Selasa, 24 Juli 2018

Tank Tempur Utama / Main Battle Tank M48 - PATTON


Tank Tempur Utama/Main Battle Tank
M48 - PATTON
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Selasa, 24 Juli 2018

Artikel kali ini akan membahas tentang Tank Tempur Utama atau Main Battle Tank hasil racikan dari perancang tank Amerika Serikat. Semula digadang-gadang untuk menjadi tulang punggung pasukan tank AS dalam menghadapi armada tank Blok Timur yang terkenal akan jumlahnya yang sangat masif serta lapisan proteksinya yang sangat tebal.

Tank Tempur Utama/Main Battle Tank
M48 - PATTON
militerbanget.blogspot.com

Masih menggunakan nama yang sama seperti pendahulunya, tank ini memang dirancang untuk memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya M47.


Tank Tempur Utama/Main Battle Tank
M48 - PATTON
militerbanget.blogspot.com

M48 Patton main battle tank adalah tank Amerika Serikat yang diproduksi dengan cepat (tetapi sayangnya tergesa-gesa)  untuk menghadapi Perang Korea. Alhasil, di awal produksi, tank ini masih menyandang segunung kekurangan dalam hal teknis. 

Walaupun demikian, tank ini tergolong tank yang memiliki masa operasional yang cukup panjang, termasuk diterjunkan dalam perang Vietnam yang fenomenal (dimana Amerika Serikat dipermalukan dan kalah oleh pasukan Vietnam Utara!).

Tank Tempur Utama/Main Battle Tank
M48 - PATTON
militerbanget.blogspot.com

Dimensi badannya lebih lebar jika dibandingkan dengan pendahulunya, tank M47, turet baru dengan bentuk sedikit menggelembung, dan dipasangi lampu sorot besar di atas meriam utama. Berbobot lumayan berat, dikisaran 48 ton, dapur pacu dari tank M48 ini adalah mesin 12 silinder Continental AVDS 1790 2, yang mampu menghela tank ini hingga kecepatan maksimum 48 km/jam dan menempuh jarak jelajah maksimum 499 km.


Tank Tempur Utama/Main Battle Tank
M48 - PATTON
militerbanget.blogspot.com

Tank M48 ini memiliki persenjataan utama berupa meriam dengan kaliber 90mm dan ditambah dengan dua senjata sekunder, yaitu satu senapan mesin ringan kaliber 7,62mm yang dipasang koaksial di turet, dan satu senapan mesin berat kaliber 12,7mm yang bisa juga difungsikan sebagai senjata anti serangan udara jarak dekat, dan senapan mesin berat ini dipasang di kupola komandan.

Tank M48 menjadi tank pertama yang memiliki sistem kontrol penembakan analog mekanis, dan dilakukan berbagi peningkatan termasuk mesin tipe baru, peredam kejut atau suspensi progresif, sistem kontrol penembakan dan senjata (dalam tahap selanjutnya, meriam kaliber 90mm ini digantikan dengan meriam kaliber 105mm).

Tank Tempur Utama/Main Battle Tank
M48 - PATTON
militerbanget.blogspot.com

Tank M48 ini menjadi tank Amerika Serikat yang paling banyak diekspor ke berbagai negara. Negara-negara seperti Spanyol, Israel, dan Taiwan kemudian memodifikasi tank ini sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Pada tahun 1958, Jerman Barat menerima total 1.400 unit tank M48 dari berbagai varian termasuk Armoured Recovery Vehicle (M88), M55 SP Howitzer, dan M48 AVLB. Yang menarik, setelah gagal dalam negoisasi pembelian dengan Amerika Serikat, Israel dapat memperoleh M48 tetapi lewat Jerman Barat, beberapa perwira tank Israel bahkan dilatih cara mengoperasikan tank M48 secara intensif dan rahasia di Jerman Barat!

Tank Tempur Utama/Main Battle Tank
M48 - PATTON
militerbanget.blogspot.com

M48H milik Taiwan yang diberi nama Brave Tiger, diproduksi pada tahun 1990 dengan mengkombinasikan badan tank M60 dan turet tank M48, dipasang persenjataan utama, meriam kaliber 105 produksi lokal, kemudian juga diberi penambahan beberapa elemen lain seperti sistem pengendalian penembakan digital dan sight stabilization yang berasal dari tank Abrams M1.

Tank Tempur Utama/Main Battle Tank
M48 - PATTON
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur Utama / Main Battle Tank M48 - PATTON


Mulai bertugas: 1953
Kru: 4 Orang
Bobot: 48.987 kg/48,99 ton

Dimensi 

Panjang: 9,31 m  
Tinggi: (over turret hutch) 3,01 m 
Lebar: 3,63 m

Persenjataan 

Senjata utama: 90mm Gun (versi akhir 105 Gun)
Senjata sekunder: 
1 x senapan mesin berat kaliber 12.7mm 
1 x senapan mesin kaliber 7,62mm machine gun

Armor: maximum 180 mm
Mesin: Continental AVDS 1790 2 12 cylinder diesel, 559 kW/750hp

Performa 

Kecepatan maksimum: 48 km/jam 
Jarak jelajah maksimum: 499 km

Demikianlah artikel yang berjudul "Tank Tempur Utama / Main Battle Tank M48 - PATTON", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisiterbitan Lorenz Book, dicetak oleh AnnessPublihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com


Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Kemarin (Seventeen), #Lily (Alan Walker,K-391 & Emelie Hollow), #Celengan Rindu (Fiersa Besari), #Senorita (Shawn Mendes, Camila Cabello), #Hanya Rindu (Andmesh), #Solo (Jennie), #On My Way (Alan Walker, Sabrina Carpenter & Farruko), #I Love You 3000 (Stephanie Putri), #A Whole New World (ZAYN, Zhavia Ward), #Didi Kempot, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Pendemi, #Corona, #Covid-19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar