Senin, 26 Juni 2023

Senapan Semi Otomatis SKS (Samozaryadnyj Karabin Simonova), Handal, Akurat, Tapi Tersingkirkan oleh AK-47 (Bagian Kesembilan)


Senapan Semi Otomatis
SKS (Samozaryadnyj Karabin Simonova)
militerbanget.blogspot.com

Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Senin, 26 Juni 2023

Artikel ini meneruskan artikel sebelumnya tentang satu jenis senapan semi otomatis dari Uni Soviet yang muncul saat masa-masa akhir Perang Dunia II. Sayangnya, senapan ini muncul pada saat trend senapan di dunia sudah beralih ke arah senapan otomatis, alhasil, senapan ini tidak bisa mencapai angka produksi maksimal. Supaya dapat mengikuti artikel ini dengan baik, silahkan baca bagian kedelapan dengan judul: "Senapan Semi Otomatis SKS (Samozaryadnyj Karabin Simonova), Handal, Akurat, Tapi Tersingkirkan oleh AK-47 (Bagian Kedelapan)", dan ini adalah artikelnya:

Senapan Semi Otomatis
SKS (Samozaryadnyj Karabin Simonova)
militerbanget.blogspot.com

Senjata lain yang serupa


MAS-49

Senapan self-loading serupa yang diproduksi di Prancis, meskipun MAS-49 menggunakan system operasi direct impingement gas operation, pasokan amunisi dari magasen kotak yang dapat dilepas, dan menggunakan peluru 7,5x54 mm standar Prancis yang jauh lebih kuat.

Vz.52

Senapan self-loading service diproduksi di Cekoslovakia oleh Ceska Zbrojovka. Ini adalah yang paling mirip dalam desain dengan SKS yang bersaing, meskipun menggunakan peluru 7,62x45 mm yang berbeda, dan memiliki sistem operasi tilting block action yang serupa dengan system pada senapan serbu StG-44 Jerman pada Perang Dunia 2. Vz.52 mungkin dapat digolongkan pada senjata dengan design yang kurang “umum”, tetapi berhasil mencapai beberapa kesuksesan komersial. Varian ini lalu digantikan oleh Vz.52/57, yang pada dasarnya adalah senapan yang sama dengan peluru 7,62x39 mm.

Rasheed Carbine 

Varian karabin yang diproduksi di Mesir. Varian ini pada dasarnya adalah versi miniatur dari “Hakim Rifle” (yang merupakan varian dari Husqvarna AG-42 Ljungman buatan Swedia), dengan peluru 7,62x39 mm. Meskipun tidak seperti SKS, Rasheed Carbine mengandalkan pasokan peluru dari magasen kotak berkapasitas 10 peluru yang dapat dilepas, dan menggunakan operasi direct impingement gas operation. Hanya sekitar 8.000 unit Rasheed Carbine yang dibuat, membuatnya langka di tahun-tahun berikutnya di pasar senapan surplus sipil.

Saiga

Senapan semi-otomatis sipil Rusia yang diproduksi oleh Izhmash, berdasarkan Kalashnikov AK-47. Senapan Saiga pada awalnya gagal secara komersial setelah diperkenalkan pada tahun 1970-an, tetapi versi desain yang telah disempurnakan mencapai kesuksesan besar pada tahun 1990-an. Varian ini dilengkapi dengan banyak kaliber untuk pasar militer dan sipil yang berbeda, termasuk 7,62x39 mm.

M1 Carbine 

Varian karabin milik AS yang memiliki fitur self loading, diproduksi oleh banyak produsen di seluruh dunia. Itu adalah salah satu senjata api operasional pertama yang menggunakan peluru dengan kekuatan menengah, meskipun hasilnya dalam pertempuran beragam. Varian ini tidak banyak digunakan oleh militer saat ini, tetapi sangat populer di kalangan kolektor senjata api.

M2 Carbine 

Varian self loading dari M1 Carbine. Varian ini terbukti memiliki performa yang kurang pada saat digunakan di palagan Perang Korea, dan harus dilengkapi dengan pistol mitraliur Thompson M1 selama konflik itu. M2 Carbine secara bertahap digantikan oleh Springfield Armory M14 dari tahun 1957 dan seterusnya, tetapi mengalami pertempuran tambahan yang ekstensif di tahun-tahun senja selama Perang Vietnam.

M3 Carbine

M3 Carbine pada dasarnya adalah M2 Carbine dengan system pembidik teleskopik cahaya rendah. M3 adalah salah satu senjata pertama yang menggunakan jenis pembidik optik seperti ini, meskipun tampilannya terbilang kasar dan besar menurut standar modern.

Cristobal Model 1962

Karabin Dominika didasarkan pada senapan mesin ringan Danuvia 43M Hungaria, tetapi menggunakan amunisi kaliber .30 (ada juga versi Parabellum 9x19 mm). Kadang-kadang diklasifikasikan sebagai senapan serbu, atau bahkan hanya senapan mesin ringan. Berbeda dengan SKS, senjata ini menggunakan magasen kotak berkapasitas 30 peluru yang dapat dilepas, menggunakan system operasi a lever-delayed blowback operation, dan memiliki fitur selector mode penembakan.

Mini-14

Senapan self-loading sipil yang diproduksi oleh Ruger, dinamai demikian karena sangat mirip dengan Springfield Armory M14 (meskipun sistem operasi Mini-14 lebih mirip dengan M1 Garand). Senapan ini belakangan juga memiliki varian yang menggunakan peluru 7,62x39 mm, dikenal sebagai Mini-30 --- bersama dengan surplus SKS dan AKM, Mini-30 juga berkontribusi dalam mempopulerkan peluru 7,62x39 mm sehingga peluru ini populer di pasar senjata api sipil.

AC-556

Varian dengan setelan mode penembakan dari Mini-14, untuk penggunaan militer, polisi, dan keamanan. Varian ini sering sekali mis identifikasi dengan Mini-14.

Senapan Semi Otomatis
SKS (Samozaryadnyj Karabin Simonova)
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Senapan Semi Otomatis SKS (Samozaryadnyj Karabin Simonova)


Asal negara: Uni Soviet
Operasional aktif: 1949
Kaliber: 7,62 x 39 mm
Berat (kosong): 3,85 kg
Panjang: 1.020 mm
Panjang laras: 520 mm
V’o meninggalkan laras: 735 m/dtk
Laju tebakan maksimum: ~ 400rpm
Laju tembakan terkontrol: 40 rpm
Kapasitas magasen: 10 peluru
Jarak bidik maksimum: 1.000 m
Jangkauan tembak efektif: 600 ~ 800 m

Demikianlah artikel yang berjudul "Senapan Semi Otomatis SKS (Samozaryadnyj Karabin Simonova), Handal, Akurat, Tapi Tersingkirkan oleh AK-47 (Bagian Kesembilan)", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar