Kamis, 11 April 2019

Pesawat Pembom Propeller Amiot 143


Pesawat Pembom Propeller Amiot 143
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Kamis, 11 April 2019

Pesawat pembom propeller Amiot 143 adalah pesawat pembom yang berdimensi besar (untuk jaman itu), tetapi performa dalam hal manuvernya sangat terbatas sehingga sering disebut “si besar yang canggung”. 

Pesawat ini merupakan pengembangan dari pesawat Amiot 140 yang diproduksi pada tahun 1930, dengan konfigurasi yang hampir sama. Pesawat ini masih menerapkan teknologi yang ber"aroma" era sebelumnya, yaitu roda pendarat yang fix (tak dapat dilipat ke dalam) tetapi dapur pacunya diganti dengan mesin yang lebih bertenaga. 

Pesawat Pembom Propeller Amiot 143
militerbanget.blogspot.com

Walaupun masih berkesan lawas, pesawat ini sudah menerapkan fitur terbaru, seperti seluruh struktur maupun kulit pesawat dibuat seluruhnya dari logam. Bagian dalam pesawat dibagi menjadi dua dek, memiliki wing section cukup dalam sehingga memungkinkan flight engineer mengakses mesin pada saat pesawat sedang terbang. Pesawat ini masih memiliki ciri khas pesawat era Perang Dunia I, yatu pada roda pendarat dengan penutup roda (Mainwheel Spat fairing) yang memiliki panjang hingga 2,13 meter.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun - MP38/40 (ERMA))

Pesawat Pembom Propeller Amiot 143
militerbanget.blogspot.com

Menurut catatan resmi, ada lima Groupes de Bombardement yang dilengkapi dengan pesawat pembom Ariot 143 saat Jerman menyerang Prancis dan negeri-negeri rendah (Low Countries). Saat Perang Dunia ke II, pesawat ini hanya menjalankan misi pemboman malam hari di atas Jerman

Kerentanan yang tinggi serta rendahnya sistem proteksi menjadi alasan utama mengapa pesawat ini hanya dibatasi pada serangan malam hari. Saat pesawat ini dilibatkan pada misi pemboman siang hari, dapat dipastikan, pesawat ini akan mengalami kerugian yang sangat besar. 

Pesawat Pembom Propeller Amiot 143
militerbanget.blogspot.com

Salah satu contohnya adalah, saat misi pemboman siang hari pada tanggal 14 Mei 1940. Misi tersebut untuk menghancurkan jembatan untuk menghambat gerakan pasukan Jerman, sayangnya, dari 13 unit pesawat pembom yang dikirim, 12 unit berhasil ditembak jatuh oleh Jerman, dan 1 pesawat kembali ke pangkalan dalam keadaan “compang-camping” akibat diserang oleh pesawat-pesawat tempur Jerman.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank - Panzerkampfwagen IV (PzKpfw IV))

Pesawat Pembom Propeller Amiot 143
militerbanget.blogspot.com

Pada saat Prancis menyerah, dari keseluruhan pesawat pembom Amiot 143 yang pernah ada, hanya tersisa 50 unit saja yang masih utuh, kemudian pengoperasiannya diambil alih oleh Vichy Air Force.

Karena manuvernya sangat terbatas, pesawat ini dianggap ketinggalan jaman dan sangat berbahaya jika digunakan untuk tugas-tugas tempur, sehingga perannya digeser ke garis belakang dan hanya menjalani tugas sebagai pesawat angkut.

Pesawat Pembom Propeller Amiot 143
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pembom Amiot 143


Asal Negara: Prancis
Tipe Pesawat: Pesawat Pembom 2 Mesin
Terbang Perdana: Agustus 1934  
Kru: Lima Kru (pilot, navigator/bombardier, radio operator, nose and dorsal gunners)

Bobot 

Kosong: 6.100 kg 
MTOW: 9.700 kg

Dimensi

Panjang Pesawat: 18,26 m 
Bentangan sayap: 24,53 m
Tinggi: 5.68 m
Wing Area: 100m2

Persenjataan 

4 X senapan mesin MAC 1934 kaliber 7,5mm di hidung dan dorsal turet di sisi dan ventral gondola 
Muatan bom sampai dengan 800 kg

Mesin: 2 X Gnome Rhone 870hp Kirs 14 cylinder radial engines

Performa  

Kecepatan maksimum: 310 km/jam
Ketinggian maksimum: 7.900 m
Kecepatan menanjak: 290 m/menit
Jarak jelajah maksimum: 1200 km

Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Propeller Amiot 143, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar