Minggu, 18 Agustus 2024

Pesawat Tempur Polikarpov I-16, Pesawat Tempur Hebat Soviet Yang Lahir Dari Penjara (Bagian Kedua)


Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Minggu, 18 Agustus 2024

Pesawat tempur era sebelum Perang Dunia II ini kalau dilihat secara sepintas memang tidak terlalu meyakinkan sebagai pesawat tempur. Bentuknya yang gemuk dan lebih mirip drum, ditambah oleh kenyataan bahwa pesawat ini dirancang oleh narapidana semakin membuat orang menyangsikan performanya. Tetapi catatan sejarah berkata lain, pesawat ini ternyata memiliki performa yang cukup baik, dan bahkan teknologinya jauh melampaui pesawat-pesawat sejenis yang ada pada era itu. Supaya artikel ini mudah dimengerti, silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul "Pesawat Tempur Polikarpov I-16, Pesawat Tempur Hebat Soviet Yang Lahir Dari Penjara (Bagian Pertama)", silahkan disimak:

Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Penerbangan perdana I-16 dilakukan pada tanggal 31 Desember 1933, dan jauh lebih maju dari desain pesawat tempur mana pun pada saat itu. Pesawat ini dilengkapi roda pendaratan yang dapat dilipat masuk ke badan pesawat, sayap kantilever, kokpit tertutup, dan baling-baling dengan pitch variabel. Sementara negara-negara lain masih mengadopsi design pesawat yang kuno (yang masih mengandalkan kawat-kawat serta batang penopang pada sayap dan roda pendarat), pesawat canggih jenis ini sedang dikembangkan di Rusia sejak tahun 1932. Meskipun bukan termasuk pesawat yang tergolong top dan populer pada tahun 1930-an, pesawat ini tetap merupakan pesawat yang sangat tangguh serta menjadi bagian penting dalam berbagai pertempuran pada saat itu.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Ringan/AAI RDF (Rapid Deployment Force) Light Tank)

Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Konstruksi terdiri dari badan pesawat monokok kayu pendek, bundar atau seperti tong dengan kanopi geser ke depan yang meliputi kaca depan. Sayapnya terdiri dari dua rangka baja krom dengan rusuk duralumin, dan dilapisi kain. Bagian tengah sayap merupakan bagian integral dari badan pesawat dan dilengkapi dengan penutup sayap terpisah. Roda pendaratan ditarik secara manual, melalui kabel yang diputar oleh pilot ke dalam celah roda yang terletak di bagian tengah. Dalam keadaan darurat, pemotong kabel disediakan bagi pilot untuk menurunkan roda pendaratan secara cepat.

Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Pesawat ini ditenagai oleh mesin radial M-22 (Gnome Rhône Jupiter yang diproduksi dengan lisensi) yang menghasilkan tenaga 450 hp (335 kW). Pesawat ini juga dipersenjatai dengan dua senapan mesin ShKAS 7,62 mm baru yang dikembangkan oleh BM Shpitalny dan IA Komaritsky, yang memiliki daya tembak dua kali lipat lebih tinggi dari PV-1 standar dan dipasang di luar titik pemasangan roda pendaratan. Pesawat ini juga dilengkapi dengan proteksi lapis baja bagi pilot yang dianggap sebagai hal yang sangat “mewah” pada saat itu.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber CRDA/CANT Z,1007 Alcione)

Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Meskipun kekuatan mesin pesawat ini masih dianggap kurang kuat, I-16 masih dapat mencapai kecepatan yang tergolong luar biasa, yaitu sekitar 234 mph (376 km/jam) dan segera diproduksi massal bersama pesawat tempur biplan Polikarpov I-15. Modernisasi dari pesawat ini kemudian menghasilkan varian I-180, yang ditenagai oleh mesin M-88 dua baris yang lebih bertenaga (1.100 hp atau 820 kW). I-180 mampu mencapai kecepatan maksimum 342 mph (550 km/jam).

Demikianlah artikel tentang Pesawat Tempur Polikarpov I-16, Pesawat Tempur Hebat Yang Lahir Dari Penjara (Bagian Kedua). Artikel ini bersambung ke bagian ketiga dengan judul “Pesawat Tempur Polikarpov I-16, Pesawat Tempur Hebat Soviet Yang Lahir Dari Penjara (Bagian Ketiga), semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. World War II Fighter Airplane
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Rusia
#Uni_Soviet
#Tank_Perusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar