Rabu, 10 April 2019

Tank Tempur Medium/Medium Tank Strv 74


Tank Tempur Medium/Medium Tank Strv 74
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Rabu, 10 April 2019

Proses perancangan dan pembuatan Tank Tempur Medium/Medium Tank (sebagian menggolongkannya menjadi tank tempur ringan) Strv 74 dapat ditelusuri kronologisnya pada tank Strv M/40 dan M/42 sampai yang menjadi basis utamanya, yaitu tank Lago berbobot tempur 16 ton yang diproduksi perusahaan asal Swedia, atau tank Landswerk untuk Angkatan Darat Hungaria.  Pada dasarnya, tank tempur medium Strv 74 adalah versi yang lebih modern dari tank M/42. Modernisasi ini ditempuh agar tank ini dapat memenuhi standar Eropa pasca Perang Dunia ke II, dan usaha ini tampaknya berhasil.

Tank Tempur Medium/Medium Tank Strv 74
militerbanget.blogspot.com

Stridsvagn 74 (strv 74) adalah tank Swedia yang digunakan dengan Angkatan Darat Swedia dari tahun 1958 hingga 1984. Tank ini adalah modifikasi dari Stridsvagn yang lebih tua m / 42, yang dipensiunkan dari kedinasan pada awal 1950-an. Tetapi, ketika tank ini ditarik dari kedinasan, tank ini tidak dibesituakan sepenuhnya, sasisnya dimanfaatkan, dan digunakan untuk membuat tank baru yang dapat digunakan sebagai pelengkap stridsvagn 81 yang baru dibeli. 

Tank Tempur Medium/Medium Tank Strv 74
militerbanget.blogspot.com

Untuk urusan turet, turet strv 74 benar-benar baru, dengan senjata utama meriam high velocity kaliber 75mm yang diadopsi berdasarkan meriam anti serangan udara, mesin dan transmisi dimodifikasi atau diubah dari strv m / 42, trek yang lebih lebar dan mesin listrik yang terpisah untuk memutar turret juga merupakan fitur tambahan untuk tank ini sambil mempertahankan kontrol manual sebagai cadangan (kalau-kalau mesin bermasalah, turet masih dapat diputar secara manual).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Senapan Serbu / Assault Rifle - AK 47 (Avtomat Kalashnikova 1947))

Tank ini diproduksi pada tahun 1958, memiliki bobot tempur 22,14 ton, menggunakan mesin diesel Scania Vabis yang menghasilkan daya 239 kW/320,5hp. Dengan mesin ini, tank Strv 74 mampu memiliki kecepatan maksimum 45 km/jam dan menempuh jarak 200 km. Diawaki oleh empat orang kru, tank ini memiliki persenjataan utama berupa meriam rifle kaliber 75mm, serta senjata sekunder berupa tiga pucuk senapan mesin yang dipasang di turet model baru.

Tank Tempur Medium/Medium Tank Strv 74
militerbanget.blogspot.com

Dinas Aktif 

Stridsvagn 74 digunakan dalam brigade lapis baja Angkatan Darat Swedia sebagai pengganti pembelian taknk AMX-13 yang dibatalkan sampai digantikan oleh stridsvagn 102 dan Strv 103s. Tank ini kemudian ditempatkan di kesatuan tank korps independen, dan bahkan posisinya kemudian dipindahkan ke peran tank pendukung pasukan infanteri. dan tank ini lalu dupensiunkan total dari kedinasan aktif pada tahun 1981 (strv 74 V) dan 1984 (strv 74 H). Turet dipertahankan dan kemudian digunakan sebagai senjata Pilbox statis, yang dihapus dan dihancurkan pada awal 2000-an.

Tank Tempur Medium/Medium Tank Strv 74
militerbanget.blogspot.com

Tetapi tank ini memiliki kekurangan yang sangat fatal, siluetnya yang tinggi dan tampilannya yang kurus serta hentakan tolak balik pada meriamnya membuat tank ini menjadi sangat tidak stabil (berguncang keras) pada saat menembakkan senjata utama pada posisi penembakan jam 3 dan jam 9. Ketidakstabilan pada saat proses menembak ini membuat para awak yang mengoperasikannya memberikannya julukan yang aneh,  yaitu "Sanslös" (bahasa Swedia untuk "Senseless").

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun - MP38/40 (ERMA))

Di masa kemudian, tank ini juga ditingkatkan kemampuannya dengan dipasang sistem pengendali penembakan yang lebih canggih, sekaligus meningkatkan kecepatan tembak meriam utama

Tank Tempur Medium/Medium Tank Strv 74
militerbanget.blogspot.com

Varian

Strv 74 tersedia dalam dua versi yang sebenarnya hampir sama, strv 74 H dan strv 74 V, perbedaan utama adalah sistem transmisi yang berpengaruh pada perbedaan tata letak interior yang sedikit berbeda. Versi H didasarkan pada strv m / 42 TH, dan versi V didasarkan pada strv m / 42 TV.

Tank Tempur Medium/Medium Tank Strv 74
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur Medium/Medium Tank Strv 74


A. Versi ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY

Asal Negara: Swedia
Mulai bertugas: 1958
Kru: 4 Orang
Bobot: 22.140 kg/22,14 ton

Dimensi  

Panjang: 4.3 m  
Tinggi: (over turret hutch) 1,61 m 
Lebar: 2,2 m

Persenjataan  

Senjata utama: 
Kaliber 75 mm rifle gun
Senjata sekunder: 
2 x 7.62mm machine gun (koaksial)
1 x 12.7mm machine gun (AA gun)

Armor: Maksimum 80mm, Minimum 15mm
Mesin:  Scania Vabis Diesel, 239 kW/320 hp 

Performa  

Kecepatan maksimum: 45 km/jam 
Jarak jelajah maksimum: 200 km 

Tank Tempur Medium/Medium Tank Strv 74
militerbanget.blogspot.com

B. Versi dari Wikipedia

Jenis: Medium Tank
Asal Negara: Swedia

Catatan tugas:

Aktif dalam kemiliteran Swedia kurun waktu 1958–1984

Sejarah produksi:

Biaya produksi per unit: a 360 000: - SEK (nilai 1960)
Tahun produksi: 1958-1960
Jumlah unit yang diproduksi: 225 unit
Varian 74 H, 74 V

Spesifikasi

Bobot tempur: 26 ton (29 ton pendek; 26 ton panjang)
Panjang: 6,08 m (19 kaki 11 in), 7,93 m (26 kaki) (termasuk meriam)
Lebar: 2,43 m (8 kaki)
Tinggi: 3,30 m (10 kaki 10 in)
Awak: 4 orang (komandan, pengemudi, juru tembak, pengisi peluru)
Ketebalan lapisan baja: 15–80 mm (0,59–3,15 in)

Persenjataan:

Senjata utama: Meriam kaliber 7,5 cm kanon strv 74
Senjata sekunder: 2 × 8 mm ksp m / 39 strv

Mesin: Mesin bahan bakar Bensin, 2 × Scania-Vabis 607 dengan daya 170 hp (127 kW) masing-masing
Rasio Daya / berat: 13,08 hp / ton
Suspensi: Suspensi light Beam
Ground clearance: 0,40 m
Jarak jelajah maksimum: 200 km (120 mi)
Kecepatan Jelajah maksimum: 45 km / jam (28 mph)

Demikianlah artikel tentang Tank Tempur Medium/Medium Tank Strv 74, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA “HELIKOPTER MILITER” – FRANCIS CROSSBY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar