Senin, 26 Juni 2023

Senapan Semi Otomatis SKS (Samozaryadnyj Karabin Simonova), Handal, Akurat, Tapi Tersingkirkan oleh AK-47 (Bagian Kedelapan)


Senapan Semi Otomatis/Semi Automatic Rifle
SKS (Samozaryadnyj Karabin Simonova)
militerbanget.blogspot.com

Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Minggu, 25 Juni 2023

Artikel ini meneruskan artikel sebelumnya tentang satu jenis senapan semi otomatis dari Uni Soviet yang muncul saat masa-masa akhir Perang Dunia II. Sayangnya, senapan ini muncul pada saat trend senapan di dunia sudah beralih ke arah senapan otomatis, alhasil, senapan ini tidak bisa mencapai angka produksi maksimal. Supaya dapat mengikuti artikel ini dengan baik, silahkan baca bagian ketujuh dengan judul: "Senapan Semi Otomatis SKS (Samozaryadnyj Karabin Simonova), Handal, Akurat, Tapi Tersingkirkan oleh AK-47 (Bagian Ketujuh)", dan ini adalah artikelnya:

Senapan Semi Otomatis/Semi Automatic Rifle
SKS (Samozaryadnyj Karabin Simonova)
militerbanget.blogspot.com

Varian


SKS-45 

Varian model produksi awal. Varian ini sempat digunakan dalam Perang Dunia II, tetapi tidak masuk ke dalam jalur produksi masal karena masih membutuhkan beberapa perbaikan atau peningkatan.

SKS 

Varian model produksi definitive. Varian ini diperkenalkan pada tahun 1949. Contoh yang diproduksi oleh Tula ditandai dengan panah di dalam bintang, sedangkan yang diproduksi oleh Izhevsk ditandai dengan panah di dalam lingkaran dan segitiga.

OP-SKS 

Surplus senapan SKS diproduksi ulang untuk pasar sipil oleh pabrik "Molot" di Vyatskiye Polyany. Produksi terus berlangsung hingga tahun 2000-an.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Strategis / Strategic Bomber - Handley Page Victor)

KSS 

Varian Polandia dari SKS. Varian ini dikonversi dari varian standar yang diimpor dari Uni Soviet. Model ini dibedakan dengan furnitur kayu laminasi, dan penghilangan kompartemen kit pembersih di popornya.

PAP M59 

Varian ini diproduksi oleh Zastava di Yugoslavia. Varian M59 adalah semacam SKS "low budget", dengan penggunaan jenis kayu yang murah pada fiturnya, dan tidak ada lapisan krom pada bagian laras. Meskipun demikian, varian ini boleh dibilang memiliki kualitas yang relatif baik, dan masih cukup akurat (walaupun kualitasnya tidak sebaik versi standar).

PAP M59/66: Versi M59 

Varian ini memiliki fitur untuk melontarkan granat senapan, katup penutup gas (agar gas hasil ledakan mesiu dapat diarahkan dengan tekanan penuh melalui moncongnya, diperlukan untuk menembakkan granat pada lintasan yang tepat), dan flip pembidik model tangga untuk granat. Ini adalah varian SKS yang memiliki dimensi terpanjang dan terberat, dan sebagian besar M59/66 memiliki furnitur beech.

PAP M59/66A1

Varian ini dilengkapi dengan system pembidik malam tritium ke desain M59/66, dan selebihnya adalah identik.

M59/66 varian sipil

Varian ini merupakan surplus sehingga dijual ke pasar sipil. Sebagian telah dilepas fitur untuk selongsong granatnya (karena fitur ini ilegal di beberapa wilayah), dan sebagian fitur tersebut diganti dengan peredam hentakan pada laras.

July 10 Rifle (Senapan 10 Juli) 

Ini adalah SKS versi Albania, dengan furnitur yang lebih panjang, tuas pengokang model AK, kompartemen kit pembersih di popor, dan bayonet berduri. Varian ini merupakan varian modernisasi dan langka menurut standar SKS, dan harganya lebih tinggi di pasar.

Senapan Semi Otomatis/Semi Automatic Rifle
SKS (Samozaryadnyj Karabin Simonova)
militerbanget.blogspot.com

Karabiner-S 

Karabiner-S adalah model Jerman Timur, dicirikan oleh alur yang dipotong ke dalam popor untuk gendongan dan putar, dan tidak ada ketentuan untuk membawa kit atau batang pembersih laras. Seperti Senapan 10 Juli, varian ini tergolong langka, dibuat dengan sangat baik, dan dijual dengan harga lebih tinggi daripada kebanyakan model SKS lainnya.

Tipe 56 

Varian ini adalah salinan berlisensi dari SKS yang dibuat di Cina oleh NORINCO. Seperti SKS Soviet, Tipe 56 awal memiliki bayonet berduri, sedangkan model selanjutnya memiliki bayonet pisau.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Helikopter Transport & Multiperan / Transport & Utility Helicopter Mil Mi-4)

Tipe 63

NORINCO Tipe 63 adalah hibrida dari SKS dan AK-47, menggunakan magwell model AK-47 dan system operasi berupa rotating bolt, dan dilengkapi dengan mode penembakan. Serangkaian senapan dikembangkan berdasarkan pada Tipe 63, termasuk Tipe 68, 73, 81, dan 84, dengan banyak variasi desain di antaranya. Ini adalah satu-satunya varian SKS yang mampu melakukan tembakan otomatis.

Tipe 63 

Jangan bingung dengan NORINCO Tipe 63, Tipe 63 ini adalah varian SKS Korea Utara. Tiga model diketahui; satu pada dasarnya identik dengan SKS standar, satu dengan sistem pelontar granat yang mirip dengan M59/66, dan satu lagi dengan bayonet ayun samping yang unik.

Tipe 1 

Varian SKS dibuat dengan lisensi di Vietnam Utara. Varian ini juga identik dalam konfigurasi dengan SKS produksi akhir Uni Soviet.

M56 

Varian SKS dibuat dengan lisensi di Rumania. Varian ini juga identik dalam konfigurasi dengan SKS produksi akhir Uni Soviet.

Demikianlah artikel yang berjudul "Senapan Semi Otomatis SKS (Samozaryadnyj Karabin Simonova), Handal, Akurat, Tapi Tersingkirkan oleh AK-47 (Bagian Kedelapan)", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Artikel ini bersambung ke bagian kesembilan dengan judul: "Senapan Semi Otomatis SKS (Samozaryadnyj Karabin Simonova), Handal, Akurat, Tapi Tersingkirkan oleh AK-47 (Bagian Kesembilan)".

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar