Sabtu, 08 September 2018

Pistol Mitraliur / Submachine Gun Fabricas y Maestranzas del Ejercito (FAMAE) SAF


Pistol Mitraliur/Submachine Gun
(FAMAE) SAF
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 8 September 2018

Kembali pada artikel yang mengulas tentang persenjataan, kali ini yang akan kita ulas adalah Pistol Mitraliur/Submachine Gun produksi dari Chile

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
(FAMAE) SAF
militerbanget.blogspot.com

FAMAE SAF bukanlah Pistol Mitraliur/Submachine Gun pertama yang memiliki design mengadopsi dari senapan serbu. Tetapi, Pistol Mitraliur/Submachine Gun Fabricas y Maestranzas del Ejercito (PAMAE) SAF memiliki nilai lebih, yang membedakannya  dengan senjata sejenis. 

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
(FAMAE) SAF
militerbanget.blogspot.com

Bagaimana tidak, pada saat Pistol Mitraliur atau Submachine Gun lain yang diadopsi dari senapan serbu sekedar memanfaatkan dimensi receiver yang sama dengan lubang magasen yang disumpal dengan adaptor, receiver bawah SAF dibuat ulang dengan lubang magasen yang seukuran dengan magasen kaliber 9mm, membuatnya tampak sangat rapi, kompak dan efesien tanpa lubang yang terekspose di lubang tempat magasen. 

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
(FAMAE) SAF
militerbanget.blogspot.com

Receiver yang diadopsi dari SIG 540 yang dibuat atas lisensi dari swiss dimodifikasi dengan receiver bawah yang cukup terbuat dari bahan polimer untuk menghemat bobot, mengingat gaya tolak balik (recoil) yang dihasilkan saat penembakan jauh lebih rendah dibandingkan dengan recoil dari senapan serbu. 

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
(FAMAE) SAF
militerbanget.blogspot.com

Beberapa komponen atau parts seperti grip, trigger guard, serta mekanisme pembidik (pisir, pejera) tetap mempertahankan milik SIG 540. Bagian lain yang tidak bisa dipertahankan sama, diminiaturisasi seperti pada handguard dan popor lipat. Selain itu, fitur unggulan SAF terletak pada magasen 9mm yang dibuat dari polimer khusus tembus pandang seperti senapan serbu SIG 540 lengkap dengan fitur clamp (penempel magasen), sehingga bisa ditempelkan ke magasen lainnya tanpa bantuan alat tambahan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Serang Darat / Pembom / Close Support Sukhoi Su-25 “Frogfoot” Bagian 3)

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
(FAMAE) SAF
militerbanget.blogspot.com

Produksi pistol mitraliur ini dimulai pada tahun 1993. Saat ini pistol mitraliur ini masih digunakan (secara terbatas) oleh militer Chili dan petugas penegak hukum. Menurut satu catatan resmi, pistol mitraliur ini juga telah diekspor ke beberapa negara, termasuk Portugal.

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
(FAMAE) SAF
militerbanget.blogspot.com

FAMAE SAF secara bentuk sedikit meniru profil dari pistol mitraliur milik Jerman, Heckler & Koch MP5 yang populer dan sangat sukses. Secara design, pistol mitraliur ini merupakan modifikasi dari senapan serbu FAMAE SG 540, yang merupakan versi yang diproduksi secara lisensi dari Swiss SIG SG 540. 


Senapan serbu ini diproduksi oleh FAMAE pada 1980-an. SAF dapat dilihat sebagai versi skala kecil dari senapan serbu SG 540. Menganut system operasi blowback, yang ditembakkan dari close bolt. Meskipun rotating boltnya telah didesain ulang diganti dengan bolt blowback sederhana. Receiver atas dan bawah dikunci oleh dua pin baja dengan mekanisme yang sama seperti pada senapan serbu M16. Pistol mitraliur ini menggunakan amunisi standar Parabellum 9x19mm. Ada juga versi yang disiapkan menggunakan amunisi .40S & W. Secara keseluruhan, desain senjata ini terbukti andal dan efektif.

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
(FAMAE) SAF
militerbanget.blogspot.com

Knop atau saklar untuk mode penembakan terletak di atas gagang pistol (pistol grip). Selector ini mudah dioperasikan oleh ibu jari. Fitur selector memiliki pengaturan untuk "safe", "semi-automatic", "burst 3 round" dan "full auto". Sedangkan untuk versi sipil dan petugas penegak hukum, senjata ini hanya memiliki mode penembakan semi automatic. Komponen pelatuk pada pistol mitraliur ini mirip dengan komponen pada senapan serbu FAMAE SG 540.


Pasokan amunisi menggunakan magasen  dengan kapasitas 30 peluru. Magasen terbuat dari baja atau polimer tembus pandang. Ketika magasen tembus pandang digunakan, penembak dapat dengan mudah melihat berapa peluru yang tersisa di magasen. Dua atau lebih magasen dapat dijepit bersama untuk mempercepat proses pengisian kembali (sangat berguna pada saat kondisi pertempuran reaksi cepat).

Versi standar dari senjata ini memiliki popor kawat yang bisa dilipat, namun ada juga versi yang menggunakan popor polimer padat.


FAMAE SAF standar dilengkapi dengan fitur pembidik dari besi sederhana. Pisir penglihatan belakang disesuaikan untuk jangkauan. Versi yang lebih baru telah dilengkapi dengan Picatiny rail scope. Jarak tembak efektif hingga 100 meter.

Selain Chile, SAF juga diadopsi sekaligus dilisensi oleh pabrikan Taurus dari Brasil dengan kode CT-30 untuk penggunaan pasukan kontra teroris dalam negeri.

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
(FAMAE) SAF
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi 
Pistol Mitraliur / Submachine Gun Fabricas y Maestranzas del Ejercito (FAMAE) SAF


Asal negara: Chile
Tahun produksi: 1993
Kaliber peluru: 9x19mm Para/ .40 S&W
Sistem operasi: Delayed Blowback

Panjang keseluruhan  

Popor terentang: 640mm
Popor terlipat: 410mm
Panjang Laras: 198mm
Bobot kosong: 2,7 kg
Vo meninggalkan laras: - m/s
Jarak tembak efektif: 150 m
Rate of fire: 1.200 ppm
Kapasitas magasen: 20/30 peluru (standar) 

Demikianlah artikel tentang Pistol Mitraliur / Submachine Gun Fabricas y Maestranzas del Ejercito (FAMAE) SAF, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

COMMANDO-War Machine series, SUB MACHINE GUN, KECIL RINGKAS DAN MEMATIKAN
Military-today.com
Wikipedia
Beberapa sumber lain

tag: 
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar