Senin, 23 Juli 2018

Pistol Mitraliur / Submachine Gun PM-84/98 Glauberyt


Pistol Mitraliur/Submachine Gun
PM-84 Glauberyt
militerbanget.blogspot.com

Ciledug, Tangerang, Banten, Senin, 23 Juli 2018

Setelah menggunakan pistol mitraliur/submachine gun PM-63 selama bertahun-tahun, pemerintah Polandia bermaksud mencari pengganti PM-63 yang lebih murah, kompak, serta mudah dan murah dalam hal produksi, operasional, dan perawatan. 

Menindaklanjuti keinginan tersebut, dibentuklah suatu proyek dengan nama sandi "Glauberyt", dimulai pada awal 1970-an. Proses perancangan dilakukan oleh tiga tim perancang yang bekerja secara independen. Satu tim dari Institut Teknologi Persenjataan Militer di Zielonka dan dua tim dari Pusat Penelitian dan Pengembangan di Radom.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Socimi Type 821 (Bagian Pertama)

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
PM-84 Glauberyt
militerbanget.blogspot.com

Setelah analisis komparatif pada model pistol mitraliur yang disajikan oleh masing-masing tim, rancangan dari Pusat Penelitian dan Pengembangan yang terkait dengan ucznik Metal Works terpilih sebagai pemenang. Pistol mitraliur ini awalnya diberi kode R-75-I, dan kemudian R-81. Pistol mitraliur ini dirancang oleh Ryszard Chełmicki, Janusz Chętkiewicz dan Stanisław Brix. Pada tahun 1981, sejumlah purwarupa telah diproduksi (dengan kode R-81), dan mulai didistribusikan untuk menjalani uji operasional. Setelah beberapa perbaikan desain kecil dibuat, senjata tersebut diputuskan telah memenuhi syarat untuk produksi serial dengan nama: 9 mm wz. 1984 dan mulai diadopsi oleh Angkatan Bersenjata Republik Rakyat Polandia

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
PM-84 Glauberyt
militerbanget.blogspot.com

Untuk meminimalisir biaya produksi, metode pembuatan dibuat dengan teknik stamping baja atau baja cetak yang lebih murah. Model receiver pistol mitraliur  PM-84 benar-benar kotak, dengan bolt terbungkus receiver, tidak lagi terbuka seperti pada PM-63. Dengan model rancangan yang seperti ini, secara umum, pistol mitraliur ini memiliki banyak kelebihan dibanding pistol mitraliur pendahulunya.

(Baca juga artikel tentang Pistol Mitraliur / Submachine Gun PM-63 RAK)
PM-84 dirancang agar mudah digunakan oleh penembak kanan maupun kidal, sehingga tuas pengokang bolt disediakan di sisi kiri dan kanan receiver. 

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
PM-84 Glauberyt
militerbanget.blogspot.com

Dengan model yang sangat fleksibel seperti ini, tentu saja pistol mitraliur ini sangat bersahabat bagi operator atau operator yang kidal. Popor depan model lipat juga tetap dipertahankan keberadaannya pada pistol mitraliur PM-84, dengan penstabil tembakan model popor tarik atau sorong disediakan sebagai fitur standard atau fitur bawaan.

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
PM-98 Glauberyt
militerbanget.blogspot.com

Tahun 1998, pistol mitraliur PM-84 disempurnakan untuk tujuan menembus pasar ekspor, dengan mengadopsi peluru kaliber 9mm, diberi kode PM-98. Fitur tambahan berupa built-in flashlight atau laser ditambahkan ke PM-98 menggantikan posisi grip depan, dengan model cerukan sehingga bisa dijadikan pegangan tangan tambahan untuk menambah kestabilan senjata saat penembakan dalam mode full auto.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Socimi Type 821 (Bagian Kedua)) 

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
PM-98 Glauberyt
militerbanget.blogspot.com

Pemasangan alat bidik optik juga diakomodir oleh adanya rel Mil-Std 1913 Picatinny, yang terpasang dengan mudah, karena pengokang pistol mitraliur PM-84/98 memang terletak di sisi kiri dan kanan senjata. Selain itu, popor dan grip dirancang ulang sehingga lebih ergonomis dan lebih nyaman untuk digunakan.

Menurut catatan resmi, sampai dengan tahun 2004, sekitar 50.000 pucuk pistol PM-84/P dan PM-98 (beserta variannya) telah diproduksi. Pistol mitraliur ini dioperasikan oleh militer Polandia, Polisi dan Personel Penjaga Perbatasan. Selain Polandia, PM-98 juga diadopsi oleh militer Irak (3.000 pucuk pada tahun 2004).

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
PM-84 Glauberyt
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pistol Mitraliur / Submachine Gun PM-84 Glauberyt


Negara asal: Polandia
Tahun Produksi: 1984
Kaliber Peluru: 9x18mm Makarov 
Sistem operasi: Blowback

Panjang keseluruhan  

575mm (popor terentang)
375mm (popor terlipat)
Panjang Laras: 185mm

Bobot kosong: 2,07 kg
Vo meninggalkan laras: 332 m/s
Jarak tembak efektif: 150 m
Rate of fire: 600 ppm
Kapasitas magasen: 15/25 peluru

Demikianlah artikel tentang Pistol Mitraliur / Submachine Gun PM-84/98 Glauberyt, semoga bermanfaat.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

COMMANDO-War Machine series, SUB MACHINE GUN, KECIL RINGKAS DAN MEMATIKAN
Wikipedia
Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar