Sabtu, 17 Agustus 2024

Pesawat Tempur Polikarpov I-16, Pesawat Tempur Hebat Soviet Yang Lahir Dari Penjara (Bagian Pertama)


Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Sabtu, 17 Agustus 2024

Ketika purwarupa pesawat tempur (yang diberi nama TsKB-12 oleh Biro Desain Pusat) diluncurkan dari Pabrik Pesawat Negara No. 39 pada suatu pagi di tahun 1933, pesawat ini langsung menyita perhatian khalayak ramai. Pada badan pesawat ini terdapat huruf VT yang ditulis dengan tebal di dalam bintang merah. Bintang merah tentu saja dikenal sebagai simbol Revolusi Bolshevik, tetapi tulisan “VT” adalah singkatan dari “Vnutrennaya Tyur'ma” yang berarti "penjara internal," yang mengindikasikan bahwa pesawat tempur itu dibuat oleh tim yang merupakan narapidana.

Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Terletak di dekat Moskow, Pabrik Pesawat Negara No. 39 sebenarnya adalah penjara Uni Soviet. Pesawat itu bukan hanya hasil kerja dari narapidana rutan itu, yang lebih luar biasa lagi, dua narapidana yang mendesainnya termasuk di antara insinyur aeronautika paling berbakat di negara itu. Salah satunya adalah Dmitri Grigorovich, perancang pesawat terbang yang menjadi bagian dari tim ahli pada Angkatan Laut Tsar dalam Perang Dunia I. 

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Ringan/Torpedo Fairey Swordfish)

Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Yang lainnya adalah Nikolai Polikarpov, yang telah menggantikan posisi Igor Sikorsky sebagai supervisor pada produksi pesawat pembom Ilya Muromets di Pabrik Kereta Api Rusia-Baltik. Polikarpov telah mendesain beberapa pesawat yang sangat sukses, di antaranya pesawat biplan (sayap bertingkat atau ganda) Polivarpov Po-2 yang sangat terkenal. Namun pada tahun 1927, diktator Joseph Stalin telah menuntut pesawat tempur yang dirancang dan dibuat Rusia yang superior untuk Angkatan Udara. Ketika dua tahun telah berlalu dan baik Grigorovich maupun Polikarpov tidak menghasilkan pesawat tempur yang siap terbang dan operasional, kedua perancang itu dijebloskan ke penjara dan diperintahkan untuk terus bekerja di bawah pengawasan negara secara intens.

Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Proses desain pada pesawat I-16 Tipe 1, atau Ishak (yang berarti Keledai Kecil), dimulai pada musim panas tahun 1932 di Central Aero and Hydrodynamic Institute. Pada saat itu Polikarpov berada dalam situasi sulit yang hanya bisa terjadi di Uni Soviet. Kariernya yang telah membawanya naik jabatan dengan cepat ke posisi puncak OSS (departemen untuk konstruksi pesawat darat eksperimental), telah mengalami penurunan secara drastis setelah ia ditangkap selama peristiwa “pembersihan” tahun 1929.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Ringan/AAI RDF (Rapid Deployment Force) Light Tank)

Pesawat Tempur Polikarpov I-16
militerbanget.blogspot.com

Namun, alih-alih dibawa ke hadapan regu tembak atau dibuang ke gulag, Polikarpov dan tim desainnya dijatuhi hukuman ke "penjara internal", dan di penjara tersebut tim ini diperintahkan untuk melanjutkan pekerjaan mereka di bawah pengawasan dan pemeriksaan ketat negara. Jelas, jaksa penuntutnya menilai dia terlalu penting bagi masa depan teknologi militer Soviet untuk menjatuhkan hukuman seperti biasanya, yaitu eksekusi singkat atau kematian lambat di kamp kerja paksa.

Demikianlah artikel tentang Pesawat Tempur Polikarpov I-16, Pesawat Tempur Hebat Yang Lahir Dari Penjara (Bagian Pertama). Artikel ini bersambung ke bagian kedua dengan judul “Pesawat Tempur Polikarpov I-16, Pesawat Tempur Hebat Soviet Yang Lahir Dari Penjara (Bagian Kedua), semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. World War II Fighter Airplane
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Rusia
#Uni_Soviet
#Tank_Perusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar