Rabu, 03 Juli 2019

Tank Tempur Berat/A33 Heavy Assault Tank Excelsior


Tank Tempur Berat
A33 Heavy Assault Tank Excelsior
militerbanget.blogspot.com
 

Kemayoran, Jakarta, Rabu, 3 Juli 2019

Setelah kekalahan pada pertempuran di Dieppe, Perancis pada bulan Agustus 1942,dan juga ketika mendapatkan hasil atas kinerja tank Churchill A22 yang tidak memuaskan, sebagian besar karena mekaniknya tidak dapat diandalkan dan kecepatannya yang buruk. Ini mengarah pada beberapa mock-up dan desain, yang merupakan bagian dari proyek yang dikenal sebagai "Program Rasionalisasi Cromwell". 

Tank Tempur Berat
A33 Heavy Assault Tank Excelsior
militerbanget.blogspot.com

Awalnya tank ini menggunakan sasis A27 Cromwell dan komponen otomotif sebagai dasar untuk kendaraan masa depan. Proyek disusun oleh Departemen Pengembangan Tank Rolls Royce dan oleh English Electric. Proyek-proyek ini, antara lain, menyebabkan serangkaian perancangan tank infanteri dan tank berat. 

Tank Tempur Berat
A33 Heavy Assault Tank Excelsior
militerbanget.blogspot.com

Secara keseluruhan, tank-tank ini mewakili contoh yang bagus dari peningkatan cepat persyaratan, terutama yang menonjol adalah peningkatan perlindungan dan berat lapisan baja proteksi, mengingat kerangka waktu yang singkat antara desain A.28 dan prototipe A.33 antara akhir 1941 dan awal 1943. Tank alternatif ini dirancang untuk mengkombinasikan kedua fungsi, yaitu fungsi “cruiser” dan “infantry”. Hasilnya adalah tank yang mampu mengusung rancangan tersebut, dan diberi nama Excelsior.

Tank ini dibangun dengan dasar body tank A27, memiliki senjata utama meriam kaliber 75mm yang berkonfigurasi dual purpose, dimana meriam ini sanggup menembakkan amunisi HE (High Explosive), dan juga sanggup menembakkan amunisi dengan spesifikasi AP (Armour Piercing-Penembus baja). 

Tank ini juga dilengkapi dengan lapisan proteksi tambahan (baja tambahan dengan sistem add on) dan juga dimensi track yang diperlebar, tujuannya agar tank ini tetap memiliki kemampuan manuver yang tinggi dan juga mampu mengakomodir penambahan berat tank (penambahan berat tank sebagai konsekuensi penambahan dimensi turet untuk dapat dipasang meriam dengan kaliber yang lebih besar).

Tank Tempur Berat
A33 Heavy Assault Tank Excelsior
militerbanget.blogspot.com

Memiliki dapur pacu mesin Meteor 447,4 kW/600 hp yang mampu menghela tank ini sampai pada kecepatan maksimum 39 km/jam, dimana tank ini memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari Churcill.

Purwarupa kedua lalu dibuat, tetapi dengan dimensi track yang lebih lebar lagi (mengadopsi track dari Cromwell), dan diberi kode R/L Heavy Type.

Tetapi pada akhirnya, tank ini hanya berhenti di tahap purwarupa saja, dan tak pernah masuk ke dalam jalur produksi. Penyebabnya adalah kesuksesan pada peningkatan (upgrade) tank Churchill, yang ternyata mampu mendulang sukses di front Afrika Utara. Tank Churchill versi perbaikan/peningkatan  ini terbukti memiliki performa yang lebih baik dan mampu meladeni keganasan tank-tank Jerman terutama dari seri PzKpfw III. Akibatnya, proyek Excelsior dibatalkan dan sumber daya yang ada lalu dialihkan untuk memproduksi tank tempur medium, Comet. 

Tank Tempur Berat
A33 Heavy Assault Tank Excelsior
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur Berat/A33 Heavy Assault Tank Excelsior


Asal Negara: Inggris
Mulai bertugas: 1943 (hanya versi purwarupa)
Kru: 5 Orang
Bobot: 45.722 kg/45,72 ton

Dimensi  

Panjang: 6.91 m  
Tinggi: (over turret hutch) 2,41 m 
Lebar: 3,39 m

Persenjataan  

Senjata utama: 
Meriam kaliber 75mm OQF (ordnance quick firing) gun
Senjata sekunder: 
1 x 7.92mm Besa machine gun (koaksial)
2 x 7.92mm Besa machine gun (di bagian depan)

Armor atau lapisan baja: Maksimum 114mm
Mesin: Rolls Royce Meteor V12 petrol 447,4 kW/600 hp 

Performa  

Kecepatan maksimum: 39 km/jam 
Jarak maksimum: 209 km 

Demikianlah artikel yang berjudul "Tank Tempur Berat/A33 Heavy Assault Tank Excelsior", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 
ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar