Senin, 22 April 2019

Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber CRDA/CANT Z,1007 Alcione


Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
CRDA/CANT Z,1007 Alcione
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Senin, 22 April 2019

Pabrikan Cantieri Riuniti dell’ Andriatico (disingkat CRDA) yang dikenal juga sebagai CANT adalah pabrik yang mengkhususkan diri dalam membuat flying boat (kapal ampfibi), dan salah satu produknya adalah twin float seaplane Z.506B yang memiliki tiga mesin (mirip Junker Ju-52).

Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
CRDA/CANT Z,1007 Alcione
militerbanget.blogspot.com

CANT Z.1007 Alcione (Kingfisher) adalah pesawat pengebom medium Italia bermesin tiga, dengan struktur kayu. Dirancang oleh Filippo Zappata, yang juga mendesain CANT Z.506, ia memiliki "karakteristik terbang yang sangat baik dan stabilitas yang baik" dan dianggap oleh beberapa orang sebagai "pembom Italia terbaik pada Perang Dunia II" meskipun struktur kayunya mudah rusak akibat iklim. seperti yang dialami di Afrika Utara dan di Rusia. Pesawat ini digunakan oleh Regia Aeronautica Italia, Angkatan Udara Co-Belligerent Italia, Aeronautica Nazionale Repubblicana dan Luftwaffe selama Perang Dunia II.


Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
CRDA/CANT Z,1007 Alcione
militerbanget.blogspot.com

Versi darat dari pesawat ini juga mulai dikembangkan dan purwarupanya terbang pertama kali pada bulan Mei 1937. Setelah melalui serangkaian uji coba, dan dinyatakan memenuhi syarat, pesawat yang konstruksinya sebagian besar terdiri dari kayu ini mulai masuk jalur produksi. 

Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
CRDA/CANT Z,1007 Alcione
militerbanget.blogspot.com

Produksi massal pesawat ini diberi kode Z.1007 dan menjadi salah satu pembom yang menjadi andalan Angkatan Udara Italia. Z.1007-bis dan Z.1007-ter adalah versi produksi utama. Versi ini diproduksi sebanyak 526 unit. Untuk versi “ter” menggunakan dapur pacu mesin yang lebih kuat, Piaggio P.XII 1.175hp dan mampu membawa muatan bom seberat 1 ton. Ada sub varian dari “bis”, seri I s/d III memiliki satu sirip vertikal dan seri IV s/d IX bersirip vertikal ganda.


Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
CRDA/CANT Z,1007 Alcione
militerbanget.blogspot.com

Sama seperti sebagian besar pesawat pembom yang dirancang tahun 1930-an, Alcione kalah menghadapi pesawat tempur yang lebih modern. Walaupun demikian, pesawat pembom medium ini digunakan oleh pasukan Yunani yang pro Italia, dan melaksanakan kampanye pemboman di front Balkan sampai Meiterania bahkan di Front Rusia.

Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
CRDA/CANT Z,1007 Alcione
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber CRDA/CANT Z,1007-bis Alcione


Asal Negara: Italia
Tipe Pesawat: Pesawat Pembom Medium 3 Mesin
Terbang Perdana: Mei 1937  
Kru: 5 orang 
Bobot: 8.626 kg (Kosong), MTOW : 13.633 kg

Dimensi 

Panjang Pesawat: 18,4 m 
Bentangan sayap: 24,8 m
Tinggi: 5.22 m
Wing Area: 70.0m2

Persenjataan 

1 X senapan mesin Breda SAFAT kaliber 12,7mm di dorsal dan di posisi ventral.
1 X senapan mesin kaliber 7,7mm di kiri kanan badan.
Total 10 pucuk senapan mesin kaliber 12,7mm
Muatan bom sampai dengan 2.000 kg atau dua unit bom @454kg

Mesin: 3 X Piaggio 1000hp P.Xibis RC 40 14 cylinder two row radial engines

Performa  

Kecepatan maksimum: 467 km/jam
Ketinggian maksimum: 8.540 m
Kecepatan menanjak: 275 m/menit
Radius maksimum: 3220 km

Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber CRDA/CANT Z,1007 Alcione, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu 

Sumber: 

PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar