Senin, 23 Juli 2018

Helikopter Multiperan / Multirole Helicopter Mil Mi-2


Helikopter Multiperan Mil Mi-2
militerbanget.blogspot.com

Ciledug, Tangerang, Banten, Senin, 23 Juli 2018

Kembali pada artikel yang membahas tentang dunia militer, kali ini yang akan kita kulik adalah alut sista dari spesies helikopter tranport/multi peran, racikan dari Uni Soviet. Helikopter ini merupakan pengembangan dari helikopter Mil Mi-1 yang memang telah mengabdi lama di Angkatan Bersenjata Uni Soviet, dan dirasa perlu untuk dicarikan penggantinya yang memiliki kemampuan melebihi Mil Mi-1

Memang, disaat itu, para petinggi militer Uni Soviet telah melihat tentang pentingnya peran helikopter dalam suatu pertempuran, terutama dalam perannya menunjang mobilisasi logistik tempur maupun pasukan. saat itu pula, mulai dirancang suatu helikopter yang mampu memikul banyak peran, tanpa harus merubah rancangan keseluruhan helikopter secara total. Tetapi itu adalah cerita nanti, pada saat era Mil Mi-1 dan Mil Mi-2, yang masih menjadi fokus adalah memaksimalkan dan mengefesienkan helikopter itu sendiri. nah, berikut ini adalah sekelumit cerita tentang helikopter Mil Mi-2


Helikopter Multiperan Mil Mi-2
militerbanget.blogspot.com

Setelah melalui uji dan penerapan pada helikopter Mil Mi-1, didapatkan hasil signifikan bahwa mesin turboshaft mampu memberikan kinerja yang baik dan memuaskan, dan yang terpenting, sangat cocok digunakan untuk helikopter. Mesin ini memberikan kesempatan kepada para perancang untuk kembali merancang helikopter dengan kemampuan yang lebih besar serta performa yang lebih baik dan efesien. Mil Mi-2 (kode identifikasi NATO, “Hoplite”) dirancang berdasarkan pada rancangan helikopter yang sudah menjalani operasional sebelumnya, Mil Mi-1, namun ditingkatkan dengan konfigurasi dua mesin turboshaft baru dan pemasangan gearbox (konfigurasi gearbox hasil rancangan dari Isotov) yang berada pada bagian atas badan helicopter. Memiliki kesamaan design rotor dengan Mil Mi-1, Mil Mi-2 juga memiliki tiga bilah pada rotor utama, dan dua bilah pada rotor anti torque atau rotor ekor.


Helikopter Multiperan Mil Mi-2
militerbanget.blogspot.com

Dengan model konfigurasi berupa penempatan mesin di atas kabin atau badan helikopter, tentu saja berimbas pada efesiensi pada ruang kabin, dengan kata lain, ruang kabin dapat dimaksimalkan karena ruang kabin tidak mengakomodir mesin. Pemasangan mesin baru juga membuat helikopter menjadi lebih stabil, karena perubahan Centre of Gravity dari kargo atau penumpang tidak berpengaruh banyak terhadap keseimbangan helikopter. Untuk konfigurasi roda pendarat, helikopter ini juga masih mengadopsi dari konfigurasi roda pendarat helikopter Mil Mi-1 dengan 2 roda di bagian badan dan satu roda di bagian moncong.

Dengan tenaga yang lebih besar, dan bobot mesin yang lebih ringan, Mil Mi-2 memiliki performa yang jauh lebih tinggi dan lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya, dan tak lama kemudian, helikopter ini mulai dijadikan standar helikopter bagi penggunaan militer maupun sipil. 

Helikopter Multiperan Mil Mi-2
militerbanget.blogspot.com

Tak lama setelah purwarupa dari helikopter Mil Mi-2 (kode V-2) terbang perdana di Rusia, seluruh produksi langsung diambil alih oleh PZL-Swidnik, yang berada di dekat Lublin di Polandia, helikopter pertama yang diproduksi di Polandia, terbang perdana pada tanggal 4 November 1965. Selama 26 tahun selanjutnya, total sebanyak 5.080 unit telah diproduksi, dengan porsi terbesar adalah penggunaan militer.

Tipe militer  ini secara luas di ekspor ke luar Uni Soviet. Militer pengguna tipe ini yaitu : Afghanistan, Albania, Algeria, Armenis, Azerbaijan, Belarus, Bulgaria, Cina, Kuba, Jerman Timur, Hungaria, Cekoslovakia, dan Polandia. Dan banyak dari negara-negara tersebut kemudian memberikan helikopter ini setelah meremajakan armadanya. Indonesia adalah salah satu negara yang menerima helikopter dengan status bekas pakai ini.

PZL mengembangkan  versi untuk digunakan oleh militer dan sipil, mulai dari pemadam kebakaran hingga pelatihan, ambulan (dengan empat tandu atau usungan terpasang di sisi helicopter), SAR, survey, dan pengintaian fotografis.

Mi-2URN Zimija (viper) 

Ini adalah versi gunship dari tipe ini yang dipersenjatai dengan dua pod, masing-masing pod berisi 16 roket unguided, sebuah kanon NS-23 kaliber 23mm pada sisi kanan heli, ditambah dengan senapan mesin yang ada di kabin dan dioperasikan oleh kru. Mi-2US yang lebih baru dipersenjatai dengan dua pod senapan mesin PKT caliber 7,62mm, dan sebuah kanon NS-23 kaliber 23mm, serta sebuah senapan mesin di kabin. 

Mi-2URP Salamandra (Salamander) 

Ini adalah versi anti tank dan dipersenjatai dengan empat unit misil AT-3 Sagger (9M14M Malyutka) dengan empat unit misil tambahan yang ditempatkan di dalam kabin. Mi-2URP-G dilengkapi dengan system radar penerima peringatan untuk memberi peringatan kepada pilot akan ancaman apapun dari radar musuh.

Banyak Mi-2S tetap berada di garis depan dalam militer di banyak negara di seluruh dunia. Di Amerika Serikat, sebuah museum Perang Dingin  dilaporkan telah mengoperasikan empat buah tipe ini dalam sebuah penerbangan yang bertujuan untuk menjajal dan memberikan pengalaman terbang bagi pengunjung mereka. Tentara Amerika Serikat juga mengoperasikan Mi-2 sebagai bagian dari program pelatihan untuk pilot dalam rangka mempelajari kharakteristik penerbangan dari tipe helikopter saat era Uni Soviet. 

Helikopter Multiperan Mil Mi-2
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Helikopter multiperan / Multirole Helicopter Mil Mi-2


Terbang Perdana: 4 November 1965
Kru: 1 Orang
Bobot: 2.402 kg (Kosong), MTOW: 3.700 kg

Dimensi 

Diameter rotor: 14,56 m 
Panjang: 11,94 m
Tinggi: 3,75 m

Persenjataan 
Senjata utama : -

Mesin: 2 X Isotov GTD-350P Turboshaft

Performa  

Kecepatan maksimum: 210 km/jam
Elevasi operasional maksimum: 4.000 m
Jarak jelajah maksimum: 170 km

Demikianlah artikel tentang Helikopter Multiperan / Multirole Helicopter Mil Mi-2.


Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA “HELIKOPTER MILITER” – FRANCIS CROSSBY
Edisi terbitan Lorenz Book, 
dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com



tag: 
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia 2019, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, #Corona Virus, #Isolasi Mandiri, #Pendemi Covid-19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar