Kamis, 04 Juli 2019

Pesawat Serang Jarak Jauh Blackburn Buccaneer


Pesawat Serang Jarak Jauh
Blackburn Buccaneer
militerbanget.blogspot
 

Kemayoran, Jakarta, Kamis, 4 Juli 2019

Pesawat yang bentuknya gemuk dan terlihat aneh ini memang cukup disegani waktu itu. Buccaneer pada satu sisi merupakan pesawat penyerang berkecepatan tinggi yang beroperasi di elevasi yang rendah, pada masa itu memang merupakan pesawat yang canggih pada masanya. Kisah pembuatan pesawat ini dimulai pada tahun 1953, pada saat dikeluarkan proposal oleh Naval Staff Requirement NA.39, yang berisi permintaan untuk pengadaan pesawat serang jarak jauh yang berpangkalan di kapal induk, dan dapat membawa misil berhulu ledak nuklir dan meluncurkannya di elevasi rendah di bawah sapuan radar. Selain syarat tersebut, pesawat ini juga harus dapat menyerang kapal musuh yang sedang berlayar atau yang sedang bersandar di pelabuhan.

Pesawat Serang Jarak Jauh
Blackburn Buccaneer
militerbanget.blogspot

Rancangan N.A. 39 buatan pabrikan Blackburn, B-103 menjadi pemenangnya dan kontrak pengembangannya diberikan pada tahun 1955, satu dari 20 unit pesawat pra produksi terbang pertama kali pada tanggal 30 April 1958, sekaligus menjadi pesawat demo pada saat event kedirgantaraan Farmborough Air Show. Purwarupa B-103 awal diperkuat dengan mesin turbojet Gyron yang memiliki daya dorong sebesar 3,2 ton. Memang mesin ini tidak sekuat mesin Spey yang dipasangkan pada model berikutnya. Pesawat ini juga memiliki fitur yang sangat khas pada pesawat-pesawat yang berpangkalan di kapal induk, seperti sayap yang dapat dilipat, folding nose catapult fitting, dan arrester hook. Dan berbagai fitur tersebut dipasang mulai pada pesawat produksi keempat.

Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Patchett Sterling L2A1)

Pesawat Serang Jarak Jauh
Blackburn Buccaneer
militerbanget.blogspot

Pesawat ini banyak menerapkan inovasi aerodinamika yang terbaru dan terbilang canggih pada era itu termasuk rotary bomb bay door (untuk mengurangi daya hambat, seperti diketahui, pintu ruang bom pada era sebelumnya menerapkan bukaan daun pintu ke arah luar, yang berakibat pada tingginya gaya hambat yang terbentuk, yang secara otomatis meningkatkan kerentanan pada pesawat selama proses tersebut) dan split tail cone yang dapat terbuka sebagai airbrake (rem). Pesawat ini juga memiliki boundary layer control system yang terbilang canggih, dimana udara dari mesin dipaksa masuk melewati celah panjang pada tepi badan (leading edge) sayap agar menghasilkan daya angkat yang lebih besar.

Pesawat Serang Jarak Jauh
Blackburn Buccaneer
militerbanget.blogspot

Fitur tersebut mampu meningkatkan efesiensi daya angkat sayap, yang berarti  pesawat dapat mendarat dengan kecepatan seminimal mungkin, dan juga pesawat dapat membawa muatan dengan tonase yang lebih besar.

Miniature detonating Cord (MDC) yang berfungsi untuk menghancurkan kaca kanopi kokpit sebelum pilot dilontarkan ke luar mulai menjadi fitur standar pada mayoritas pesawat jet buatan Inggris dan diterapkan untuk pertama kalinya pada pesawat Blackburn ini. Pesawat ini sebenarnya juga dilengkapi dengan fitur khusus apabila pesawat ini terpaksa harus melontar dari bawah laut.

Pesawat Serang Jarak Jauh
Blackburn Buccaneer
militerbanget.blogspot

Pengujian pesawat ini pada kapal induk dimulai pada bulan Januari tahun 1960 dan pendaratan di dek pertama B-103 dilakukan di kapal induk Inggris, HMS Victorious pada tanggal 19 pada bulan yang sama. Dan pesawat ini disematkan nama Buccaneer pada tahun 1960. Royal Navy menerima versi produksi pertama, S.1 pada bulan Juli 1962. HMS Ark Royal berlayar bersama Squadron Buccaneer pertama yaitu Squadron No. 801 dan diberi lapisan cat anti flash white pada enam bulan kemudian pada bulan Januari 1963. Perang Dingin menjadi prioritas pertama dan Inggris menginginkan pesawat penyerang yang mampu membawa bom nuklir dengan mode respon cepat.

Pesawat Serang Jarak Jauh
Blackburn Buccaneer
militerbanget.blogspot

Pada saat operasional, didapatkan hasil bahwa ternyata pesawat ini ternyata tidak didukung dengan kekuatan mesin yang memadai, dan dalam kondisi tertentu, mesin Gryon membuat pesawat ini harus mengurangi muatannya serta mengurangi muatan bahan bakarnya agar dapat lepas landas dari dek kapal induk dengan aman. Karena sebab itulah, Fleet Air Arm memasang tangki pengisi bahan bakar di udara pada Scimitar untuk memasok bahan bakar pada pesawat Buccaneer ini pada saat diterbangkan. 

Pesawat Serang Jarak Jauh
Blackburn Buccaneer
militerbanget.blogspot

Sebanyak 40 unit Buccanneer versi ini telah dibuat sebelum beralih ke versi berikutnya. Versi S.2 merupakan versi produksi terbanyak (diproduksi sebanyak 84 unit) dan memiliki jarak terbang yang lebih jauh dari versi sebelumnya, karena versi ini telah diganti mesinnya dengan mesin yang lebih kuat tetapi lebih efesien dalam konsumsi bahan bakar, yaitu mesin Spey. S.2 dapat dengan mudah dibedakan dari versi sebelumnya karena memiliki fixed refulling probe di depan kokpitnya.

Pesawat Serang Jarak Jauh
Blackburn Buccaneer
militerbanget.blogspot

Versi S.2 memperkuat squadron garis depan US Navy pada bulan Januari 1967 sampai pesawat Buccaneer S.2 terakhir lepas landas dari dek kapal induk Ark Royal pada bulan November 1978. Walaupun demikian, karir pesawat Buccaneer belum berakhir, karena sebanyak 90 unit mulai memperkuat RAF pada bulan Oktober 1969, mengisi kekosongan pada squadron tersebut karena batalnya proyek pembuatan pesawat TSR.2 dan dibatalkannya pembelian pesawat pembom F-111 (Pesawat Pembom Strategis / Strategic Bomber General Dynamics F-111 "Aardvark"). Sebanyak 26 unit lagi diproduksi untuk RAF sedangkan 62 unit yang diserahkan merupakan pesawat bekas pakai Royal Navy. Sebagai tambahan, sebagai pesawat penyerang nuklir, Buccaneer juga ditugaskan sebagai pesawat penyerang maritim dan berpangkalan di darat.

Pesawat Serang Jarak Jauh
Blackburn Buccaneer
militerbanget.blogspot

RAF Germany (RAF yang berpangkalan di Jerman Barat) sebagai garda penyerang nuklir garis depan menerima pesawat Buccaneer untuk memperkuat Squadron Udara No. 15 pada awal tahun 1971. Pesawat Tornado mulai menggantikan Buccaneer di Jerman pada tahun 1983, tetapi masih ada dua squadron tersisa untuk tugas anti kapal yang berpangkalan di Skotlandia. Pada tahun 1991 beberapa unit dari pesawat ini ditugaskan kembali saat Perang Teluk Pertama, menjadi pembidik laser untuk mengarahkan bom pintar yang dijatuhkan oleh pesawat Tornado. Agar memiliki jangkauan terbang yang lebih jauh, pesawat Buccaneer untuk tugas khusus ini dilengkapi dengan tangki bahan bakar tambahan dengan kapasitas 2.000 liter yang ditempatkan pada ruang bomnya. 

Pesawat Serang Jarak Jauh
Blackburn Buccaneer
militerbanget.blogspot

Persenjataan dan peralatan

Buccaneer sejatinya dirancang khusus sebagai pesawat penyerang nuklir maritim. Senjata yang menjadi andalan untuk tugas ini adalah rudal udara-ke-permukaan berhulu ledak nuklir: (diberi kode Green Cheese), tetapi pengembangan senjata ini dibatalkan, dan sebagai gantinya adalah Red Beard berbobot 2.000 pound (900 kg), yang dikembangkan oleh English Electric Canberra. Red Beard memiliki hasil yang eksplosif dalam kisaran 10 hingga 20 kiloton; dan dipasang di pintu ruang bom khusus, yang memiliki system yang unik sehingga tidak mengurangi tingkat aerodinamis pada pesawat pada saat pelepasan senjata ini. 

Pesawat Serang Jarak Jauh
Blackburn Buccaneer
militerbanget.blogspot

Pada saat pesawat ini terbang dalam elevasi rendah dan kecepatan tinggi, pintu ruang bom konvensional yang umum pada saat itu (terbuka ke arah luar atau bawah) tidak dapat dibuka dengan aman dan dapat mengganggu kestabilan pesawat, oleh karena itu, pintu dikembangkan yang terbuka dengan cara dilipat/digulung ke dalam badan pesawat. Fitur ini juga terbukti sangat efesien dan efektif, dan juga tidak mengganggu aerodinamis pesawat.

Pesawat Serang Jarak Jauh
Blackburn Buccaneer
militerbanget.blogspot

Ruang bom juga dapat menampung tangki bahan bakar tambahan berkapasitas 2.000 liter (440 imp; 530 galon standar AS), box yang berisi alat-alat pengintaian fotografi, atau wadah kargo. Paket pengintaian yang terdiri dari enam kamera, masing-masing pada sudut yang berbeda atau memiliki sifat pencitraan yang berbeda, dan hanya dipasang pada misi yang secara khusus melibatkan kegiatan pengintaian. Buccaneer juga memiliki empat cantelan atau pylon yang dapat di lepas-pasang yang mampu mengakomodir berbagai persenjataan seperti bom, misil, tangki bahan bakar 1.000 pon (450 kg), atau peralatan lainnya seperti suar. 

Pesawat Serang Jarak Jauh
Blackburn Buccaneer
militerbanget.blogspot

Pada perkembangan selanjutnya melihat penerapan peperangan elektronik yang terpasang di sayap dan pod penunjuk laser. Setelah mulai beroperasi, Buccaneer mampu membawa hampir semua amunisi yang pada saat itu digunakan oleh pesawat Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Bahkan rencananya pesawat ini juga akan dilengkapi dengan meriam laras ganda Aden kaliber 30mm (1,2 in), meriam yang memang rencananya akan dikembangkan khusus untuk Buccaneer, tetapi kemudian rencana ini dikesampingkan karena nilai efektifitasnya yang rendah.

Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tempur / Fighter Plane Propeller - Heinkel He 219 Uhu)

Pesawat Serang Jarak Jauh
Blackburn Buccaneer
militerbanget.blogspot

Di awal karir Buccaneer, misi anti-kapal konvensional rencananya akan menggunakan persenjataan "campuran" berupa bom konvensional dan roket dalam jarak dekat. Taktik ini menjadi semakin tidak praktis dalam menghadapi kemajuan rudal anti-pesawat milik Uni Soviet, dengan demikian, Buccaneers kemudian diadaptasi untuk menggunakan beberapa rudal yang mampu menyerang kapal musuh dari jarak jauh. 

Pesawat Serang Jarak Jauh
Blackburn Buccaneer
militerbanget.blogspot

Rudal Anglo-Prancis Martel diperkenalkan pada Buccaneer, tetapi senjata itu dikatakan "sangat temperamental", dan proses peluncuran rudal ini “mengharuskan” Buccaneer yang menyerang untuk menambah ketinggiannya, dengan demikian, kerentanan pesawat ini menjadi semakin meningkat. Program peningkatan ekstensif yang dilakukan pada 1980-an menambah kompatibilitas dengan beberapa peralatan baru; termasuk rudal Sea Eagle, rudal 'tembak-dan-lupakan' yang dapat memandu diri sendiri yang mampu menyerang sasaran pada jarak efektif 60 mil (100 km), lima kali lipat dari rudal anti-kapal Martel AJ 168, sementara juga menjadi salah satu kelebihan yang cukup signifikan.

Pesawat Serang Jarak Jauh
Blackburn Buccaneer
militerbanget.blogspot

Spesifikasi Pesawat Serang Jarak Jauh Blackburn Buccaneer S.2


Asal Negara: Inggris
Tipe Pesawat: Pesawat Pembom/Serang jarak jauh.
Terbang Perdana: 30 April 1958

Kharakteristik Umum

Awak: 2 Orang
Panjang: 63 ft 5 in (19.33 m)
bentang sayap: 44 ft (13 m)
Tinggi: 16 ft 3 in (4.95 m)
Luas Area Sayap: 514 sq ft (47.8 m2)
Bobot Kosong: 30,000 lb (13,608 kg)
MTOW: 62,000 lb (28,123 kg)
Mesin: 2× Rolls-Royce Spey Mk.101 turbofanengines, 11,000 lbf (49 kN) thrust each

Performa

Maximum speed: 580 kn (667 mph; 1,074 km/h) at 200 ft (61 m)
Range: 2,000 nmi (2,302 mi; 3,704 km)
Service ceiling: 40,000 ft (12,000 m)
Wing loading: 120.5 lb/sq ft (588 kg/m2)
Thrust/weight: 0.36 lbf/lb (0.0035 kN/kg)

Persenjataan

Hardpoints: 4 × under-wing pylon stations for up to 4,000 lb (1,814 kg) of bombs, and 1 × internal rotating bomb bay with a capacity of 12,000 lb (5,443 kg),with provisions to carry combinations of:
Rockets: 4 × Matra rocket pods with 18 × SNEB 68-mm rockets each
Missiles: Either 2 × AIM-9 Sidewinders for self-defence, 2 × AS-37 Martel missiles, or 4 × Sea Eagle missile
Bombs: Various unguided bombs, laser-guided bombs, as well as either the Red Beard or WE.177 tactical nuclear bombs
Other: AN/ALQ-101 ECM protection pod, AN/AVQ-23 Pave Spike laser designator pod, buddy refuelling pack or drop tanks for extended range/loitering time
Avionics:Blue Parrot ASV search/attack radar

Demikianlah artikel tentang Pesawat Serang Jarak Jauh Blackburn Buccaneer, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)
Wikipedia
Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

1 komentar: