Sabtu, 08 September 2018

Tank Perusak / Tank Destroyer - M56 Scorpion


Tank Perusak M56 Scorpion
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 8 September 2018

Kali ini, yang akan kita ulas adalah satu spesies alutsista dari jenis Tank Destroyer atau Tank Perusak produksi dari Amerika Serikat. Walaupun pada akhirnya Tank Destroyer ini dapat diklasifikasikan sebagai produk gagal, namun kehadirannya dapat dikatakan menjadi batu loncatan untuk perancangan tipe alutsista sejenis di masa mendatang.

Sebutan resminya adalah M56 Self-Propelled-anti-tank (SPAT). M56 Scorpion semula dirancang sebagai senjata air portable (senjata berat yang dapat diangkut oleh pesawat) bagi pasukan lintas udara Amerika Serikat pada tahun 1950-an.

Tank Perusak M56 Scorpion
militerbanget.blogspot.com

Agar bobotnya dapat dibuat seringan mungkin, bodynya dibuat dari bahan aluminium dan tanpa turret, hanya perisai kecil dipangkal meriam untuk proteksinya. Konfigurasi ini sebenarnya mirip dengan konfigurasi artillery swagerak milik Jerman pada era Perang Dunia ke II, Marder. Konfigurasi seperti ini membuat kru menjadi target empuk bagi lawan, inilah alasan utama Tank Destroyer ini tidak disukai oleh kru yang mengoperasikannya.

Tank Destroyer yang memiliki empat awak ini sebenarnya berbasis casis M76 amphibious cargo carrier, meriamnya terpasang pada dudukan rendah, di atas badan, dan memiliki empat road wheel di setiap sisinya, dan bersuspensi torsion bar.

Tank Perusak M56 Scorpion
militerbanget.blogspot.com

Tempat untuk mesin, pengemudi dan sistem pengendaliannya berada di ruang yang tersisa pada badan tank, sehingga meriamnya terpasang terekspose begitu saja di atas badan tank. Dari konfigurasi tersebut, awak tank yang tertampung dalam tank hanya dua orang, sedangkan dua orang kru lainnya masih belum jelas ditempatkan dimana, secara logika, mereka akan ikut kendaraan pengangkut amunisi pada satu detasement. Kemungkinan saat Scorpion dipakai bertempur, mereka akan saling berganti posisi dan berlindung di luar tank (Satu kemungkinan yang sangat mengerikan)

Tank Perusak M56 Scorpion
militerbanget.blogspot.com

Memiliki bobot tempur sekitar 7 ton, M56 memiliki dapur pacu mesin berbahan bakar bensin 6 silinder Continental AOI-4025, kecepatan tertinggi 45km/jam, dan jarak tempuh maksimum adalah 225km. meriam yang diusung adalah M54 kaliber 90mm dan sempat digunakan oleh Amerika Serikat pada saat Perang Vietnam, dan dipakai untuk senjata pendukung di pangkalan sementara.

Proteksinya kurang, persenjataannya kurang, dan tidak populer di kalangan awaknya, karena sederetan kekurangan yang disandang tersebut, tank ini segera menjadi absolete, dan posisinya diganti oleh M551 Sheridan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Tank Tempur Ringan / light Tank - M551 Sheridan)

Tank Perusak M56 Scorpion
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Perusak / Tank Destroyer - M56 Scorpion


Mulai bertugas: 1953
Kru: 4 Orang
Bobot: 7.144 kg

Dimensi  

Panjang: 5,54 m  
Tinggi: (over turret hutch) 2,05 m 
Lebar: 2,57 m

Persenjataan  

Senjata utama: Meriam kaliber 90 mm gun
Senjata sekunder: Tidak ada!

Armor: - mm
Mesin: Continental AOI-4025 6 Cylinder Petrol, developing 149 kW/200hp

Performa 

Kecepatan jelajah maksimum: 45 km/jam 
Jarak jelajah maksimum: 225 km

Demikianlah artikel tentang Tank Perusak / Tank Destroyer - M56 Scorpion, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu
 
Sumber: 
ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com



Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Kemarin (Seventeen), #Lily (Alan Walker,K-391 & Emelie Hollow), #Celengan Rindu (Fiersa Besari), #Senorita (Shawn Mendes, Camila Cabello), #Hanya Rindu (Andmesh), #Solo (Jennie), #On My Way (Alan Walker, Sabrina Carpenter & Farruko), #I Love You 3000 (Stephanie Putri), #A Whole New World (ZAYN, Zhavia Ward), #Didi Kempot, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar