Kamis, 06 September 2018

Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Aircraft Douglas A-26/B-26 Invader


Pesawat Pembom Medium A26/B26 Invader
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Kamis, 6 September 2018

Ada beberapa pesawat militer yang beroperasi saat meletusnya dua perang besar di dunia, tapi hanya segelintir saja pesawat yang terlibat dalam tiga konflik besar selama dua dekade, salah satunya adalah Invader, yang bertempur di Perang Dunia ke II, Perang Korea, dan Perang Vietnam.

Pada tahun 1940 sebelum mendapatkan informasi bagaimana bentuk pesawat militer yang cocok untuk perang di palagan Eropa, USAAF (United States Army Air Forces) meminta pesawat serang dalam tiga bentuk purwarupa, yaitu: pesawat serang, pesawat tempur malam, dan pesawat pembom. Setelah purwarupa itu terbang (Versi pembom, XA-26 terbang perdana pada tanggal 10 Juli 1942), versi serang justru yang terpilih sebagai produksi pertama dan diberi kode registrasi A-26B. 

Pesawat Pembom Medium A26/B26 Invader
militerbanget.blogspot.com

Dilengkapi dengan persenjataan berupa enam pucuk senapan mesin di hidung tertutup (hard nose) dan ditambah lagi dengan 14 pucuk senapan mesin lainnya, baik pada turret yang digerakkan remote control dan gunpack di bawah sayap. 

Invader dengan persenjataan berat ini juga dapat membawa bom seberat 1.800 kilogram. Pesawat ini merupakan pesawat serang yang cepat dan handal, bahkan menjadi pembom tercepat milik Amerika Serikat pada saat Perang Dunia ke II.

Pesawat Pembom Medium A26/B26 Invader
militerbanget.blogspot.com

A-26B melaksanakan debutnya di Front Eropa dengan memperkuat US Ninth Air Force dengan pada November 1944. Daya tembaknya yang hebat dimaksimalkan untuk misi pemboman, penembakkan target darat, dan serangan roket, pesawat pendukung pergerakan pasukan darat sekutu di palagan Eropa. Pesawat ini juga dipakai sebagai penyusup, menerjunkan agen rahasia di wilayah musuh. Sedangkan versi pembomnya yaitu Invader di operasikan di front Pasifik hampir bersamaan waktunya dengan palagan Eropa.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber Consolidated B-24 Liberator)

Pesawat Pembom Medium A26/B26 Invader
militerbanget.blogspot.com

Pada tahun 1945, B-26C mulai dioperasikan, berbeda dengan sebelumnya, versi ini memiliki dua senapan mesin di hidung kacanya dan ruang untuk pembidik bom. Versi ini hanya digunakan sebentar dan telah diproduksi sebanyak 1.091 unit, lebih sedikit daripada versi B yang mencapai 1.355 unit.

Pesawat Pembom Medium A26/B26 Invader
militerbanget.blogspot.com

Pasca perang, beberapa Invader dikonversi menjadi target tug untuk US Navy, diberi kode registrasi JD-1 (atau kemudian UB-26J). Pada tahun 1948, A-26 milik USAF diregistrasi ulang menjadi B-26, dan tidak ada hubungannya dengan Martin B-26 Marauder yang dipensiunkan USAF (Angkatan Udara Amerika Serikat) pada tahun 1948.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber - B-17 Flying Fortress)

Pesawat Pembom Medium A26/B26 Invader
militerbanget.blogspot.com

Pada tahun 1950, Invader milik USAF mulai terlibat dalam Perang Korea, USAF mengerahkan 450 unit Invader dari versi B-26B dan B-26C, pada saat perang besar tersebut, sedangkan Prancis menggunakannya di Indocina menghadapi Viet Minh.

Pesawat Pembom Medium A26/B26 Invader
militerbanget.blogspot.com

Saat eskalasi pertempuran saat Perang Vietnam meningkat dengan tajam, Invader ditempatkan di Vietnam Selatan pada tahun 1962, walaupun berbendera Vietnam Selatan, nyatanya pesawat ini dioperasikan oleh kru Amerika Serikat

Saat satu pesawat hancur berantakan saat terbang akibat masalah wing stress, B-26 ditarik dari palagan Vietnam. Tapi USAF tidak menginginkan kehilangan kemampuan B-26, lantas mengundang On Mark Engineering, perusahaan yang mengkhususkan diri untuk mengkonversi B-26 untuk kepentingan sipil, untuk memproduksi B-26 versi Counter Insurgency (COIN) untuk digunakan di wilayah Asia Tenggara. 

Pesawat Pembom Medium A26/B26 Invader
militerbanget.blogspot.com

Pesawat yang jam terbangnya masih sedikit, lantas dikonversi sebanyak 40 unit sebagai B-26K. Pesawat yang dibangun ulang ini digunakan secara ekstensif di Vietnam untuk tugas serang darat dan interdiction sampai tahun 1970, sering pilotnya berusia jauh lebih muda dari umur pesawatnya.

Identitas pesawat ini juga semakin membingungkan pada tahun 1966 saat B-26K diberi kode registrasi ulang menjadi A-26A demi alasan politis. USAF menginginkan menempatkan B-26K Invader di Thailand tapi ditolak karena tidak menginginkan pembom apapun beroperasi di negara ini. B-26K akhirnya dirubah registrasinya menjadi A-26A, pesawat serang, yang diijinkan oleh pemerintah Thailand.

Beberapa angkatan udara masih memiliki Invader sebagai pesawat garis depan sampai akhir 1970-an. Ketika Invader dinyatakan surplus dan dijual ke umum, banyak yang menggunakannya untuk kepentingan sipil, mulai dari pesawat angkut eksekutif, pemadam kebakaran, dan penyemprot hama.

Pesawat Pembom Medium A26/B26 Invader
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Aircraft Douglas A-26/B-26 Invader


Asal Negara: Amerika Serikat
Tipe Pesawat: Pesawat Pembom Medium/Serang
Terbang Perdana: 10 Juli 1942 
Kru: Sekitar 4 Orang

Bobot  
10.373 kg (Kosong), MTOW: 15.890 kg

Pesawat Pembom Medium A26/B26 Invader
militerbanget.blogspot.com

Dimensi 

Panjang Pesawat: 21,43 m 
Bentangan sayap: 15,42 m
Tinggi: 5.64 m
Wing Area: 50.17m2

Persenjataan:

8 x 12.7mm machine gun in nose
1 x 12.7mm machine gun  in dorsal position
1 x 12.7mm machine gun in ventral position 
Bom sampai seberat  1.816 kg

Mesin: 

2 X Pratt & Whitney 2000hp R-2800-27 18-cylinder radial piston engine

Performa: 

Kecepatan maksimum: 571 km/jam
Ketinggian maksimum: 6.740 m
Kecepatan menanjak: 610 m/menit
Jarak maksimum: 2.253 km

Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Aircraft Douglas A-26/B-26 Invader, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu
 
Sumber : 
PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Kemarin (Seventeen), #Lily (Alan Walker,K-391 & Emelie Hollow), #Celengan Rindu (Fiersa Besari), #Senorita (Shawn Mendes, Camila Cabello), #Hanya Rindu (Andmesh), #Solo (Jennie), #On My Way (Alan Walker, Sabrina Carpenter & Farruko), #I Love You 3000 (Stephanie Putri), #A Whole New World (ZAYN, Zhavia Ward), #Didi Kempot, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar