Jumat, 27 Juli 2018

Pesawat Pembom Tukik / Dive Bomber Douglas SBD-5 Dauntless


Pesawat Pembom Tukik/Dive Bomber
SBD-5 Dauntless
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Jum'at, 27 Juli 2018

Pada saat Perang Dunia ke II berkecamuk, pemboman dengan ketepatan tinggi (presisi) menjadi hal yang diidam-idamkan oleh negara-negara yang terlibat pada perang tersebut. Pada era itu, teknologi bom tidaklah seperti sekarang. Ketepatan jatuhnya bom pada sasaran dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti kecepatan angin, tingkat kerapatan udara, dan lain-lain. efeknya, tingkat perkenaan bom terhadap target sangat kecil, dikisaran 30% saja. Itupun hanya berlaku untuk sasaran yang stasioner atau sasaran diam, jika sasaran bergerak (seperti tank dan kapal laut) maka prosentase tingkat perkenaannya menjadi lebih kecil lagi. 

Pesawat Pembom Tukik/Dive Bomber
SBD-5 Dauntless
militerbanget.blogspot.com

Untuk mensiasatinya, diciptakanlah pesawat pembom tukik (dive bomber) untuk pemboman presisi. Pada saat Perang Dunia ke II, ada beberapa pesawat pembom tukik yang kesohor dan terbukti karena presisinya. Sebut saja Ju-87 Stuka dari Jerman, atau D3A Aichi dari Jepang. dan Dauntless dari Amerika Serikat.


Pesawat Pembom Tukik/Dive Bomber
SBD-5 Dauntless
militerbanget.blogspot.com

Dauntless adalah pembom tukik paling sukses racikan dari Amerika Serikat pada era Perang Dunia ke II, kisahnya dimulai pada saat pabrikan Northrop menyerahkan proposal pada tahun 1934 untuk merancang bangun pesawat pembom tukik yang baru untuk US Navy berbasis pesawat pembom/serang ringan Northrop A-17.


Pesawat Pembom Tukik/Dive Bomber
SBD-5 Dauntless
militerbanget.blogspot.com

Satu purwarupa dipesan dan terbang perdana pada bulan Juli 1935 lalu diberi regristrasi XBT-1. Setelah beberapa tahap pengujian, dipesan 54 unit model BT-1. 

Produksi pertama ini diperkuat dengan mesin Wright R-1535-94 825 Hp. Tetapi, produksi terakhir diperkuat dengan mesin R-11820-32 1.000hp dan diberi registrasi XBT-2. Modifikasi berikutnya dilakukan dan setelah Northtrop Corporation menjadi divisi Douglas pada bulan Agustus 1937, pesawat diberi registrasi baru XSBD-1.

Pesawat Pembom Tukik/Dive Bomber
SBD-5 Dauntless
militerbanget.blogspot.com

Pada bulan Juni 1940 US Marine Corps menerima 57 unit Dauntless SBD-1 dengan ciri khasnya memiliki perforated flap berukuran besar. Beberapa minggu kemudian, US Navy memesan 82 unit pesawat SBD-2 yang memiliki tangki bahan bakar dengan kapasitas yang lebih besar, lapisan baja proteksi pada kokpit, dan juga fitur autopilot. 

Setelah modifikasi berikutnya, US Navy menerima lebih dari 40 unit pesawat pembom tukik SBD-3 saat musim panas tahun 1941. Pada akhir tahun 1941, Dauntless membentuk elemen serang grup udara armada kapal induk US Navy untuk penempatan tugas tempur di Palagan Pasifik. 

Pesawat Pembom Tukik/Dive Bomber
SBD-5 Dauntless
militerbanget.blogspot.com

Setelah Jepang menyerang Pearl Harbor, SBD dioperasikan dari kapal induk Lexington dan Yorktown pada awal 1942. Pembom tukik ini melaksanakan operasi ofensif menghadapi kapal musuh dan instalasi pertahanan pantai milik Jepang saat Battle of Coral Sea. 

Pada pertempuran ini, SBD bersama-sama pembom torpedo Douglas TBD Devastator berhasil menyerang dan menenggelamkan kapal induk ringan Jepang Shoho dan merusak kapal induk armada Shokaku. 

Pesawat Pembom Tukik/Dive Bomber
SBD-5 Dauntless
militerbanget.blogspot.com

Aksi ini diikuti lagi pada bulan Juni 1942 saat battle of Midway, SBD Dauntless milik kapal induk Enterprise, Hornet, dan Yorktown menjadi kunci sukses penenggelaman kapal induk Jepang Akagi, Kaga, dan Soryu, serta berhasil menimbulkan kerusakan parah pada kapal induk Hiryu, sehingga terpaksa dikaramkan. 

Saat berakhirnya pertempuran itu, Jepang telah kehilangan armada kapal induk terpentingnya di Pasifik (yang kemudian menjadi titik balik dari perang Pasifik, dimana Jepang kehilangan superioritasnya terhadap Sekutu).

Pesawat Pembom Tukik/Dive Bomber
SBD-5 Dauntless
militerbanget.blogspot.com

Pada bulan oktober 1942 SBD-4 hadir, dilengkapi dengan radar dan alat-alat navigasi radio. Diikuti kemudian dengan SBD-5 yang diproduksi lebih banyak dengan mesin yang lebih kuat, yaitu sekitar 1.200hp. Satu unit SBD-5 dibekali dapur pacu mesin R-1820-66 dengan kekuatan 1.350hp untuk digunakan sebagai purwarupa SBD-6, sekaligus menjadi versi Dauntless terakhir yang diproduksi dan muncul pertama kali tahun 1944

Pesawat Pembom Tukik/Dive Bomber
SBD-5 Dauntless
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pembom Tukik / Dive Bomber Douglas SBD-5 Dauntless


Karakteristik umum

Terbang Perdana: Juli 1935
Kru: Dua (Pilot & Gunner)

Dimensi

Panjang: 10,09 m 
Bentang sayap: 12,66 m 
Tinggi: 4,14 m 
Luas area sayap: 30.19 m² 

Aspek rasio: -
Berat kosong: 2.963 kg 
Max. berat lepas landas : 4858 kg 

Mesin: 1 × Wright 1200hp R-1820-60 Cyclone -cylinder radial engine

Performa

Kecepatan maksimum: 410 km/jam
Jarak tempuh Maksimum: 2.519 km 
Ketinggian Maksimum: 7.786 m 
Kecepatan menanjak: s/d 457 m per menit

Persenjataan

2 x 12.7mm fixed forward firing machine gun diatas mesin
2 x 7.62mm machine gun di belakang kokpit (flexible)
Bom sampai dengan 1.021 kg

Demikianlah artikel yang berjudul "Pesawat Pembom Tukik / Dive Bomber Douglas SBD-5 Dauntless", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)
wikipedia
Beberapa sumber lain


Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar