralatan tempur milik Soviet.

Demikianlah artikel tentang Pesawat Tempur Polikarpov I-16, Pesawat Tempur Hebat Yang Lahir Dari Penjara (Bagian Ketiga). Artikel ini bersambung ke bagian keempat dengan judul “Pesawat Tempur Polikarpov I-16, Pesawat Tempur Hebat Soviet Yang Lahir Dari Penjara (Bagian Keempat), semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. World War II Fighter Airplane
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Rusia
#Uni_Soviet
#Pesawat_Tempur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar